Tipe dan Karakteristik Mouse Gaming berdasarkan Penggunaannya

tipe dan karakteristik mouse gaming

Ilustrasi Mouse Gaming. Kredit: Good free photos

Kalau kamu berniat membeli sebuah konsol, kamu membutuhkan sebuah perangkat dengan nilai sempurna yang bisa digunakan untuk bermain hampir semua jenis gim. Namun ceritanya bakal jadi berbeda ketika kamu membangun sebuah PC gaming, terutama ketika kamu telah selesai dengan pemilihan jeroan monitor dan sampai kepada pemilihan mouse. Di titik inilah pengenalan tipe dan karakteristik mouse jadi penting.

Mouse berharga murah tidak akan membantumu memainkan gim PC dengan lancar, dan mungkin satu paket gaming mouse belum tentu menjadi benda yang tepat untuk menemanimu bermain gim.

LG Gaming Monitor Campaign

Baca juga:

Meski mouse gaming terbagus bukan perangkat berharga murah, namun jelas sangat berharga bagi para gamers. Karena itu sebelum membeli sebuah mouse gaming, kamu harus mempertimbangkan preferensi diri ketika memainkan gim, budget, dan apakah kamu membutuhkan fitur mouse ekstra.

Kalau semua sudah dipertimbangkan, yang perlu kamu tahu kemudian adalah tipe dan karakteristik mouse gaming yang beredar di pasaran:

  1. FPS Mice

Ini adalah jenis mouse yang cocok untuk digunakan orang yang demen dengan gim-gim FPS macam Counter-Strike, Rainbow Six, atau Call of Duty. Pokoknya untuk semua jenis gim FPS, mouse jenis satu ini bakal jadi teman menarik, sebab tipe ini memang dioptimalkan untuk keperluan tersebut.

Mouse jenis FPS biasanya memberikan sebuah tombol sniper tambahan yang berada tepat di bawah ibu jari. Tombol ini berguna untuk memperlambat angka DPI Mouse, yang tentunya bakal sangat membantu ketika kamu mesti menembak dari sudut sulit.

Ada beberapa jenis FPS Mouse yang dijual di pasaran, cobalah mencari Logitech G420 Hyperion Fury atau Corsair Vengeance M65.

Logitech G402
Logitech G420 Hyperion Fury. Kredit: Logitech

2. RTS Mice

Banyak informasi tentang RTS Mice, namun nyatanya sangat sedikit mouse yang memang didedikasikan untuk gim RTS (Real-time Strategy). Kalau kamu, misalnya, adalah penggemar gim RTS macam StarCraft II, kami menyarankan kamu untuk membeli sebuah mouse all-purpose yang memiliki tombol ekstra, namun tidak berlebihan. Logitech G302 Daedalus Prime, misalnya, bisa jadi pilihan yang bagus.

Logitech G302 Daedalus Prime
Logitech G302 Daedalus Prime. Kredit: Logitech

3. MMO Mouse

Para penggemar gim macam Star Wars: The Old Republic, Final Fantasy XIV, atau World of Warcraft, dan apapun jenis gim yang mengetengahkan mode multiplayer, kayaknya bakal membutuhkan MMO Mouse.

Bentuknya gemuk, dan memiliki deret tombol di atas tombol. Fitur ini menjadikannya sempurna dalam situasi di mana pemain membutuhkan kemampuan rotasi yang rumit dan presisi yang mantap. Beberapa jenis MMO Mouse juga memiliki tombok alternatif tambahan yang bisa diakses dengan sentuhan jari. Contohnya adalah Logitech G600, Roccat Kone XTD, dan Razer Naga Epic Chroma.

Razer Naga Epic Chroma
Razer Naga Epic Chroma. kredit: Razer

4. All-Purpose Mouse

Ini adalah tipe mouse untuk segala tujuan, dan merupakan jenis mouse gaming standar yang dijual di pasaran. Peralatan tempur satu ini dijual dalam beragam ukuran dan bentuk. Dan karena multifungsi, benda satu ini seharusnya dirancang untuk segala jenis gim, mulai dari FPS, action, sampai MMO.

Akan tetapi tidak ada satupun all-purpose mouse yang memang dirancang dengan satu pakem desain. Bila kamu memainkan banyak gim dan membutuhkan sebuah mouse yang cukup tangguh untuk menemanimu, maka pilihlah all-purpose mouse.

Roccat Kova, Razer Mamba, dan Logitech G502 Proteus Spectrum, menjadi beberapa model yang bisa dipilih. Atau … kami juga terbuka untuk pilihan seperti Tt ESPORT Nemesis Switch Optical RGB.