Apa itu Game Mode di dalam Windows 10 Creators Update

Game Mode

Sebelumnya kami melaporkan pembaharuan Windows 10 Creators Update, yang pada dasarnya membawa banyak fitur terbaru. Salah satu yang kami rasa menarik adalah ‘game mode’. Konon katanya, fitur terbaru ini fokus pada peningkatan performa untuk aplikasi game yang berjalan di atas platform OS tersebut.

Banyak orang penasaran dengan fitur tersebut, meski Microsoft sendiri dilaporkan tidak memberikan detail lebih banyak terkait dengan ‘Game Mode’. Namun secara teknis setidaknya orang bisa melihat satu hal: fitur tersebut bisa meningkatkan performa game yang berjalan di atas Windows 10. Tapi pertanyaannya berkaitan dengan kemampuan aktual dan konsistensinya. Jadi ini bukanlah soal apakah mode terbaru itu akan menambah extra frame per detik ketika pengguna memainkan sebuah game.

Apa Itu Game Mode

Pada dasarnya sistem operasi Windows menjalankan beberapa program sekaligus, dan beberapa di antaranya berjalan di background. Nah, ‘Game Mode’ membantu sistem operasi untuk fokus pada sumber daya sistem yang dibutuhkan ketika pengguna menjalankan sebuah game. Jadi bila aplikasi Chrome (yang menyedot banyak sumber daya prosessor dan RAM) berjalan di background, maka dia tidak akan menjadi prioritas, terutama ketika pengguna menjalankan game di bagian foreground.

game mode
Game mode diujicobakan (sumber: digitaltrends.com)

Fitur Game Mode sebetulnya bukanlah hal baru di lingkungan kerja Microsoft. Ia pertama kali diperkenalkan di Xbox One. Karena memiliki DNA yang sama, maka sistem kode pada Xbox menjalankan formula yang serupa dengan fitur ‘Game Mode’ pada Windows 10 Creators Update. Artinya, ketika mode itu dijalankan di Xbox One, segala sumber daya akan didorong untuk menopang game yang sedang dimainkan. Sekarang ini fitur tersebut menemukan jalan barunya di Windows 10.

Kabarnya Game Mode nantinya bakal tersedia di semua game (dan ya, di semua program yang ditujukan untuk platform Windows) dan pengguna bisa mengaktifkannya secara manual. Akan tetapi Game Mode bisa diaktifkan secara otomatis pada beberapa aplikasi yang tersedia lewat Windows Store – meski nantinya pengguna masih bisa mematikan fitur otomatis tersebut.

Game Mode bukan tombol Turbo

Satu hal yang mesti digarisbawahi: Game Mode bukanlah tombol turbo untuk game berbasis Windows. Konon kabarnya mode tersebu tidak terlalu menunjukkan performa signifikan pada sistem PC gaming high-end, meski bukan berarti tidak ada peningkatan sama sekali. Menurut kabar yang dilansir How to Geek, serangkaian uji coba yang dilakukan pada PC dengan GPU tambahan menunjukkan bahwa jumlah frame rate kurang lebih sama, baik ketika Game Mode dihidupkan atau dimatikan. Meski tidak dirinci, namun sebuah game menunjukkan peningkatan performa dalam jumlah kecil namun konsisten ketika dimainkan dalam Game Mode.

Jika begitu, apakah game mode tidak berguna sama sekali?

Belum tentu. Fitur seperti Game Mode sebetulnya didesain untuk playback yang lebih lembut dan dirancang untuk stabilitas. Di titik ini, Game Mode tidak dirancang untuk melepaskan seluruh kemampuan tersembunyi yang dimiliki CPU dan GPU di dalam unit laptop atau PC pengguna. Mungkin lebih tepat bila kita bilang begini: Game Mode dirancang untuk meminimalisir lag yang muncul ketika sebuah program background meminta sumber daya CPU dan GPU yang lebih banyak jumlahnya.

Di masa depan, kemungkinan besar Microsoft akan terus meningkatkan kemampuan fitur terbarunya itu. Masih ada waktu bagi kita untuk melihat kemampuan sebuah fitur yang lebih impresif dibandingkan sekarang. Apakah kamu sudah mencoba Game Mode?

Sumber: How to Geek

loading...

Tinggalkan Balasan