3 Cara Bermain Bersama Command Prompt

Command prompt jadi lebih hidup

Di dua artikel sebelumnya kami sedikit bermain bersama Command Prompt, sekaligus berusaha menunjukkan bahwa program bawaan Windows tersebut merupakan satu aplikasi ringan yang sangat berguna. Setidaknya bila kamu merasa bosan, kamu bisa mencoba ngulik aplikasi tersebut dan menemukan sesuatu untuk dimainkan.

Baca juga:

Membuat Command Prompt jadi lebih Hidup dengan Beberapa Trik

Bersenang-senang dengan CMD Memakai Trik Lain

Nah, apakah kamu sudah bersenang-senang dengan Command Prompt? Kalau kamu merasa agak bosan dengan segala hal berbau game berat atau aksi tembak-tembakan di hutan, program seperti Command Prompt hadir sebagai makanan sampingan yang menyenangkan untuk dikulik.

Dan ternyata Command Prompt memiliki fitur lain yang jauh lebih berguna dibanding sekedar untuk bermain iseng. Setidaknya ada tiga kegunaan lain Command Prompt yang rasanya patut kamu coba:

  • Melacak Hacker yang Menyusup ke Perangkatmu

Biasanya sulit bagi orang awam untuk tahu apakah komputer yang sekarang sedang dipakai sedang disusupi hacker atau tidak. Di sinilah peran penting Command Prompt mengemuka. Program kecil tersebut bisa membantumu menemukan penyusup di komputer atau laptop yang sedang kamu gunakan.

Bukalah cmd dengan cara mengetikkan “cmd” (tanpa tanda kutip) lewat kolom pencarian, kemudian ketikkan netstat -a dan tekan enter setelahnya. Hasilnya bakal terlihat seperti di bawah ini:

Command Prompt usePada dasarnya command prompt akan menunjukkan daftar perangkat yang terkoneksi dengan komputer/laptopmu. Kolom Proto yang ditunjukkan membeirkan tipe transmisi data yang sedang berlangsung (UDP atau TCP), sementara kolom local address memberi informasi port mana saja digunakan komputer atau laptopmu untuk terhubung dengan komputer eksternal. Dan kolom Foreign Address memberi informasi tentang komputer eksternal yang terhubung denganmu, lengkap dengan port yang digunakan untuk terhubung dengannya.

Kolom State memberikan status koneksi. Dan dari sana kamu bisa memeriksa apakah koneksi sedang terjadi, menunggu transmisi, atau “Timed Out”.

  • Mencari tahu alamat DNS Server, IP Address, dan lebih banyak lagi mengenai koneksi internetmu

Ya, command prompt bisa membantumu untuk tahu itu semua. Ketikkan saja ipconfig/ all dan kemudian tekan Enter. Selain alamat DNS Server dan IP Address, perintah ini juga bakal memberi lebih banyak informasi lain seperti host name, primary DNS suffix, node type, deskripsi adapter jaringan, alamat MAC fisik, dan lain sebagainya. Jadi pada dasarnya ia membantumu mencari tahu lebih lanjut tentang segala macam informasi yang penting ketika komputer atau laptopmu terhubung dengan jaringan.

  • Mencari tahu apakah tetanggamu mencuri koneksi Wi-Fi mu

Command Prompt bakal memberi tahu kamu bila seseorang terkoneksi dengan LAN di jaringan Wi-Fi mu dan memakainya tanpa seizinmu. Begini cara mengetahuinya:

  1. Bukalah peramban yang kamu gunakan dan kunjungi alamat http://192.168.0.1 atau http://192.168.1.1. Pilihannya tergantung pada router yang kamu gunakan.
  2. Temukanlah tab yang menyebutkan “Attached Devices” atau tab sejenis.
  3. Temukan nama perangkat, MAC Address (terkadang disebut Hardware Address atau Physical Address), dan IP Address perangkatmu, dengan menerapkan trik sebelumnya (langkah nomor 2).
  4. Bandingkanlah hasilnya dengan informasi yang disediakan router yang kamu gunakan, persisnya di langkah nomor 2. Bila kamu menemukan sesuatu yang aneh (misalnya: perangkat asing yang tidak kamu kenal), maka hasilnya positif: tetanggamu sedang mencuri koneksi Wi-Fi yang kamu gunakan. Solusinya cuma satu, kamu harus mulai menggunakan password atau mengganti password lama untuk koneksimu dengan yang baru.

Sampai di sini kamu tentu bisa menyadari bahwa Command Prompt bukanlah sebuah program sia-sia yang tak berguna dan bisa kamu abaikan. Mulailah menggunakannya dengan bijak. Untuk bersenang-senang juga tak masalah.

loading...

Tinggalkan Balasan