Preview Monitor Gaming Omen: Garang yang Tampak Superior

Monitor Gaming Omen

Kalau Acer punya lini Predator, dan ASUS punya Republic of Gamers (ROG), maka HP punya Omen. Nama ini mengacu pada merk di mana HP meletakkan ambisi untuk memberi segalanya bagi pasar gaming, termasuk yang akan kita lihat di sini: monitor gaming Omen.

Setidaknya ada dua opsi pilihan terkait dengan monitor gaming Omen. Yang pertama dengan layar 25-inch, dan yang kedua dengan layar 27-inch. Mungkin kamu semua masih ingat beberapa bahasan beberapa waktu lalu, di mana kami memberi sebuah tips bagus: kalau ingin membeli monitor gaming (atau monitor non-gaming) resolusi QHD, maka pilihlah satu dengan bentang layar 27-inch atau lebih kecil.

Baca juga: Hal-hal ini perlu diperhatikan sebelum membeli monitor

Sekilas pandang, kedua monitor yang dipisahkan oleh ukuran bentang layar itu tidak jauh berbeda. Hanya saja model 25-inch hanya mengusung layar resolusi 1080p; sementara saudara kembarnya mengusung resolusi Quad HD. Jadi kalau kamu menginginkan sebuah monitor desktop yang sanggup menampilkan detil yang lebih kaya, 27-inch adalah yang paling masuk akal.

Nah, monitor gaming Omen memenuhi syarat minimum antara perbandingan sehat antara resolusi dengan bentang layar.

Spesifikasi

  • 27-inch QHD (2560 x 1440 @ 165 Hz)
  • 1000:1 static; 10000000:1 dynamic
  • 350 cd/m²
  • 0.233 mm
  • 1 ms gray to gray
  • 1 HDMI; 1 DisplayPort™ 1.2
  • Tilt: -5 to +23°
  • 24.16 x 10.73 x 21.07 in (with stand); 24.16 x 7.51 x 14.71 in (without stand)
  • 14.29 lb (with stand); 9.57 lb (without stand)

*disclaimer: spesifikasi di atas seperti tercantum di toko Pemmz. Kami tidak menjamin spek di atas sama seperti yang dijual di toko lain.

Desain

Dilihat dari depan, monitor gaming Omen terlihat garang dan elegan. Warna hitam yang menutupi setiap inch tubuhnya membuatnya tampak nongol sebagai perangkat monitor yang sanggup membut Anda betah lama-lama duduk menatapnya (sembari bermain gim favorit) tanpa mengalami kelelahan mata.

Merk “Omen” ditandai dengan jelas di bagian tengah bawah monitor, dan agaknya memberi sebuah pernyataan keras kepada siapapun yang melirik tubuhnya. Dengan kata lain, monitor gaming Omen seakan ingin memberi ketegasan tentang superioritas dirinya di tengah monitor lain.

Hanya saja, meski garang, monitor satu ini belumlah terlihat paling ekskusif. Bezelnya (tepi luar yang membatasi bidang dalam dan bidang luar monitor) masih jelas terlihat, dan mungkin mengurangi citarasa elegan yang ditawarkan HP. Artinya begini: kalau kamu terbiasa dengan tipe layar bezel-less, apa yang ditawarkan oleh Omen barangkali kurang indah. Akan tetapi tentu saja kamu tidak boleh membiarkan antusiasme terpatahkan oleh soal tebalnya bezel monitor.

Kualitas dan Performa

Kualitas monitor Omen setidaknya terlihat pertama-tama dari rasio kontras, di mana HP mematok angka 1000:1 pada kondisi statis dan 10000:1 pada kondisi dinamis. Angka kontras statis yang dirujuk sebetulnya sudah menandai kualitas Omen, di mana performa kontrasnya mumpuni. Angka tersebut akan bertambah seiring dengan bagaimana monitor tersebut digunakan.

Refresh rate sebesar 165Hz juga menunjukkan aspek lain yang membuat performa Omen memiliki nilai tinggi. Kemudian response time sebesar 1ms lebih menjanjikan ketimbang pesaing terdekatnya, Acer Predator X34 (walaupun yang satu ini memiliki bentang layar yang lebih lebar dan segi estetis yang membuatnya tampak lebih keren.)

Sayangnya resolusi QHD yang diusung belumlah sampai di taraf 4K. Sebagai kompensasi, monitor ini tampil dengan tingkat brightness sebesar 350 cd/m², yang berarti jauh lebih tinggi dibandingkan angka standar kecerahan sebuah monitor. Dengan angka sebesar itu, mata Anda tidak akan cepat kelalahan ketika mesti menatapnya berjam-jam.

Lalu ada sebuah fitur yang agaknya jarang dipikirkan oleh vendor lain: keberadaan colokan headphone di bagian kanan monitor. Posisi colokan di bagian tersebut sangat membantu, sebab orang kini tidak perlu repot-repot menancapkan kabel headphone di colokan audio PC.

Ambient lighting menjadi sebuah fitur menarik yang ditawarkan Omen, di mana penggun abisa memiliki antara Task Light (white), Screen Glow, warna Static atau warna Random. Fitur ini sangat berguna karena menambah opsi kostum yang bisa dilakukan oleh pengguna. Oh ya, panil TN yang dipakai di monitor gaming Omen, menurut HP, juga bisa dioverclock. Di toko Pemmz, kami menyediakan Monitor Gaming Omen yang dijual seharga Rp 9,990,000.

Reproduksi warnanya fantastis. Lagipula, nilai rasio kontrasnya yang besar juga menjamin kenaikan pengalaman paling yahud ketika memainkan gim tertentu.

loading...

Tinggalkan Balasan