Bagaimana Memulai Hal Baru dengan Laptop Windows 10 Baru?

Laptop Windows 10 Baru

Ilustrasi laptop Windows 10 (kredit: Flickr)

Jawabannya mudah: kamu tinggal mengaguminya, menyalakannya, dan merasakan bagaimana lembutnya operasional OS Windows 10 di laptop barumu. Namun mengagumi laptop Windows 10 yang baru saja kamu beli pun tidak cukup.

Jadi, mungkin kamu baru saja membeli sebuah laptop atau ultrabook terbaru, di mana Windows 10 ditanamkan di dalamnya. Mungkin setelah menyalakannya dan masuk ke dalam sistem OS, kamu bertanya-tanya apa yang harus dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan Windows 10 di laptop saya.

LG Gaming Monitor Campaign

Jawabannya sederhana: mulailah mengatur akun Microsoft. Sebaiknya kamu tidak keberatan, karena akun Microsoft berperan sebagai semacam kunci untuk membuka segala hal baik di dalam Windows 10, sekaligus membuka pertemuan dengan layanan, alat, serta produk Microsoft lainnya.

Pengalaman pertama akan menyenangkan

Sekarang kamu mesti menyalakan laptop baru, dan menunggu sebentar sampai dia mengarahkanmu ke proses booting. Kemudian kamu bisa memutuskan warna Windows macam apa yang mesti ada di dalamnya. Jangan khawatir, kalau tidak suka kamu bisa mengganti warna dan tema kapanpun kamu mau.

Laptop barumu akan menyediakan opsi ‘Express settings’, di mana kamu akan diminta memasukkan lebih banyak detil mengenai akun Microsoft yang digunakan. Bila kamu sudah memiliki akun Microsoft, maka yang mesti dilakukan adalah memasukkan ID dan password. Bila tak punya, kamu mesti melakukan tap di bagian ‘Create a new account’. Kemudian kamu akan dibawa ke proses tertentu, di mana kamu mesti memasukkan detil personal seperti name, tanggal kelahiran, dan alamat email.

Setelah selesai dengan formulir detil personal, Microsoft akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor ponselmu. Setelahnya segala proses akan berjalan otomatis, termasuk proses restart otomatis. Sampai di sini, kamu hampir selesai mengatur laptop Windows 10 barumu.

Begitu laptopmu menyala kembali, setelah selesai dengan proses restart, pastikan bahwa Windows 10 yang terpasang sudah diperbarui dengan patch paling gres dan juga fitur keamanan terbaru dari Microsoft. Ini akan membantu laptop barumu untuk tetap sehat, aman, dan senang.

Satu akun untuk Semua

Pada dasarnya, akun Microsoft menjadi sistem pertahanan pertama laptopmu. Kata kunci yang kamu gunakan untuk akun tersebut menjadi sebuah alat yang memberi akses ke OS Windows 10, dan terutama sekali: akses ke dalam perangkat barumu.

Lalu bila kamu berminat, akun Microsoft juga bisa digunakan untuk mengeksplorasi sejumlah produk seperti Skype, Office 365, serta membeli musik, gim, film, dan aplikasi lainnya. Lebih jauh lagi, akun Microsoft juga bisa digunakan untuk mengakses foto, dokumen, dan video yang disimpan di One Drive milik Microsoft.

Mungkin tidak semua orang membutuhkan sinkronisasi data di Cloud, namun jelas di masa depan opsi sharing data di mana ia tidak hanya disimpan di drive internal laptop, melainkan juga disimpan di cloud service, justru jadi cara baru untuk melihat data yang tidak hanya bisa diakses melalui laptop, tapi juga lewat ponsel pintar, tablet, PC Desktop, dan lain sebagainya.

Singkat cerita, satu akun Microsoft membantumu mengakses segala macam data dalam waktu singkat. Kekurangannya hanya: kamu membutuhkan koneksi internet. Bila tidak, fitur sinkronisasi data lewat cloud service tidak akan bekerja sampai koneksi tersedia.

Laptop yang bisa Dilirik

Tahun ini prosesor Intel generasi ke-8 dirilis, lalu AMD juga bersiap memasuki persaingan dengan merilis AMD Ryzen generasi kedua.

Sebagai referensi singkat, kami punya beberapa produk laptop baru berbasis Windows 10 yang bisa kamu pilih sebagai teman baru: