Preview Asus Vivobook S14 S410UN – Ultrabook Terjangkau Dengan Spesifikasi Menggiurkan

Terjangkau karena ada yang harus anda terima terkait build quality produk ini. Menggiurkan sebab spesifikasi yang ditawarkan bener-bener kekinian banget. Dan berikut sedikit informasi yang bisa kami sampaikan saat pertama kali menggunakan Asus Vivobook S14 S410UN saat acara launching Asus Premium Store Taman Anggrek.

Desain, Material dan Handling

Mari bahas dahulu untuk kulit luarnya. Asus Vivobook S14 S410UN ini menggunakan konsep desain yang menyerupai Vivobook S15-S510UQ yang pernah kita review. Clamshell khas Asus yang meruncing kebagian depan, dengan dimensi slim layaknya sebuah Ultrabook. Overall, ia seperti memiliki konsep unibody seperti macbook air dengan bagian bottom cover dari single surface. Untuk pilihan warna, kebetulan belum bisa kami infokan detailnya. Tapi untuk unit yang kita hands-on ini, merupakan versi berwarna silver metalik gitu.

Asus Vivobook S14 S410 - Desain - LID CoverMenggunakan finishing brushed aluminum, berhasil membuat kesan jikalau Asus Vivobook S14 S410UN memiliki material yang kokoh dan elegan. Sekalipun sebenarnya, ia menggunakan material plastik dari LCD cover hingga bottom cover. Itu bagian LCD cover, tidak kami temukan flex yang berarti. Dan perlu diingat, S410UN juga menawarkan konsep nanoedge untuk frame LCD. Ini mengindikasikan, proses assembly yang sudah lebih mutakhir. Tekstur silky pada permukaan LCD cover terasa berkualitas, walau belum sepenuhnya bebas jejak fingerprint.

Asus Vivobook S14 S410 - Desain - DimensionSebab ia menawarkan konsep nanoedge yang membuat frame LCD jadi sangat tipis, dimensi panjang dan lebar S410UN yang hanya 326.4 x 225.5 mm ini nyaris menyerupai sebuah laptop 13.3-inch. Ditambah lagi, tebalnya yang tak sampai 19 mm dan bobot hanya 1,3 kg termasuk battery 42 Wh. Tentu, ini membuat nilai handlingnya sangat baik.

Spesifikasi dan Harga Asus Vivobook S14 S410UN

Asus Vivobook S14 S410 - Desain - Upper caseSpesifikasi ini yang membuat pemmzchannel benar-benar kepicut sama produk ini. bagaimana tidak, diluncurkan tak terlalu lama setelah Vivobook S15 yang masih menawarkan CPU Intel generasi ke-7 dan GPU Nvidia 940MX, S410UN ini langsung dilengkapi hardware 1 step lebih baru, baik CPU maupun GPU nya. Untuk CPU dia menawarkan opsi mulai dari i5-8250U berinti 4. Sedangkan untuk GPU, ia sudah menawarkan Nvidia Geforce MX150 yang tak tanggung-tanggung, telah ditempel VRAM sebesar 4GB. Ceeess.. banget gaes . . Untuk lengkapnya, spesifikasi dan harga Asus Vivobook S14 S410UN bisa kamu lihat pada foto berikut.

Asus Vivobook S14 S410 - SpesifikasiLayar, Workstation dan I/O Port

Asus Vivobook S14 S410 - Display QualityS410UN menawarkan panel 14-inch beresolusi 1080p berlapis Anti-Glare yang akan cukup membantu saat notebook ini digunakan di luar ruangan. Brightnessnya pun cukup tinggi walau belum didukung fitur Viewing Angle yang mewajibkan penggunanya selalu dalam posisi tegak lurus dengan layar untuk mendapatkan fokus terbaik. Selebihnya, tidak ada yang spesial dari panel Vivobook S410UN ini. Oia, btw ia masih menggunakan panel dengan teknologi TN. Di atas panel LCD, terdapat webcam beresolusi VGA yang masih cukuplah sebagai bekal video chat via Skype. Disebelah Webcam, terdapat mic yang disetup dual-array untuk membuatnya lebih fokus dan meredam noise di sekitar pengguna.

Asus Vivobook S14 S410 - Workstation - KeyboardAsus Vivobook S14 S410 - Desain - Side ViewTurun ke workstation, kita bisa lihat konsep yang sama dengan S510. Keyboard full size yang mengintegrasikan semua fungsi dan shortcut. Untuk dimensi S410UN ini sih pemmzchannel masih maklum jikalau ia tak membekal satupun dedicated button. Wong dimensi papan keyboardnya saja sudah menghabiskan 50% lebih area workstation. Nah, satu hal yang juga jadi kelebihan S410UN dibanding S510UQ selain spesifikasi adalah, Keyboardnya sudah dibekali backlit. Cakeeppp..

Asus Vivobook S14 S410 - Workstation - TouchpadNah, untuk touchpad, sayangnya secara build quality, agak ringkih. Selama dioperasikan sih tak terlalu masalah sekalipun terkadang responsifitasnya belum memenuhi standar kami. Untungnya, ia sudah mendukung Windows Precission Driver untuk pengalaman multi-gesture yang lebih advance.

Asus Vivobook S14 S410 - IO Port - RightBeralih ke I/O Port, jenis jenis dan jumlahnya sama persis dengan yang ditawarkan Vivobook S510UQ. Hanya saja penataannya yang sedikit berbeda. Di sebelah kanan anda bisa temukan dua buah port USB 2.0 dan SD Card Reader. Juga terdapat dua led indikator yakni indikator charging, dan indikator power yang juga sekaligus berfungsi sebagai indikator HDD activity.

Asus Vivobook S14 S410 - IO Port - LeftBerpindah kesebelah kiri, paling atas ada charging port, sebuah USB type 3.0, full size HDMI yang kita belum tahu ini versi berapa, sebuah USB type-C 3.1 yang kita yakini masih generasi 1 juga seperti kakaknya, S510UQ dan sebuah combo audio port. Mengingat dimensi yang cukup terbatas, nampaknya jarak antar port sudah maksimal disini.

Upgrade Option, Battery dan Power Adaptor

Asus Vivobook S14 S410 - Workstation - ExperienceKami memang belum melihat bagian dalam dari Asus Vivobook S14 S410UN ini. Tapi kami sangat yakin, untuk tawaran upgrade option-nya mirip mirip dengan S510UQ. Terutama untuk opsi storage yang menawarkan sebuah port SATA 2,5-inch 7mm dan sebuah slot m.2 slot yang bisa di tancapkan SSD hingga kapasitas 512GB. Sayangnya, hanya mendukung SATA. Sedangkan untuk RAM, seharusnya ia juga menawarkan 2 slot RAM, karena menurut web resmi, ia bisa di upgrade hingga 16GB. Tapi, tak menutup kemungkinan juga untuk RAM 8GB bawaannya, sudah tertanam mati alias onboard. Doakan kita cepat dapat unitnya, biar bisa lebih kita pastikan.

Asus Vivobook S14 S410 - Desain - Ultraslim dimensionPastinya ia harus menggunakan battery jenis lithium polymer untuk menyesuaikan dimensi. Untuk kapasitasnya sendiri, menurut pemmzchannel sudah cukup maksimal yakni 42 Wh. Sedangkan untuk Adaptor, menggunakan adapator 65 Watt jenis direct plug-in yang serupa dengan kebanyakan laptop multimedia Asus.

Kesimpulan

Asus Vivobook S14 S410 - Workstation - Web camMungkin jika melihat dari spesifikasi, harga yang ditawarkan tidak menggembirakan semua orang. Anda bisa dapatkan spesifikasi hampir mirip pada Acer Aspire E5-476G dengan beda harga yang cukup signifikan. Tapi, jika anda bandingkan dengan Acer Swift 3 yang sama-sama kelas ultrabook, maka Asus Vivobook S14 S410UN ini jadi terlihat worth it.

Asus Vivobook S14 S410 - Desain - ConclusionTerkait material yang masih didominasi plastik, agaknya akan sulit diterima oleh sekelompok profesional yang terbiasa dengan brand asal negeri paman Sam. Tapi Pemmzchannel yakin, untuk yang mencari win-win solution, antara desain, handling dan performa, sudah untuk tidak memasukan Asus Vivobook S14 S410UN ini dalam comparison list. Sebab unit ini agak susah di pasaran, untuk yang tertarik, nampaknya perlu sedikit waktu buat PEMMZ untuk menyiapkan unitnya. Tapi kami tetap bisa kasih tawaran menarik kok. Contact langsung aja ke no 081210802845 untuk info lebih lanjut.

 

loading...

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan