Bersenang-senang Dengan CMD memakai Trik Lain

cmd

Di artikel sebelumnya kami telah memberi tahu Anda tentang cara membuat Command Prompt menjadi lebih hidup dibandingkan sebelumnya. Supaya program satu itu menjadi lebih hidup lagi, rasanya tidak ada salahnya bila Anda mulai bersenang-senang dengannya. Tentu saja dengan cara memakai trik lain.

Kami masih tetap pada keyakinan semula, bahwa CMD (atau Command Prompt) merupakan sebuah program yang cukup berguna, dengan catatan Anda tahu persis bagaimana memanfaatkannya untuk kepentingan Anda ketika mengoperasikan komputer maupun laptop.

Nah, di artikel sebelumnya kita telah bersenang-senang dengan cara menonton Star Wars Episode IV dalam format ASCII, serta membuat folder yang tidak bisa dihapus namanya. Mari kita lanjutkan permainan bersama CMD dengan dua macam trik lain, seperti yang bakal ditulis di bawah ini:

  • Mencari tahu alamat server DNS, alamat IP, serta banyak hal lain tentang koneksi internet Anda

CMD membolehkan Anda untuk memanfaatkannya sebagai alat untuk mencari tahun alamat IP yang sedang digunakan. Bukalah CMD dan ketikkan ipconfig/all, dan selanjutnya tekan enter.

Sesaat kemudian Anda akan memperoleh banyak informasi tentang server DNS, alamat IP, serta informasi lain sebagai host name, node type, primary DNS suffix, Wins Proxy, IP Routing, alamat fisik (MAC), dan lain sebagainya.

  • Mematikan Komputer/Laptop dengan Alasan yang Menyenangkan

Bagaimana bila komputer Anda ngambek, dan mengatakan bahwa sebaiknya dirinya dimatikan saja karena dia lelah dan tidak mau bekerja lagi? Tentu saja menakutkan. Namun di sisi lain, hal tersebut bisa sangat lucu dan menyenangkan.

  1. Langkah awal

Tekan key Windows + R, kemudian ketikkan CMD pada kolom yang muncul dan tekan Enter. Setelahnya layar Windows bakal menampilkan command prompt. Ikuti instruksi di bawah ini, dan perlu diketahui bahwa Anda bisa memilih bagaimana komputer/laptop akan bertindak sesuai dengan perintah yang diberikan.

2. Mematikan komputer lokal

Ketikkan perintah “shutdown -s” (tanpa tanda kutip) pada CMD, dan kemudian tekan Enter. Ini adalah perintah untuk mematikan komputer.

3. Restart komputer

Ketikkan “shutdown -r” (tanpa tanda kutip) pada CMD, dan kemudian tekan Enter. Ini adalah perintah untuk melakukan restart komputer.

4. Log off pengguna saat ini

Ketikkan perintah “shutdown -l” pada CMD dan tekan enter. Ini akan membantu komputer untuk log off.

5. Mematikan komputer dari jarak jauh

Ketikkan perintah “shutdown -s -m \\nama komputer” (tanpa tanda kutip) pada CMD dan tekan enter. Ganti perintah “\\nama komputer” dengan nama komputer (remote computer) yang ingin dimatikan. Namun Anda harus memiliki akses sebagai administrator di remote computer untuk melakukannya.

Bila Anda tidak ingat apa nama remote computer-nya, maka Anda bisa mengetikkan perintah “net view” (tanpa tanda kutip) pada CMD.

6. Menampilkan alasan matinya komputer

Ketikkan shutdown -s -t -c “Aku lelah dan tidak mau bekerja lagi.” (tanda kutip harus disertakan) pada CMD dan tekan enter. kode “-c” (tanpa tanda kutip) digunakan pada baris kode tersebut untuk menampilkan alasan mengapa sebuah laptop atau komputer harus mati. Dan alasan tersebut akan ditampilkan di kotak dialog. Anda bisa bebas berkreasi dengan pesan apapun.

7. Menghentikan shutdown pada sistem

Ketikkan “shutdown -a” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Cara ini akan menghentikan shutdown pada sistem bila hitung mundur ke kondisi komputer mati tidak mencapai 0.

Sebagai catatan tambahan, semua trik di atas berlaku untuk komputer atau laptop yang mengoperasikan Windows semua versi, baik itu XP, Vista, 7, 8, 8.1, atau 10. Tetapi yang harus diingat: Anda bisa bermain-main dengan perintah di atas apabila fitur command prompt pada Windows bekerja sempurna.

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan