Tips: Menonaktifkan Keylogger di Windows 10

Windows 10 memang sebuah sistem operasi yang menyenangkan, intuitif, apik, dan didukung oleh banyak software. Akan tetapi ada juga hal yang tidak menyenangkan di balik Windows, oleh karena tipikal sifatnya yang sangat obsesif ketika berhadapan dengan pengguna. Di sini akan disajikan artikel mengenai cara menonaktifkan keylogger supaya Windows 10 tidak terlalu kelihatan obsesif.

Obsesi Windows 10 terutama sekali terlihat pada bagaimana sistem operasi tersebut mengawasi perilaku penggunanya ketika berinteraksi dengan komputer mereka. Bila diibaratkan, Windows 10 layaknya seorang agen rahasia yang selalu  menguntit orang yang dicurigainya. Mungkin Anda sebagai pengguna akan terganggu dengan hal tersebut. Padahal Anda menggunakan komputer hanya untuk mengetik, melakukan browsing, serta mengirim email.

Lalu mengapa Anda mesti terganggu? Kami tahu bahwa jauh di dalam lubuk jiwa Windows tertanam sebuah fitur yang merekam serta menganalisis huruf apapun yang Anda ketikkan lewat keyboard. Tidak hanya mengetik, aktivitas lain pun terekam dengan baik. Tujuannya sederhana: supaya Windows 10 bisa mempelajari lebih banyak hal dari kebiasaan Anda ketika menggunakan komputer.

Windows 10 sebetulnya tidak bermaksud buruk. Mereka akan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kinerja sistem operasinya. Hanya saja sebagian orang mungkin akan merasa takut dengan obsesi Windows 10 yang sedemikian besar. Di artikel ini kami akan berusaha menunjukkan beberapa langkah sederhana untuk mematikan obsesi Windows 10 seperti yang sudah ditulis atas, sekaligus mengembalikan sedikit privasi pribadi Anda.

Menonaktifkan Keylogger Windows 10

Ide Microsoft yang bermaksud merekam kebiasaan pengguna ketika memanfaatkan keyboard mereka dipandang sebagai invasi terhadap privasi. Meski begitu, perusahaan tersebut tidak menyembunyikan settingan keylogger yang dimaksud. Di saat bersamaan, sarana keylogger itu juga tidak diumbar ke konsumen. Artinya, kebanyakan pengguna Windows 10 tahu bahwa aktivitas mengetik mereka diawasi.

Dasarnya sederhana: segala informasi, huruf, maupun kata-kata yang Anda ketikkan bisa dilihat langsung oleh Windows, bahkan ketika Anda menggoreskan sesuatu melalui stylus di atas permukaan layar Surface Pro 4. Informasi yang dikumpulkan Windows 10 kemudian dimaksudkan supaya Cortana (asisten digital milik Microsoft) bisa belajar bagaimana caranya melayani pengguna Windows lebih baik lagi.

Di permukaan, ide Microsoft itu terlihat masuk akal. Namun seiring dengan dibukanya keran zaman digital, di mana hidup kita berjalan di pusaran informasi digital, sebuah PC yang memiliki kemampuan untuk melaporkan perilaku kita agaknya bukanlah ide yang bagus.

Tetapi sekali lagi, bukan berarti tidak ada cara mematikan fitur keylogger tersebut. Hanya saja mematikan fitur keylogger itu akan berpengaruh kepada cara kerja Cortana dalam mengumpulkan informasi tentang Anda. Jadi bila Anda masih percaya kepada keberadaan asisten digital, sebaiknya tinggalkan tips menonaktifkan keylogger di bawah ini.

Mengubah Setting Khusus untuk Menonaktifkan Keylogger

Bila Anda memilih untuk menonaktifkan fitur yang berusaha mengenali bagaimana perilaku Anda dalam menggunakan komputer, maka pertama-tama Anda perlu membuka Start Menu Windows 10. Dari sana pilih menu “Settings” dan kemudian jendela baru akan terbuka di layar Windows di depan Anda.

  • Windows keyloggerArahkan pointer mouse pada ikon ‘Privacy’ dan klik bagian tersebut.
  • Sebuah jendela baru akan terbuka, di mana Anda harus memilih menu ‘change privacy options’ yang menyajikan empat pilihan settings. Menu ketiga seharusnya bertuliskan ‘send Microsoft info about how I write to help us improve typing and writing in the future’. Klik bagian tombol biru (atau warna lain sesuai tema yang Anda pilih) supaya tombol berubah ke posisi Off atau On (tergantung keinginan Anda.)
  • Turn keylogger offDi bagian kiri Anda akan menemukan kolom berisi daftar menu. Klik di bagian ‘speech, inking & typing’ dan kemudian klik bagian ‘Stop getting to know me’. Setelahnya Anda akan menemukan peringatan tentang data Cortana yang akan dibersihkan bila Anda mengkonfirmasi langkah ini. Selanjutkan klik ‘turn off’, dan Anda akan terbebas dari obsesi Windows 10 terhadap Anda.

Keylogger WindowsSelanjutnya Anda bisa menggunakan Windows 10 sewajarnya, tanpa takut orang lain mengawasi apapun yang Anda lakukan dengan PC Anda.

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan