Review Armaggeddon NRO-5 Starship III 2017 edition Laser Gaming Mouse – Fitur Terlengkap di Kelasnya?

Sudah lama kita tidak review gaming mouse ya, Nah kali ini kita kedatangan sebuah gaming mouse dari brand Armaggeddon. Tepatnya seri Armaggeddon NRO-5 Starship III 2017 edition. Nama SKU yang tidak biasa untuk Sebuah Laser Gaming Mouse dengan konsep desain unik ditambah opsi personalisasi yang cukup luas.

Spesifikasi dan Harga Armaggeddon NRO-5 Starship III 2017 edition

Sebelum masuk lebih lanjut, mari lihat spesifikasi dari Armaggeddon Starship III 2017 edition ini secara lebih detail.

• Macro-able™ laser class gaming mouse
• Up to 6-level CPI adjustable on-the-fly [default 500/1000/2000/4000]
• 9-buttons + 4 way click scroll [save up to 12 macro scripts]
• Adjustable polling rate:250hz-4ms/500hz-2ms/1000hz-1ms
• High performance tracking speed: up to 150 inches per second
• Avago laser sensor: avago 9800
• Ultra durable 1.8m nylon cord
• High quality teflon foot pad
• Frame rate: 12,000 frame per second
• Acceleration: 30g

Jika melihat dari spesifikasi sensor dan switch, yang notabene merupakan nilai jual utama dari sebuah gaming mouse, Armaggeddon Starship 3 ini nampaknya menyasar pengguna mid-high hingga enthusiast. Kustomisasi bobot dan lightning menambah fitur kekinian yang umum hadir dalam kategori gaming mouse high-end modern saat ini. Tentu, hal tersebut mengkatrol harga jual mouse dengan bentuk menyerupai kapal penjelajah luar angkasa ini. Hingga akhirnya ia harus bertengger di harga sekitar 369 ribu rupiah dan berbagi target pengguna dengan beberapa mouse gaming kelas mid-high asal Taiwan. Tapi Armaggeddon Starship ini punya kelebihan yakni memiliki weight management yang tidak di tawarkan beberapa kompetitor terdekatnya. Juga jumlah programmable macro key yang sedikit lebih banyak, hingga 9 buah. Hanya sayangnya, untuk melakukan recording macro untuk preset button yang tidak tersedia, cukup memerlukan waktu untuk mempelajarinya.

Baca juga : Fitur Tersembunyi Mouse Komputer yang Mungkin Anda Perlu Tahu

Dibekali Avago Laser Sensor yang terkenal akan akurasinya

Adapun untuk mendukung performa, ia diperkuat oleh sensor laser avago 9800. Sebuah laser kelas high-end yang mampu memberi tingkat kecepatan jelajah hingga 8200 CPI. Seperti mouse gaming pada umumnya, tingkat kecepatan jelajah ini juga bisa anda setting sesuai kenyamanan. Terdapat CPI 6-level yang bisa anda setting on-the-fly atau langsung saat sedang digunakan. Mulai dari default 500, 1000, 2000, 3000, 6000, 8000 hingga 10000. Saya sendiri untuk penggunaan content creation nyaman di angka 1000 atau 2000.

Design, Build Quality & Handling

Armaggeddon NRO-5 Starship III Wing PCN
Tambahan Wing menambah kenyamanan dan meminimalisir traksi

Armaggeddon NRO-5 Starship III memiliki dimensi yang cenderung lebar, ini membuat ia masuk kategori Palm Grip. Saya personal, memang cocok dengan jenis mouse palm grip. Penempatan tombol utama terasa ngepas sekali dengan ukuran telapak tangan orang Asia termasuk Indonesia dan khususnya saya sendiri. Namun penempatan 5 tombol macro di sisi kiri tidak semuanya nyaman dijangkau. Terutama tombol M4 dan M5 yang mewajibkan pengguna merubah posisi telapak tangan untuk mengaksesnya.

Tambahan wing di kiri kanan membuat jari jempol dan kelingking mendapat support yang cukup baik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir traksi jari jempol dan kelingking dengan permukaan tempat mouse bergerak. Armaggeddon Starship 3 juga memberikan led indicator untuk tiap tiap posisi CPI level yang sedang dipilih. Walau hanya terdapat 4 led untuk mengilustrasikan posisi CPI yang memiliki 6 tingkatan, namun tetap sangat mudah dimengerti.

– Lightning Effect

Beberapa area pada Armaggeddon NRO-5 Starship III ini di tambahkan effect lightning yang juga bisa anda atur mode pendarannya lewat aplikasi bawaan. Sayangnya, Warna tidak bisa di atur per section dan effect yang di sediakan amat terbatas. Hanya lightning pada logo dan scroll-wheel yang bisa menjalankan effect. Sedangakan lightning pada tombol macro dan indicator CPI, hanya FIX satu warna dan mode. Tapi, selain lewat led indicator CPI, anda juga bisa menentukan warna lightning yang berbeda untuk tiap-tiap level CPI.

Armaggeddon NRO-5 Starship III Design right PCNMouse gaming Armageddon NRO-5 Starship III ini didominasi material plastic dengan lapisan sejenis karet halus di beberapa bagian. Dipadukan dengan dua list berteksur plastic asli yang dibiarkan polos silky. Bagian ini nampaknya kurang mendapat lapisan pelindung sebab setelah beberapa waktu kita gunakan, sudah mulai tidak mengkilat lagi. Untuk anda yang kurang telaten, dan cenderung cuek, lapisan karet halus-nya juga mudah sekali menyerap minyak. Jadi, sebaiknya selalu gunakan mouse ini dengan telapak tangan yang bersih dan bebas minyak.

Baca juga : Tips: Menonaktifkan Keylogger di Windows 10

Armaggeddon NRO-5 Starship III Weight Management PCNWeight management hingga 6 tingkatan, memberi keleluasaan pengguna untuk menentukan berat dalam mendorongan mouse ini saat digunakan. Lokasi tray pemberat juga unik, baru pertama kali saya temukan. Overall, handling mouse gaming seharga sekitar 369 ribu ini dapat nilai 8 dari 10 dari saya.

Performa dan Kesimpulan

Armaggeddon NRO-5 Starship III Sales Package PCN
Tersedia teflon footpad cadangan dalam paket penjualan

Performa sensor buatan Avago ini memang terkenal akan akurasinya. Dan yang membuat tingkat akurasi Armaggeddon Starship ini makin tajam adalah fitur weight managementnya yang membantu pengguna mendapatkan user experience terbaik. Apalagi jika anda memang tipikal pengguna yang menyukai palm grip seperti saya. Tentu anda akan dengan mudah jatuh hati untuk menjadikan mouse ini sebagai daily driver anda.

Durabilitas teflon bukan yang terbaik, tapi anda akan mendapatkan spare dalam paket penjualan jika merasa permukaan teflon bawaan sudah mengurangi user experience. Overall, jika anda tipikal Palm Grip user, lebih mengutamakan fungsi di banding fitur exterior, Armaggeddon NRO-5 Starship III 2017 edition ini salah satu pilihan dengan price to performace yang baik dan fitur terlengkap di kelasnya.

Pros :

  • Handling tergolong baik
  • 6-level weight management
  • Lebih banyak Customable Macro Key

Cons :

  • Kualitas finishing kurang baik
  • Effect lightning terbatas

Where to buy : www.pemmz.com

 

Tinggalkan Balasan