Review Xenom Siren SR14S – Tak bisa dipungkiri, lebih dari 80% pengguna komputer yang beralih dari Desktop PC ke produk laptop gaming amat sangat concern dengan dimensi dan bobot. Ini mengapa banyak produsen laptop terkemuka berlomba-lomba membuat produk mereka semakin baik performanya, Tanpa mengorbankan sisi handling dan portabilitas.

Nah, hal ini juga menghantui produsen laptop gaming lokal, Xenom. Setelah sempat tidak mendapat refresh pada gelombang X2 series dan All New Xenom Series, Akhirnya pada awal 2016, Xenom kembali menghadirkan seri Siren yang merupakan seri paling portable dalam jajaran produk mereka. Para seri terbaru ini, Xenom Siren 14S langsung mendapat refresh design yang jauh lebih futuristik namun tetap mempertahankan sisi elegan yang lebih di sukai para profesional.

1. Spesifikasi

Xenom Siren SR14S dibekali CPU dan chip GPU generasi terbaru saat ini. Untuk CPU, Intel core i7 6700HQ dengan arsitektur Skylake punya kelebihan pada fabrikasi yang lebih kecil hingga sangat mendukung efisiensi daya yang selalu dituntut pengguna mobile. Untuk kebutuhan non-multithread, turboclocknya yang lebih tinggi juga membuat CPU ini lebih mudah melibas instruksi yang diberikan. Sedangkan untuk GPU, Geforce GTX970M bisa dibilang sebuah GPU kelas high-end. Dibanding Siren SR13 terdahulu yang masih mengandalkan Geforce GTX765M, performa yang dijanjikan Siren SR14S mencapai 35% lebih baik.

Berbeda dengan laptop gaming merk lain, Xenom selalu perduli dengan performa storage utamanya karena sangat amat dibutuhkan untuk aplikasi game triple-A. Karena itu secara default, Siren SR14S sudah mengadopsi storage jenis SSD untuk partisi sistem. Sedangkan HDD 1TB di alokasikan untuk menyimpan data sebagai secondary drive. SKU yang pemmzchannel review kali ini hanya dibekali sekeping RAM 8GB DDR4. Sisi baiknya, pengguna masih bisa memanfaatkan RAM bawaan saat memutuskan untuk upgrade ke konfigurasi 16GB dual channel.

Untuk Networking, Xenom Siren SR14S sudah dibekali Gigabit Network untuk koneksi kabel dan WiFi ac intel dual band 8260. Menjadikan laptop ini sangat fleksibel dengan jenis router apapun. Tinggal koneksikan wifi anda ke jaringan 5GHz, dijamin waktu yang dibutuhkan untuk transfer data bisa dipangkas berkali-kali lipat.

2. Desain & Build Quality

 

Xenom Siren SR14S kali ini didominasi warna yang lebih gelap dibanding SR13. Menjadikan tambahan tekstur line di bagian front cover yang berwarna chrome makin kontras terlihat dan berhasil menonjolkan kesan elegan. Xenom Siren SR14S hadir 20% lebih slim dengan bobot kurang lebih 2.0Kg yang serupa dengan versi 13-inch terdahulu. Padahal dimensinya lebih besar sekitar 349(W) x 247(D) x 25.4(H)mm. Tapi menurut pemmzchannel tetap belum masuk kategori best handling sebab masih terasa berat menentengnya dengan satu tangan.

Dari sisi samping, Xenom Siren SR14S membuat tautan antara upper case dan bottom case terlihat lebih dinamis. Tidak seperti umumnya laptop lain yang hanya lurus dari depan hingga belakang. Untuk bottom case sendiri didominasi warna hitam dove. Terdapat banyak tekstur yang menyerupai lubang jalan masuk udara segar dan dibentuk cukup apik dan simetris dengan rubber foot penyangga. Sayangnya, yang benar-benar berfungsi sebagai jalan masuk udara segar tak sampai 40%.

Material barebone yang digunakan Xenom Siren SR14S adalah plastik ABS dengan kualitas yang sangat baik. Hampir seluruh bagian di cetak dengan sangat presisi hingga tak menyisakan rongga-rongga kosong. Finishing sudah jauh lebih baik di banding gelombang perdana Xenom. Pun untuk anda yang ingin melakukan maintenence, membuka bagian bottom covernya bukanlah pekerjaan sulit.

3. Workstation

Kini dengan touchpad baru dan backlit hingga 4 tingkatan brightness

Area di bagian atas upper-case ini juga tak luput dari refresh desain yang mengusung tema dinamis. Terlihat sekali Xenom mencoba memisahkan area keyboard dan palmrest agar membentuk dua area personal yang berbeda. Jika saja ditambahkan konsep dual tone, pasti lebih terlihat keren. Bagian palm rest yang dibuat lebih tinggi di buat seolah tersambung dengan area speaker di atas keyboard. Keyboard yang digunakan secara desain sepintas masih sama dengan versi SR13, hanya saja dengan seting backlit yang lebih lebar hingga 4 tingkatan brightness dan opsi macro key untuk masing-masing tombol hingga 3 preset utama. Baik tuts keyboard dan tombol klik touchpad sangat minim noise.

Baca Juga : Review Xenom Siren SR14i – Mencicipi GPU Terkuat Intel, Iris Pro dalam Kemasan Ultrabook

4. Display Quality

Sales poin terbaik dari seri Siren SR13 terdahulu adalah pada panel LCDnya yang superior. Nah, pada Siren SR14S, Xenom ingin tetap mempertahankan sales poin tersebut. Panel IPS 14-inch beresolusi full-HD pada Siren SR14S menggunaan produk buatan LG dengan kualitas contrast dan akurasi warna cukup baik. Sayangnya, untuk kekuatan brightness sedikit dibawah kualitas panel Xenom Siren SR13. Xenom juga memberikan sinyal bahwa panel LCD pada seri Siren SR14S ini bisa diupgrade dengan panel LCD beresolusi QHD.

Baca Juga : Review Xenom Siren SR13

5. Port and Connectivity

Dua buah mini DisplayPort merupakan hal unik yang ditawarkan oleh Xenom Siren SR14S. Selain itu, Audio port dengan opsi Digital Out juga seringkali berguna untuk para profesional yang juga hobi akan gadget berbau audio. Seperti halnya seri Xenom yang lain, Siren SR14S juga menempatkan charging port di bagian belakang untuk mendukung cabling yang lebih rapih. Empat buah port USB yang ada sudah versi 3.0 semua plus fitur charging while sleep di salah satu port sebelah kanan. Anda yang berniat menggunakan internal 4G modem bisa berbahagia sebab Xenom Siren SR14S sudah menyiapkan slot sim card yang accessible.

6. Cooling System

Dual Cooling System untuk Antisipasi GPU yang di upgrade

Xenom Siren SR14S kali ini juga hadir dengan dual cooling system yang di dedikasikan masing-masing untuk CPU dan GPU. Ini wajib dilakukan untuk mengantisipasi sisi GPU yang sudah naik kelas ke Geforce GTX970M. Hal ini menjawab mengapa bobotnya masih terasa berat. Pengguna juga bisa membuat kedua fan berputar maksimal sesuai keinginan dengan mengaktifkan mode full speed mode (Fn + 1). Hanya saja, siap-siap di beri bonus noise dari putaran kipas yang cukup mengganggu. Kinerja kedua fan terbilang masih sanggup meredam peningkatan panas baik dari CPU maupun GPU untuk penggunaan full load di bawah 5 jam.

7. Upgrade Option

Xenom Siren SR14S upgrade Option

Nilai upgrade option pada Xenom Siren SR14S ini sebenarnya tak lebih baik dari pendahulunya. Sebab CPU sudah menggunakan versi HQ yang notabene di tanam di motherboard juga slot SSD yang saat ini hanya tersisa satu. Berita baiknya, M.2 slot pada Xenom Siren SR14S ini sudah mendukung teknologi NVMe untuk penggunaan jenis SSD yang lebih powerfull. Lebih lengkapnya tentang teknologi SSD NVMe ini bisa kamu simak pada rubrik Cover story di eMagazine pemmzchannel edisi bulan Maret 2016.

8. Performa

Dua hardware utama yakni CPU dan GPU yang direfresh pada Xenom Siren SR14S menjadikan laptop gaming seharga 23 juta-an ini sejajar dengan performa Acer Predator maupun Asus ROG GL752VW yang sama-sama mengadopsi core i7 6700HQ plus Geforce GTX970M. Kapasitas RAM 8GB disokong oleh sekeping memory DDR4 berkecepatan 2133MHz yang menurut kami memang dipersiapkan untuk kebutuhan upgrade ke konfigurasi dual channel nantinya.

Keputusan Xenom untuk menggunakan Storage jenis SSD sebagai partisi sistem sangat bermanfaat khususnya bagi anda yang seringkali kesal dengan waktu loading game kelas triple-A dengan ukuran file data yang bergiga-giga. Bagi anda yang masih ingin memaksimal laptop ini, selain meningkatkan RAM ke konfigurasi dual channel, sisi storage juga masih bisa di maksimalkan dengan menggunakan SSD berinterface PCIe v3 x4 (NVMe)

9. Kesimpulan

Dengan dimensi dan bobot yang jauh lebih bersahabat untuk di bawa travelling, tentu Xenom Siren SR14S cocok bagi anda yang sangat concern akan paduan performa dan portabilitas. Tentu hal ini punya konsekwensi seperti ruang disipasi panas yang jauh lebih kecil. Untuk antisipasi, selalu nyalakan fitur full speed untuk cooling fan-nya. Pemmzchannel sejujurnya sangat tertarik membuat group test untuk produk sejenis. Sayangnya, hingga tulisan ini dibuat, baru ada 1 produk sepadan untuk disandingkan dengan Xenom Siren SR14S yakni Razer Blade.

Ayo merk lain, mana produk 14-inch nya. Xenom Siren SR14S sudah menunggu nih . .

REVIEW OVERVIEW
Performance
Handling
Upgrade Option
Cooling System
Price
SHARE
Previous articleGoogle Memberikan Tujuh Software Editor Foto Gratis
Next article3 Tips Dota 2 Yang Harus Di Ingat Untuk Pemula
He has written about Computer Hardware, Gadget News and Games for more than 5 years, including stints as hardware editor at PinPoint Publication and editor in chief of Pemmzchannel. His work has appeared in publications including, PCMedia Magazines, TnT Mild, Web & e-Magazines of Pemmzchannel.

2 COMMENTS

Leave a Reply