Hal-hal ini Perlu Diperhatikan ketika Membeli Monitor Komputer

Monitor baru

*Gambar hanya untuk kepentingan ilustrasi

Normalnya orang biasa tidak begitu memperhatikan konfigurasi monitor, maupun spesifikasi yang tertulis di kardus monitor. Ini kerap terjadi ketika seseorang membeli monitor komputer baru untuk menemani dekstop PC. Kecuali mata yang terbiasa dengan dan tahu bagaimana kualitas sebuah monitor begitu menatap sajian kontennya, rasanya kebanyakan orang cenderung menerima spesifikasi monitor apa adanya.

Meski begitu, setiap orang harus sadar bahwa monitor terbaik bukan hanya soal tampilan gambar yang sanggup menyajikan setiap detil objek yang tertangkap layar, melainkan juga soal penggunanya. Monitor yang tidak membuat mata lelah walau ditatap selama berjam-jam, atau monitor dengan rasio kontras yang menghasilkan warna tajam, tentunya lebih disukai – dan yang terpenting: lebih sehat bagi organ mata.

Lalu, apa saja hal-hal yang mestinya diperhatikan setiap orang yang ingin membeli monitor baru.

4 Nilai Utama Monitor Terbaik

  • Input lag

Nilai yang satu ini menjadi penting bagi seorang gamers, dan biasanya mengacu pada perbedaan waktu antara aksi yang ditampilkan di layar monitor dan momen ketika pengguna menggerakkan mousenya. Biasanya nilai macam ini berlaku untuk orang yang gemar memainkan game tipe first person shooters.

  • Rasio kontras

Nilai ini mengacu pada perbedaan antara area terang dan gelap di sebuah monitor, dan biasanya diekspresikan melalui rasio kontras. Monitor dengan rasio kontras 1000:1 biasanya merupakan monitor terbaik. Lebih besar angkanya, lebih baik performa kontrasnya. Monitor dengan rasio kontras kurang dari atau sama dengan 800:1 biasanya kurang baik, atau setidaknya standar dalam pemahaman awam.

  • Black level

Sekarang jamannya konten video HD, dan nilai black level menjadi penting bagi kebanyakan monitor. Nilai ini mengacu pada seberapa ‘hitam’ tampilan objek di atas monitor. Normalnya angka black level sebesar 0.5 sudah terasa cukup. Semakin kecil angkanya, maka semakin baik kualitas black monitor tersebut.

  • Tingkat kecerahan

Pada umumnya tingkat kecerahan (brightness) disetting sekitar 300 nits atau lebih. Namun akan lebih baik bagimu untuk mencari sebuah monitor dengan tingkat kecerahan kurang dari 300 nits, sebab kisaran angka tersebut takkan membuat matamu cepat lelah.

Apakah resolusi monitor penting?

Jawabannya adalah “ya”. Resolusi monitor mengacu pada seberapa banyak jumlah piksel yang dihadirkan di atas layar monitor. Singkat cerita, semakin besar resolusinya, maka semakin tajam objek yang tampil di atas layar. Resolusi yang lebih besar juga berarti bahwa kamu bisa menempatkan lebih banyak objek di atas layar tunggal.

Hanya saja kamu mesti ingat bahwa semakin besar layar komputer, maka ketajaman objek bakal semakin berkurang. Jadi akan lebih baik bila kamu membeli sebuah monitor resolusi tinggi yang berukuran 27-inch atau di atasnya.

Paling tidak kami punya rumusan:

  • Untuk resolusi Full HD 1920×1080, lebih baik bila kamu membeli monitor 24-inch atau lebih kecil.
  • Untuk resolusi Quad HD 2560×1440, akan lebih baik bila kamu membeli monitor 27-inch atau lebih kecil.
  • Untuk resolusi 4K/Ultra HD 3840×2160, akan lebih baik bila kamu membeli monitor 27-inch atau lebih besar.

Rekomendasi?

Tentu kami punya beberapa gacoan yang menurut kami bagus untuk sebuah monitor komputer.

  • Dell U2417H (24-inch)

Dell melabeli jagoannya satu ini dengan InfinityEdge. Dengan rasio kontras 1000:1, tingkat kecerahan 250 cd/m², serta waktu respon 6 milidetik, Dell U2417H juga hadir dengan desain yang oke. Monitor widescreen 16:9 dengan resolusi Full HD ini menjadi pilihan terbaik bila kamu menyasar monitor kelas menengah. Harganya? Sekitar 4 jutaan rupiah.

  • Acer Predator X34 (34-inch)

Kalau berbicara tentang monitor gaming, rasanya Acer Predator menjadi sebuah produk gemilang yang bisa kami tawarkan. Waktu respon 4 milidetik, rasio 100,000,000:1, serta tingkat kecerahan sebesar 300 nits rasanya sudah lebih dari cukup. Apalagi resolusi 3440 x 1440 lebih dari cukup untuk memainkan game-game kesayangan. Desain kurva dan speaker yang terintegrasi dengan monitor Acer Predator X34 menjadi bonus yang layak.

  • Samsung C27F390FHE (27-inch)

Kalau kamu tergila-gila dengan monitor kurva untuk memenuhi kebutuhan multimedia ringan, yang satu ini rasanya cocok. Resolusi Full HD, rasio kontras sebesar 3000:1, waktu response 4 GTG, serta tingkat kecerahan sebesar 250cd/m2 rasanya cocok untuk penggunaan office yang tidak menuntut sumber daya terlalu banyak. Harganya? Sekitar 3 jutaan.

loading...

Tinggalkan Balasan