Formasi Intel Core Coffee Lake Seri H Bocor ke Publik

CPU Intel Generasi ke-8

Intel Core Coffee Lake seri H memperlihatkan wujudnya, kendati masih dalam bentuk angka benchmark. Beberapa hari lalu Wfftech merilis sebuah kabar kemunculan Intel Core i9-8950HK, 8750H, dan 8850H yang merepresentasikan pembaharuan signifikan di ranah prosesor yang ditujukan untuk konsumen dalam arti seluas-luasnya.

Baca juga: Spek CPU Intel Ice Lake-U, Cannon Lake-Y, dan Coffee Lake-U Bocor ke Publik

Menurut situs Notebook Check, prosesor Intel Core i9-8950HK adalah model kelas atas di jajaran prosesor untuk laptop yang didesain berdasarkan arsitektur Coffee Lake. Prosesor tersebut diset angka base clock -nya di 2.9 – 4.8GHz (4.3 GHz dengan enam inti) dan bisa mengeksekusi dua belas threads secara bersamaan berkat fitur hyper threading. Diproses berdasarkan arsitektur 14nm++, Core i9-8950HK merupakan model paling cepat di antara seri Cofee-Lake H. Selain itu, nantinya multiplier-nya juga akan dibuka, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan overclocking CPU.

LG Gaming Monitor Campaign

Meski terlihat menjanjikan di atas kertas, namun angka yang muncul di benchmark Cinebench menunjukkan kemampuan prosesor tersebut yang masih jauh dari optimal. 8950-HK menunjukkan angka yang lebih rendah dibanding prosesor 8850-H. Dalam serangkaian pengujian awal, Intel Core i7-8750H menunjukkan hasil sebesar 1270, sementara 8850H sebesar 1288. Terakhir, Core i9-8950HK hanya menunjukkan hasil sebesar 1083.

Benchmark Intel Core i9-8950HK. Gambar dari Videocardz, diambil via WCCftech.

Meski belum begitu menjanjikan, karena masih tes awal, namun seri Intel Coffee Lake sebetulnya lebih ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan sebuah laptop untuk menangani tiga hal: overclocking, content creation, dan gaming. Jadi pada dasarnya jalan telah ditunjukkan untuk orang-orang yang merasa antusias dengan kekuatan sebuah prosesor sekaliber Coffee Lake H di ranah mobile computing. Dalam derajat tertentu, seri tersebut menawarkan performa top, baik untuk gamers maupun untuk para profesional di bidang multimedia dan grafis.

Dan ya, kita sudah melihat pandangan awal tentang kemampuan 8950HK, meski ia bukan indikasi final yang menunjukkan performa sesungguhnya dari seri prosesor tersebut. Pada akhirnya, Intel Core Coffee Lake Seri H menjanjikan, namun sebaiknya kita tetap menunggu sampai produk tersebut dijual di pasar dan kita bisa membelinya dengan bebas.