Kali ini, pemmzchannel bermaksud memperkenalkan Poin-poin Penilaian kontes PC Modding yang digunakan dalam event CoolerMaster World Case Mod Series 2016. Tapi poin-poin ini juga umumnya di terapkan dalam sebuah kontes PC Modding, baik lokal maupun internasional. Mungkin saja, dengan kita mengenal standar poin penilaian, kita yang ingin mengikuti sebuah kontes Personal PC Modding. Dengan begitu kita punya guideline, hal-hal apa saja yang harus kita prioritaskan.

  1. Tingkat Kerumitan
  2. Desain
  3. Originalitas
  4. Tampilan Keseluruhan
  • Tingkat Kerumitan (complexity)

 

property of CoolerMaster World Casemod 2015

Tingkat kerumitan dalam sebuah modifikasi PC case merupakan hal yang pertama kali harus di pertimbangkan saat seorang modders menentukan tema atau konsep. Dengan mengukur tingkat kesulitan sebuah desain, setiap juri panel langsung dapat memberi tingakatan penilaian. Walaupun belum tentu desain yang sangat rumit otomatis mendapat nilai tinggi dari para juri. Bisa saja malah kebalikannya, sebab kerumitan tersebut menjadikan hasil akhir keluar dari atau bahkan menghilangkan fungsi-fungsi dasar sebuah PC. Desain yang malah menyulitkan si pengguna dalam mengoperasikan PC tersebut nantinya juga bisa menjadi batu sandungan dalam mendapat nilai positif dari juri panel untuk poin Complexity.

  • Desain

property of CoolerMaster World Casemod 2015

Para juri panel umumnya memiliki pandangan yang subjektif terkait desain. Sebuah desain bisa saja memukau seorang juri, namun dianggap biasa saja oleh juri lainnya. Seorang Modders yang berpengalaman, umumnya tidak mudah terbawa arus tren yang hanya akan mendapatkan perhatian sesaat. Untuk itu, guna membuat lebih banyak juri yang terkesan dengan desain PC Modding yang kita buat, poin ketiga yakni Originalitas, adalah salah satu senjata ampuh mendapatkan perhatian para juri.

  • Originalitas

property of CoolerMaster World Casemod 2015

Apa yang dimaksud dengan originalitas, pasti kalian sudah tahu. Tapi saat ini, perkembangan google sedemikian dahsyat. Bisa saja desain yang kita contoh dari sebuah kontes modifikasi yang kebetulan foto-fotonya di unggah ke internet, tidak tercium sebagai sebuah plagiatisme. Tapi, modders tidak akan mampu menajdi creator yang sesungguhnya. Karena itulah, poin ini sangat penting dan selalu di jadikan salah satu poin penilaian. Untuk itu, percaya dirilah dengan apa yang bisa kamu ciptakan. Jangan mudah menyerah hanya karena segelintir teman mencemooh hasil karyamu di awal waktu. Tidak ada yang tidak berbuah manis jika kita mau bekerja keras. Dan bukan hanya bisa mencontoh lalu memoles hasil karya orang lain, untuk kemudian di sosialisasikan sebagi desain sendiri.

  • Tampilan Keseluruhan

Poin ini akan menilai semua aspek dalam sebuah desain PC Modding. Mulai dari bahan, proses pembuatan, pemberian warna, hingga finishing. Maka, perhatikan secara seksama setiap detail dari modding yang kita lakukan. Jangan bertaruh juri tidak akan memperhatikan bagian tersembunyi. Sebaiknya, perbagus setiap sudut sekalipun area tersebut tersembunyi. Dengan begitu, juri akan jauh terkesan dengan detail yang kita lakukan inci demi inci.

Nah, sekarang anda sudah tahu beberapa kriteria poin-poin penilaian kontes PC Modding yang biasa di pakai dalam sebuah kontes PC Modding. Semoga bisa membantu menentukan konsep modding kamu demi mendapatkan perhatian yang lebih dari para juri panel. Kamu juga masih bisa mengikuti ajang CoolerMaster World Case Mod Series 2016 dan ikut berkompetisi dengan para modders dunia di event ini. Untuk melihat-lihat bagaimana para modders tersebut menciptakan hasil karya mereka lewat worklog yang di tampilkan, kamu bisa cek di sini.

Welcome to PC Modding Family.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply