Spek CPU Intel Ice Lake-U, Cannon Lake-Y, dan Coffee Lake-U Bocor ke Publik

CPU Intel Generasi ke-8

Kita tahu bahwa Intel sudah merilis CPU Kaby Lake-U di kuartal keempat tahun lalu, dan sekarang kita tinggal menanti seri berikutnya dengan kode Ice Lake dan Cannon Lake, yang pada dasarnya merupakan prosesor dengan voltase rendah yang diproses 10nm. Spek Coffee Lake U i7-8559U, misalnya, kelihatannya mirip dengan CPU Kaby Lake-U, namun speknya akan ditingkatkan, menurut bocoran informasi sebagai yang dicatat oleh Notebook Check

CPU Intel generasi ke-8 yang diproses secara 14nm sudah dirilis di kuartal terakhir tahun lalu, dan meninggalkan impresi yang bagus di kalangan pengguna laptop. Tahun ini sebuah roadmap dibuka ke publik, di mana Intel terlihat sedang mempersiapkan transisi produk. Artinya, semua CPU yang diproduksi Intel nantinya akan dibuat berdasarkan pemrosesan 10nm. Tabel di bawah ini akan memperjelas kategori prosesor Intel Generasi ke-8.

Bagan prosesor Kaby Lake-U (kredit: Wfftech)

Dan kode yang disematkan untuk prosesor 10nm Intel adalah: Cannon Lake-Y serta Ice Lake-U, dengan kemungkinan tambahan di mana chipset Coffee Lake-U juga akan dibuat dengan sistem pemrosesan yang sama. Kalau mau dirinci, speknya bakal seperti ini:

  • CPU Ice Lake-U memiliki empat inti dan delapan thread, dan dipatok pada clock 2,4GHz. Angka TDP dan boost clocknya tidak diketahui, namun agaknya bakal diset di angka 15Watt. Lebih jauh lagi, Ice Lake-U akan mendukung penggunaan RAM DDR4, dan terintegrasi bareng dengan LP GPU generasi ke-11, yang membawa fitur 48 unit execution yang memperoleh clock sebesar 600MHz.
  • CPU Cannon Lake-Y mungkin akan memperoleh pengurangan dari segi daya. Ini dimungkinkan berkat pemrosesan 10nm, dengan konfigurasi dual-core dan empat thread, yang berjalan di clock 1,1GHz. CPU satu ini mendukung penggunaan RAM DDR4 dan iGPU generasi ke-10.
  • Bocoran yang beredar juga memperlihatkan spek core Coffee-Lake U dengan pemrosesan 14nm, dan model satu ini disebut i7-8559U. Ia memiliki empat inti dan delapan thread, dan sangat mirip speknya dengan prosesor Kaby Lake-U. Namun clock dasarnya lebih tinggi sebesar 2.7GHz (bandingkan dengan Kaby Lake-U i7-8650U yang dipatok di angka 1.9GHz). Sementara itu, Iris Plus Graphics 650 ditambahkan sebagai bagian dari iGPU, dengan base clock sebesar 300MHz dan boost clock sebesar 1.1GHz. Memori cache L4 diintegrasikan, dan disebut eDRAM 64MB. Untuk Coffee-Lake U, Intel mematok angka TDP sebesar 28 Watt.
LG Gaming Monitor Campaign

Semua chipset 10 nm yang akan diproduksi Intel nantinya akan menyertakan perbaikan kelemahan spectre/meltdown, dan diprediksi akan dirilis semester kedua 2018.

Intel Roadmap
Roadmap Intel (Kredit: Wfftech)

Lalu, ada Coffee Lake-U i5

Selain roadmap untuk prosesor Intel i7, ada juga kabar bahwa Intel akan memperkenalkan sebuah prosesor empat into Core i5 dengan dukungan SMT. Prosesor itu akan dikenal dengan nama Core i5-8269U dan akan dimasukkan ke dalam keluarga prosesor Coffee Lake generasi ke-8.

Speknya sangat mirip dengan Core i5 Kaby Lake-R generasi ke-8. Hanya saja dalam hal clock prosesor, keduanya berbeda. Intel Core i5-8269U dibuat dengan arsitektur 14nm++ dengan base clock sebesar 2.60GHz. Sementara itu seri U Intel Core i5 dihadirkan dengan base clock sebesar 1.7GHz.

Spek lain mirip dengan Core i5-U yang sekarang banyak dijual di pasaran, dan ini termasuk L3 Cache sebesar 6MB dan TDP yang dipatok pada angka 15 Watt. Kemungkinan besar, prosesor i5 itu akan menggunakan pengolah grafis Intel HD 620 series, meski belum ada kabar lebih lanjut lagi.