Akhirnya pembaharuan Windows 10 Creator sudah dirilis secara global. Dimulai pada 11 April silam, pembaharuan tersebut membawa peningkatan pada Cortana, Edge, Game Mode terbaru, fitur Night Light, dan lebih banyak lagi.

Pembaharuan yang dirilis pada 10 April lalu nantinya bakal merengkuh sebanyak 400 juta pengguna Windows 10, yang berarti kamu mungkin akan menerima pembaharuan secara bertahap.

Bila tidak sabar menikmati berbagai macam fitur terbaru Windows 10, ada jalan lain yang terbuka untukmu, yakni dengan bergabung pada program Insider Preview. Dengannya kamu bisa mencicipi pembaharuan Windows 10 Creators langsung. Pengguna dengan lisensi Windows 10 bisa mengunduh Windows 10 Creators Update (versi 1703) melalui tautan Update Assistant.

Akan tetapi bila sumber daya terbatas, dalam arti tidak memiliki kuota internet unlimited, kamu bisa mengontrol pembaharuan Windows 10 dengan cara mematikan fitur update. Kami menyediakan tips untuk melakukannya di laman ini. Dengan begitu, pengguna bisa menunda pembaharuan Windows 10, serta memilih waktu yang lebih tepat untuk melakukan update.

Kembali ke soal pembaharuan Windows 10, apa saja fitur terbaru yang bakal kamu dapatkan?

  1. Game Mode

Pada intinya, Game Mode akan memprioritaskan gaming, terutama ketika sebuah PC dioperasikan dalam satu waktu. Singkat kata: ketika dihidupkan, aplikasi lain yang berjalan seperti Windows Update maupun Google Chrome, misalnya, takkan menginterupsi aktivitas gaming yang dilakukan.

  1. Mode picture-in-picture

Microsoft menyebutnya sebagai ‘mini view’ dan membantu kamu melihat sebuah jendela kecil di bagian atas layar Windows, ketika kamu sedang melakukan aktivitas bersama OS tersebut. Artinya kamu bisa melakukan banyak hal seperti melihat film favorit sambil bercakap lewat Skype atau mendengarkan musik.

  1. Menggunakan Beam untuk live broadcast

Windows 10 Creators memiliki fitur game broadcasting, yang membantu kamu melakukan streaming mengunakan Game Bar. Gunakan tombol Windows + G, kemudian klik Broadcast, dan mulai jalankan streaming pada Beam-all tanpa perlu melakukan log-ins.

  1. Aplikasi Paint 3D

Pembaharuan Windows 10 Creators Update memungkinkan pengguna untuk menciptakan, membagi, dan mengalami 3D dan mixed reality. Kehadiran aplikasi Paint 3D menjadi kuncinya. Dengan aplikasi tersebut, Microsoft membolehkan pengguna untuk menciptakan objek 3D dari awal, kemudian mengganti warna, tekstur. Selain itu, aplikasi tersebut bisa mengubah gambar 2D menjadi karya seni 3D.

  1. Peningkatan kualitas Cortana

Cortana memperkenalkan sebuah fitur baru yang disebut ‘Suggested Reminders’, yang membantu aplikasi untuk memberikan sugesti reminders berdasarkan janji yang kamu buat dalam email. Sayangnya fitur ini hanya mendukung akun Office 365 dan Outlook.

Fitur Cortana lain seperti ‘Pick up Where I Left Off’ yang dihadirkan dalam pembaharuan membantu kamu menyortir berbagai dokumen dan history peramban Edge yang tertinggal di sesi sebelumnya.

  1. Night Light

Fitur yang satu ini akan membantu layar PC untuk mengganti tingkat warna, guna memudahkan pengguna ketika melihat konten di dalam ruangan gelap. Pembaharuan terbaru dari Windows juga memperkenalkan peningkatan untuk Windows Ink.

  1. Tab Preview pada Edge

Manajemen tab yang lebih baik untuk peramban Edge juga dihadirkan lewat pembaharuan Windows terbaru. Tab Preview adalah nama fitur terbaru itu, yang akan membantu kamu melihat preview dari setiap tab yang sedang terbuka. Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan memeriksa tab satu persatu. Fitur ini juga menyajikan sebuah ruang khusus untuk menyimpan segala macam tab penting.

Sumber: NDTV

pemmz easter promo

1 COMMENT

Leave a Reply