Akhir-akhir ini banyak kita jumpai perombakan desain notebook gaming menjadi lebih tipis dari sebelumnya. Mengandalkan Intel iris Pro, Xenom Siren SR14i juga mengadopsi desain yang tipis malah bisa dibilang hampir masuk jajaran ultrabook.

Design

This slideshow requires JavaScript.

Jika saja Siren SR14i mempunyai fitur touch-screen sudah pasti notebook gaming ini sudah masuk jajaran gaming ultrabook karena bentuknya yang tipis cuma setebal 23mm dan berbobot kurang dari 3kg. Dengan warna gun-metal menyelimuti semua tubuhnya, Siren SR14i bisa dibilang sangat elegan namun tetap sangar karena “knalpot” yang ada pada sepanjang bagian belakangnya.

Xenom Siren SR14i workstation
Xenom Siren SR14i workstation

Pada bagian workstation, kita akan menemukan keyboard TKL dan sebuah touchpad yang bisa dibilang sedikit lebar jika dibandingkan notebook sekelasnya. Sayangnya keyboardnya tidak dilengkapi dengan backlit berwarna putih yang ada pada “kakaknya” Siren SR13.

No accessible backdoor.
No accessible backdoor.

Jujur, untuk menyebutnya notebook gaming akan sedikit berat karena desainnya yang lebih condong ke bisnis, mulai dari warna, tekstur sampai bentuknya yang tipis memang mencirikan notebook ini adalah untuk bisnis. Tapi semua itu hanya bisa kita pandang dari desain saja yang belum tentu memperlihatkan performa dari notebook ini, maka selanjutnya kita bahas sisi performanya.

Performance

This slideshow requires JavaScript.

Faktor driver merupakan kunci dari Siren SR14i, karena jika Anda menggunakan driver terbaru dari Intel maka Anda akan mendapatkan performa 15% – 20% lebih tinggi dibanding driver yang lama. Peningkatan driver ini berhasil mensejajarkan iris Pro dengan Nvidia GTX 745M.

Bisa dibilang intel iris pro mampu memberikan performa yang cukup baik dikelas mainstream. Anda juga tidak perlu khawatir menggunakan Siren SR14i ini untuk keperluan rendering karena saat ini sudah banyak aplikasi seperti Premiere Pro CC, Photoshop CC dan lainnya yang menggunakan Open-CL yang juga diadopsi oleh iris Pro ini.

Saat beralih ke performa real-world gaming Siren SR14i ini termasuk bisa diandalkan karena ketika tim Pemmz mencoba bermain Battlefield 4 dan Tomb Raider, Siren SR14i mampu memberikan performa yang lebih tinggi dbanding GT745M dan rata-rata menyentuh 34-43 FPS pada settingan high.

IMG_9546

Soal panas yang dihasilkan, Siren SR14i tampaknya berhasil membuang panas dengan baik berkat desain dual-fan dan heatspreader miliknya. Tim Pemmzchannel tidak merasakan panas yang berlebihan pada bagian workstation walaupun notebook ini dijalankan pada suhu udara tanpa AC.

Conclusion

Jika Anda adalah seorang pebisnis sekaligus gamer, mungkin Xenom Siren SR14i ini bisa dijadikan pilihan Anda. Dibandrol mulai dari US$ 1290 hingga US$1625, Xenom Siren SR14i menurut kami berada pada track harga yang pas, namun sayang Xenom Siren SR14i belum mengadopsi fitur touchscreen yang mungkin bisa membuatnya lengkap menjadi sebuah gaming ultrabook.

promo Aorus X7 DT GTX 10

2 COMMENTS

Leave a Reply