Membuat Command Prompt jadi lebih Hidup dengan Beberapa Trik

Command prompt jadi lebih hidup

Kebanyakan pengguna Windows mungkin tidak sadar bahwa sistem operasi yang mereka pakai memiliki sebuah alat yang paling berguna, dan itu adalah Command Prompt. Sialnya, kebanyakan dari mereka – mungkin juga kamu – memilih mengabaikan alat tersebut. Jadi di sini tidak ada salahnya kami mengajakmu untuk membuat Command Prompt jadi lebih hidup di Windows, tentunya dengan beberapa trik.

Kebanyakan dari kamu mungkin merasa bahwa Command Prompt adalah program/alat paling tidak berguna, hingga kamu merasa baik-baik saja bila mengabaikannya. Namun kebalikannya, program tersebut bisa sangat berguna, bila kamu tahu beberapa macam trik untuk memanfaatkannya.

Luangkan waktu sejenak, inilah dia cara bersenang-senang dengan Command Prompt.

  • Tonton Star Wars Episode IV dalam versi ASCII

Supaya bisa menonton Star Wars Episode IV dalam versi ASCII, kamu perlu menghidupkan fitur Telnet, yang dimatikan dari sononya di versi Windows Vista, 7, 8, 8.1, dan 10. (Perlu diingat: trik ini hanya untuk pengguna dari salah satu versi Windows tersebut). Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan fungsi Telnet dengan mengakses Control Panel > Programs > Turn Windows Feature On atau Off dan beri tanda centang pada kotak pemeriksaan telnet. Setelah melakukannya kamu harus mengikuti beberapa langkah berikut.

  •  Arahkan kursor ke Start, kemudian gunakan fitu Search di Windows Vista, 7, dan 10. Untuk pengguna Windows 8 dan 8.1, kamu cukup membuka laman Start utama.
  • Ketik telnet di kolom Search dan tekan enter
  • Sebuah jendela command prompt akan terbuka, kemudian ketika “o” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter
  • Sekarang ketikkan “towel.blinkenlights.nl” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

Setelahnya kamu tinggal menikmati suguhan film Star Wars Episode IV dalam versi ASCII. Cukup menyenangkan. Kalau sudah selesai menikmati suguhan, jangan lupa matikan Telnet-nya.

ASCCII mode Star Wars Episode IV

2. Membuat folder yang tidak bisa dihapus atau diubah namanya

Prinsip dasarnya adalah menggunakan kata kunci khusus, yang tidak bisa digunakan sebagai variabel atau nama. Pada dasarnya prinsip ini digunakan oleh Windows dalam pemrogramannya. Beberapa kata kunci yang sering dipakai meliputi: lpt9, lpt8, lpt7, lpt6, lpt5, lpt4, lpt3, lpt2, lpt1, aux, dan con.

Jadi pertanyaannya adalah bagaimana membuat sebuah folder dengan sebuah kata kunci sebagai namanya. Solusinya sudah disertakan di dalam Windows itu sendiri. Dalam sejarahnya, Windows berkembang pertama-tama dari D.O.S (Disk Operating System), dan segambreng perintah D.O.S bisa digunakan pula di Windows. Jadi pada dasarnya ini adalah tentang bagaimana memanfaatkan program D.O.S di Windows untuk membuat folder dengan kata kunci khusus.

  • Klik Start
  • Klik Run. Dan ketikkan “cmd” (tanpa tanda kutip).
  • Di jendela Command Prompt yang terbuka kemudian, ketik nama drive di mana Anda ingin membuat sebuah folder dalam format <drive-name>: kemudian tekan Enter. (contoh: bila kamu ingin membuat sebuah folder yang tidak bisa dihapus di drive D, maka ketikkan “D”: (tanpa tanda kutip).) Ingat bahwa kamu tidak bisa membuat folder semacam itu di drive C: yang biasanya menjadi ruang yang disediakan untuk sistem Windows.
  • Ketik perintah- “md lpt1\” atau “md con\” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Kamu bisa memilih kata kunci apapun seperti tertulis di atas, dan memberikannya sebagai nama folder yang ingin dibuat.

Setelahnya sebuah folder yang tidak bisa dihapus maupun diubah namanya, akan terlihat di drive yang kamu pilih. Lalu bagaimana bila aku ingin menghapusnya? Meski mustahil untuk menghapus folder tersebut secara manual, kamu bisa menghapus folder tersebut dengan membuka “cmd” sekali lagi, dan kemudian ulangi sampai langkah ketiga seperti disebut di atas. Kemudian di langkah terakhir, ketikkan “rd lpt1\” atau “rd con\” (tanpa tanda kutip). Setelahnya folder yang kamu buat akan terhapus dan lenyap.

Kami rasa dua trik sudah cukup. Sebetulnya masih ada beberapa trik lain yang lebih menyenangkan, namun tampaknya kami akan menyimpannya untuk lain hari.

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan