Pembaharuan sistem operasi menjadi semacam kewajiban bagi pengguna Windows 10, apalagi bila penggunanya adalah tipe orang yang haus akan update terbaru dari sistem operasi yang dia gunakan.

Berbicara tentang Windows 10, kamu harus sadar akan satu hal: pembaharuan sistem operasi merupakan aturan dasar yang dipaksakan oleh Microsoft kepada penggunanya. Maksudnya begini: Microsoft secara default menghidupkan pembaharuan sistem operasi secara otomatis, guna melindungi pengguna dari ancaman eksternal seperti pencurian data lewat internet, dan lain sebagainya. Hanya saja masalahnya tidak sesederhana itu bagi sebagian orang.

Pembaharuan otomatis menjadi masalah ketika pengguna Windows 10 memasang internet dengan kuota tertentu, yang tidak membebaskan mereka untuk menghamburkan data layaknya pengguna internet unlimited.

Untungnya para pengguna Windows 10 pro version masih diberikan kesempatan untuk mematikan fitur automatic updates menggunakan Group Policy editor. Namun bila ternyata kamu adalah pengguna Windows 10 home, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan guna mematikan fitur automatic update yang seringkali berjalan secara agresif dan tidak sesuai dengan kemampuan sumber daya internet yang terbatas.

Cara 1#: Menginstall Update secara Manual

Tidak semua orang menginginkan pembaharuan sistem operasi secara terus menerus. Dan bila kamu adalah tipe orang seperti itu, maka jalankanlah update secara manual – sewaktu kamu benar-benar menginginkannya. Begini caranya.

  1. Klik pada bagian tombol Start, dan kemudian arahkan kursor ke Settings dan klik pada bagian ini.
  2. Sebuah laman akan terbuka, dan kamu perlu mengklik pada bagian Update & Security.
  3. Pada laman Windows Update, klik pada bagian Check for updates. Di sini kamu juga bisa mengubah settingan untuk Windows Update’s Active.

Bila Microsoft menyediakan pembaharuan OS, cara di atas akan membantu pengguna untuk mengunduh sekaligus menginstall pembaharuan secara manual.

Bila langkah di atas terkesan merepotkan, kamu juga bisa mengetikkan “Check for Updates” di kolom pencarian/search.

Cara 2#:  Mengatur meteran koneksi internet

Windows 10 Home memiliki meteran internet yang mesti diatur bila kamu ingin menonaktifkan fitur automatic update. Dengan mengatur meteran tersebut, kamu bisa mencegah Windows 10 memaksamu melakukan update OS.

Sayangnya Microsoft mengasumsikan bahwa kamu memiliki koneksi internet unlimited, meski faktanya berlawanan dengan asumsi tersebut. Tetapi jangan khawatir, kamu masih tetap bisa mengatur meteran koneksi internet dengan memanfaatkan setting Internet di komputer. Namun ini akan menjadi sedikit rumit.

  1. Bukalah Registry Editor dengan cara menjalankan perintah Run. Untuk menjalakannya lakukan klik kanan pada tombol Start dan pilih menu Run. Di kolom Run, ketik regedit dan tekan enter untuk membuka Registry Editor.

open regedit2. Begitu registry editor terbuka, arahkan menu ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\NetworkList\DefaultMediaCost.

3. Klik kanan pada opsi DefaultMediaCost dan klik Permissions

open permissions4. Di laman Permissions for DefaultMediaCost, pilih Advanced

opsi advanced5. Kamu akan diarahkan ke Advanced Security Settings for DefaultMediaCost, klik pada bagian bertuliskan Change.

opsi change6. Ketikkan Administrators pada sebuah kotak bertuliskan Enter the object name to select, kemudian klik Check Names. Setelahnya kamu akan menemukan sebuah nama yang mirip dengannya, klik OK.

check names7. Centang pada kotak di sebelah kiri tulisan Replace owner on subcontainers and objects dan kemudian OK.

replace owner8. Kembali ke laman Permissions for DefaultMediaCost, kamu perlu melakukan klik pada Administrators pada grup dan kemudian berikan centang untuk Full Control Allow di bawah tulisan Permissions for Administrators. Kemudian klik OK.

admin9. Klik kanan pada opsi Ethernet di jendela Regedit, dan kemudian klik Modify. Sebuah jendela Edit DWORD (32-bit) Value akan terbuka kemudian.

modify binary data10. Ubahlah Value Data menjadi 2. Kemudian klik OK. Setelahnya tutup Registry Editor dan restart komputer. Cara ini akan mengubah asumsi Windows 10 dari yang tadinya mengira bahwa internet kamu memiliki koneksi data unlimited, menjadi limited/terbatas (berarti kamu memiliki kuota data yang terbatas).

binary data valueCara #3: Matikan Automatic Driver Updates

Gunakan kolom pencarian (search) dan ketikkan Advanced System Settings di dalamnya, untuk membuka jendela System Properties. Kemudian sortir pada bagian Hardware dan klik pada Device Installation Settings. 

opsi hardwareSebuah kotak dialog akan terbuka. Pilih No dan kemudian Save changes.

Opsi NoSetelahnya Windows 10 yang kamu gunakan tidak akan diperbarui secara otomatis lagi.

pemmz header

Leave a Reply