Fitur Tersembunyi Mouse Komputer FI PCN

Kebanyakan pengguna laptop atau komputer tidak pernah memanfaatkan fungsi penuh dari sebuah fitur tersembunyi mouse komputer. Akan tetapi kebanyakan orang tahu bahwa mouse adalah sebuah perangkat kecil yang melengkapi fungsi komputer secara keseluruhan. Benda tersebut dipakai untuk mengirimkan sekaligus mengeksekusi perintah yang diinginkan pengguna.

Artikel ini akan sedikit merenteng beberapa rahasia dan tips seputar penggunaan mouse, terutama Fitur Tersembunyi Mouse Komputer yang Mungkin Anda Perlu Tahu. Ada 8 cara memanfaatkan mouse dengan maksimal. Tujuannya sederhana: supaya pengguna bisa memunculkan potensi keseluruhan mouse komputer dan meningkatkan produktivitas ketika menggunakan perangkat berbasis komputer atau laptop. Mari kita mulai dari yang pertama, yakni mengkostumasi mouse.

  1. Kostumasi mouse

Beberapa mouse didesain dengan cara yang unik, yakni memiliki lebih dari dua tombol. Pengguna biasanya akan menemukan software mouse tersebut, yang membantu untuk melakukan kustomasi untuk perangkat dengan cara yang jauh lebih menyenangkan. Sebagai contoh: ubahlah pengaturan di mana pengguna bisa menggunakan tombol samping untuk maju dan mundur, terutama ketika sedang membuka lebih dari satu jendela windows, atau ketika sedang membuka aplikasi kalkulator.

  1. Gerakkan mouse dengan keyboard

Daripada menggunakan mouse pada komputer, seorang pengguna juga bisa memanfaatkan tombol angka pada keyboard dan mengubahnya menjadi satu yang memiliki fungsi mouse.

  1. Kelola jendela window menggunakan mouse

Lakukan double-click pada bar teratas pada sebuah jendela windows, guna memaksimalkan ukuran jendela. Namun bila sudah terbuka maksimal, double-click akan membantu mengecilkan jendela. Double-click yang dieksekusi pada ujung atas bagian kiri pada jendela windows akan membantu menutup jendela tersebut.

  1. Gunakan Snap to Feature

Ambil keuntungan maksimal pada fitur mouse bernama Snap To, yang secara otomatis akan menggerakkan mouse ke arah tombol yang muncul di sebuah kotak dialog. Sebagai contoh: bila pengguna menghapus sebuah file atau menutup sebuah jendela, maka ia akan memperoleh peringatan yang menanyakan kepada pengguna apakah ia yakin akan mengeksekusi perintah tersebut. Dengan fitur Snap To yang diaktifkan, cursor pada mouse secara otomatis akan mengarah ke tombol Ok. Jadi pengguna tinggal melakukan klik pada bagian kiri mouse bila setuju dengan perintah tersebut. Cara semacam ini membantu Anda menghemat lebih banyak waktu.

Aktifkan fitur ini dengan cara membuka kotak mouse properties di bagian bawah Windows Control Panel dan berikan tanda centang pada kotak bertuliskan ‘Snap’, yang terletak di bawah tab Pointer Options.

  1. Gunakan tombol samping mouse

Banyak mouse komputer termutakhir yang memiliki tombol di bagian samping. Tombol ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Kendati begitu, secara default tombol tersebut digunakan untuk menjelajahi laman situs, membantu pengguna untuk maju atau mundur ketika membuka laman tertentu. Ini jauh lebih efisien dibandingkan menggerakkan cursor ke tombol tanda panah “back”, misalnya, bila ingin kembali ke laman sebelumnya dari sebuah situs yang sedang dijelajahi.

  1. Ctrl key dan click pada mouse atau highlight

Tahan tombol Ctrl, dan kombinasikan dengan klik-kiri pada mouse guna menyeleksi banyak objek atau men-highlight lebih banyak teks.

  1. Gunakan klik-kanan

Ambil lebih banyak keuntungan kilk-kanan pada teks yang telah di-highlight atau bila kamu ingin memeriksa properties pada sebuah objek. Sebagai contoh: bila sebuah teks atau file telah di-highlight, kamu bisa melakukan klik-kanan pada item tersebut, mengkopinya, dan kemudian memindahkannya kemana pun menggunakan klik-kanan.

  1. Menyeleksi teks dengan double-click

Teks apapun bisa diseleksi dengan cara melakukan double-click. Namun bila ingin menyeleksi sebuah kalimat atau paragraph, maka klik tombol kiri pada mouse sebanyak tiga kali di kata mana saja.

Nah, itu tadi fitur-fitur tersembunyi yang mungkin anda belum pernah gunakan. Semoga artikel nya bermanfaat. Dan jika anda yang kurang, silakan infokan ke kita lewat kolom komentar ya.

pemmz header

Leave a Reply