Tips : Dua Metode Membersihkan Keyboard PC dengan Tuntas

Tips Membersihkan Keyboard PC PCN

Kebanyakan pengguna komputer tidak menyadari bahwa perangkat seperti keyboard perlu dibersihkan secara berkala. Mungkin saja kamu adalah jenis orang yang tidak pernah membersihkan keyboard PC, padahal perangkat yang satu ini bisa menjadi rumah bagi debu dan bakteri. Karena itulah membersihkan keyboard menjadi sebuah pekerjaan penting. Di sini kami akan memberikan tips tentang bagaimana membersihkan keyboard secara tuntas.

Catatan awal: langkah-langkah di bawah ini ditujukan untuk pemilik keyboard PC, dan bukan keyboard laptop.

Membersihkan Keyboard PC dari kotoran, Debu, dan Bakteri

Telah disebut di atas, bahwa keyboard PC merupakan sarang yang ramah bagi sejumlah kuman yang tidak tampak di mata. Sebuah keyboard bahkan bisa terkontaminasi bakteri, dan jauh lebih kotor dibandingkan toilet di rumah kamu. Membersihkan keyboard secara tuntas bisa membantu menyingkirkan bakteri dan menjaga supaya keyboard bekerja sebagaimana seharusnya.

Lalu bagaimana prosedur membersihkan keyboard PC yang benar?

Sebelum melakukan prosedur pembersihkan, matikan komputer dan lepaskan keyboard dari tempatnya (terutama bila kamu menggunakan USB keyboard). Ini untuk mengindari masalah di mana kemungkinan besar kamu menekan tombol keyboard yang tidak ingin ditekan, yang secara tidak sengaja malah akan melakukan task yang tidak kamu perintahkan.

Kebanyakan orang memilih membersihkan keyboard dengan cara membaliknya dan menggoncangnya sedemikian rupa hingga kotoran berjatuhan ke lantai. Supaya tidak terlalu merepotkan, gunakan kompresor udara kecil guna menyingkirkan debu di sela-sela tuts keyboard. Kompresor semacam itu biasanya berbentuk kaleng, di mana di dalamnya terdapat udara yang dipadatkan. Jadi semacam kaleng semprot praktis yang bisa digunakan di mana saja.

Menggunakannya pun sangat mudah. Gunakan kaleng kompresor tersebut, dan bidik ruang sela di antara tuts keyboard. Tekan tombol semprot pada kaleng guna menyingkirkan debu dan kuman yang bersarang di titik tersebut. Selain menggunakan kaleng kompresor, kamu juga bisa menggunakan sebuah vacuum cleaner kecil, namun kamu mesti melakukannya dengan hati-hati supaya tidak ada komponen kecil di dalam keyboard yang tidak ikut terhisap.

Tips Membersihkan Keyboard PC 2 PCN
Pisahkan tuts dari badan keyboard bila kamu ingin membersihkan keyboard lebih seksama.

Setelah menyingkirkan debu dan kotoran, gunakan kain yang telah disemprot menggunakan semprotan anti-kuman atau cairan pembersih keyboard. Gunakan kain tersebut untuk membersihkan sisa kuman yang mungkin menempel di atas tuts keyboard. Jangan pernah menyemprotkan cairan apapun langsung ke atas keyboard.

Bagaimana Bila Cairan Tumpah di atas Keyboard

membersihkan keyboard PC yang terkena air PCNSuatu waktu kamu mungkin menumpahkan cairan (cola, Pepsi, bir, teh, susu, kopi, anggur, dan lain sebagainya) ke atas keyboard. Bencana muncul ketika itu terjadi, karena itulah kamu perlu berhati-hati ketika membersihkannya. Salah langkah malah akan menghancurkan keyboard Anda.

Bila ada cairan tertentu tumpah ke atas keyboard, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan komputer dengan segera atau segera cabut koneksi antara keyboard dengan komputer. Setelahnya segera balikkan keyboard guna mencegah cairan masuk ke dalam sirkuit di dalam keyboard. Goncangkan keyboard ketika berada dalam posisi terbalik, supaya cairannya terjatuh ke atas permukaan di bawahnya. Bersihkan tuts keyboard menggunakan kain bersih, dalam posisi perangkat masih terbalik. Setelahnya biarkan keyboard semalaman dalam posisi yang sama. Ini dilakukan untuk mengeringkan perangkat tersebut.

Ketika sudah kering, lanjutkan proses pembersihan guna menyingkirkan sisa cairan yang mungkin masih tersisa. Namun bila keyboard tetap terasa tidak beres (dalam arti masih kotor dan lengket) setelah melakukan prosedur seperti telah dijelaskan di atas, maka lepaskan tuts keyboard dan bersihkan area di bawahnya, sampai ke sudut-sudut tuts.

Manfaat Mesin Pencuci Piring

Bila setelahnya keyboard masih bekerja namun tetap kotor, sebaiknya kamu mencuci keyboard menggunakan mesin pencuci piring. Bila metode ini dipilih, maka jangan gunakan sabun pencuci piring apapun dan gunakan mode ‘rinse only’. Hindari penggunaan mode pan, pots, atau heavy wash, atau settingan dengan panas berlebih. Cuci keyboard di rak bagian atas dan jangan letakkan apapun di sana kecuali keyboard. Jangan lupa: metode pencucian ini hanya berlaku untuk keyboard yang terbuat dari plastik.

Bila metode yang terakhir itu tidak berhasil, maka kami merekomendasikan kamu untuk mengganti keyboard lama dengan yang baru.

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan