bersih PC

Debu, kuman, serta bakteri yang menumpuk pada alat elektronik seperti komputer adalah sesuatu yang paling tidak diinginkan oleh semua pengguna PC. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk membersihkan PC setidaknya seminggu sekali.

Apa yang dibutuhkan untuk membersihkan PC?

  • kaleng udara terkompresi
  • kain bersih
  • kain micro-fiber
  • cairan pembersih khusus untuk alat elektronik
  • vacuum cleaner kecil

#1 Membersihkan PC dan Casenya

Sama halnya seperti case PC (atau PC tower), bagian-bagian seperti keyboard, mouse, dan monitor perlu dibersihkan secara reguler. Debu adalah musuh terbesar PC, dan pendingin di dalam case PC akan dengan cepat terselimuti debu bila kamu meletakkan PC di bawah meja. Masalahnya bahkan menjadi lebih pelik bila lantai kamarmu dilapisi dengan keramik, dan bukan karpet.

Beberapa jenis case PC memiliki filter yang bisa dilepas, yang pada dasarnya memberikan kemudahan bagi pemilik untuk membersihkannya. Di titik ini, kamu memerlukan sebuah vacuum cleaner (penghisap debu). Alat ini sudah cukup untuk menyingkirkan debu yang menempel di bagian dalam case. Sebelum melakukannya, pastikan komputer dalam keadaan mati.

air can
Contoh kaleng udara terkompresi untuk menyingkirkan debu

Hati-hatilah, jangan gunakan vacuum terlalu dekat dengan pendingin PC (terutama yang berbasis kipas) terlalu lama, sebab kipas yang berputar terlalu lama malah akan rusak. Kamu bisa menaruh pensil di antara pisau kipas untuk mencegah kipas berputar karena hembusan vacuum.

Bila sudah terbiasa, pemilik PC bisa membuka case, kemudian melepaskan kipas dari CPU nya dan membersihkannya dengan kain. Cara yang sama bisa diterapkan untuk membersihkan kipas CPU dan kartu grafis. Hanya saja jangan lepaskan komponen lain dari tempatnya. Gunakan kaleng udara terkompres untuk melepaskan debu dari komponen di dalam case PC. Lebih jauh lagi, jangan sekali-kali menyemprotkan kaleng udara tersebut ke dalam power supply, dan jangan coba-coba membongkar power supply. Semprotkan isi kaleng udara di bagian atas power supply untuk menyingkirkan debu yang menempel.

Selanjutnya kamu bisa membersihkan bagian luar PC menggunakan kain bersih. Bila ingin menggunakan cairan pembersih khusus, coba terlebih dulu di area kecil guna memastikan bahwa cairan yang dipakai tidak merusak plastik atau logam. Gunakan kaleng udara terkompresi untuk membersihkan segala macam port yang berada di luar dan di dalam PC.

#2 Membersihkan keyboard

Keyboard adalah jenis hardware yang rentan menjadi sarang debu dan kuman. Kami sudah pernah membahas dua metode membersihkan keyboard dengan tuntas, dan seharusnya kamu tidak akan menemui kesulitan ketika ingin membersihkannya.

Baca juga: Dua Metode Membersihkan Keyboard PC dengan Tuntas

#3 Membersihkan Mouse

Hari-hari di mana ball mouse masih digunakan di sebagian besar produk mouse sudah lewat. Kini semua jenis mouse menggunakan sensor optik. Nah, kuman serta debu bisa berkembang di bagian sensor tersebut dan menyebabkan masalah tracking. Gunakan kain bersih untuk membersihkan seluruh bagian permukaan sensor optik mouse.

Bagian atas mouse adalah lokasi di mana kuman dan bakteri tertinggal, dan akan lebih bijak bagimu untuk menggunakan spray anti-bakteri. Gunakan pembersih yang memang hanya ditujukan untuk komponen elektronik.

#4 Membersihkan monitor PC

Kamu bisa menggunakan kain bersih untuk membersihkan sebagian besar monitor komputer (dan juga monitor TV). Ada banyak produk cairan pembersih LCD, dan kainnya, yang dijual di toko aksesoris komputer, sehingga kamu tidak akan menemukan kesulitan ketika mencarinya.

Pembersih monitor LCD
Cairan khusus pembersih LCD

Kain micro-fiber merupakan jenis yang ideal untuk membersihkan layar komputer. Kain jenis ini membantu mencegah munculnya goresan pada layar, dan merupakan jenis kain yang efektif untuk menyingkirkan debu dan jejak sidik jari. Jangan menekan layar LCD terlalu keras ketika membersihkannya, sebab malah akan merusak panil LCD.

 

Pemmz JajanRamdhan promo

Leave a Reply