Review ECS Liva XE Indonesia

Sebelum mulai mereview produk mini-PC ini, pemmzchannel menyempatkan mencari informasi di web resmi ECS. Agak disayangkan, menurut kita, info produk ECS LIVA XE ini, terutama informasi feature agak minim, atau memang minim?. Jadilah, kita membuat review ini lebih ke arah mencari peningkatan performa ECS LIVA XE ini dengan versi terdahulunya yang juga pernah kita review.

Overview

ECS yang pemmzchannel tahu, cukup konsisten mengembangkan produk Mini-PC LIVA series. Kenapa cukup saja penilaian dari kami, karena seri ECS LIVA XE yang kita review kali ini tak seluruhnya inovasi baru. Seperti yang anda bisa lihat di video review LIVA X edisi pertama, ECS LIVA XE ini menggunakan desain dan dimensi chassis nan identik. Entah karena pertimbangan seri pertama sempat best seller atau ada alasan lain. Menurut pemmzchannel, desain chassis yang di tawarkan masih jauh dari kesan “impresif”.

Tapi, bagian dalam ECS LIVA XE ini mengalami upgrade yang lebih kekinian. Terutama bagian processor (SoC) dan Storage upgrade option. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak spesifikasi detailnya berikut.

Spesifikasi dan harga ECS Liva XE

Platform Intel® Braswell N3050 SOC
Expansion Slot 1 x M.2 for SSD (SATA)
Memory DDR3L 2GB
Storage eMMC 64GB
Audio 1 x Combo Jack
LAN 1 x Gigabit LAN
USB 3 x USB3.1 Gen1 Ports
Video Output 1 x HDMI Port
1 x VGA Port
Wireless Intel® WiFi 802.11ac & Bluetooth 4.2
Dimension 135 x 83 x 40 mm
VESA Supports 75mm / 100mm
Adapter Input: AC 100-240V,Output: DC 12V / 3A
OS Support Windows 10 64bit
*Recommends to install Windows, ECS does not provide other OS installation technical support.
Accessory 1 x Power adapter
1 x VESA Bracket
6 x VESA Mount Screws
Quick Guide & Driver DVD

 

Kita bahas dahulu dari seri SoC yang digunakan pada LIVA XE. Jika di banding pendahulunya yang masih menggunakan Intel Celeron N2808, secara general ada beberapa peningkatan. Namun tak semuanya dimaksimalkan dalam ECS LIVA XE ini. yang paling utama. Pertama, dukungan memori utama hingga kapasitas 8GB pc 1600MHz. Sayangnya, ia hanya menawarkan onboard RAM, dengan pilihan maksimal 4GB pc 1600MHz. Dari sisi efisiensi daya, Intel Celeron N3050 sudah menggunakan fabrikasi 14nm. Konsumsi daya mungkin sedikit lebih tinggi dari N2808, tapi performance per watt-nya naik signifikan. Lalu L2 cache-nya juga naik dua kali lipat menjadi 2MB atau 1MB per-core dari sebelumnya hanya 1MB atau 0.5MB per core. Ini tentu membuatnya lebih gegas dalam bekerja.

Baca juga : Review ECS Liva One – Tampilan Mini PC, Tenaga Desktop PC

Dari sisi onboard GPU, clock GPU sedikit meningkat. Tapi dipastikan, tak terlalu memberi perbedaan performa yang signifikan. Sejatinya, Intel Celeron N3050 ini sudah mendukung multi display hingga 3 output sekaligus. Namun, pada ECS LIVA XE, belum di maksimalkan sebab ia hanya menawarkan 1 buah D-Sub dan 1 buah HDMI.

Untuk Performa, menggunakan PCMark 7, kita mendapatkan peningkatan performa komputasi secara keseluruhan sekitar 17% di banding Liva X pendahulunya. Walau konsumsi daya tidak lebih rendah dari Liva X, namun berkat fabrikasi 14nm, efisiensi nya pun meningkat. Ini membuat daya yang tak terpakai dan biasanya terbuang menjadi panas, semakin berkurang. Otomatis, performa SoC bisa tetap stabil walau tidak ada peningkatan kualitas atau design di sisi pendingin yang menganut system passive.

Upgrade Option, Port & Konektifitas

Seperti sudah di singgung sebelumnya, opsi ekspansi storage pada ECS LIVA XE berubah menggunakan interface M.2 slot. Pastinya belum mendukung SSD jenis PCIe x4, tapi minimal, anda bisa menambah sebuah SSD SATA hingga kapasitas 512GB yang performa baca tulisnya jauh di atas internal NAND 64GB yang tertanam dari pabrik.

Nah dari sisi port yang tersedia, sepintas tidak ada yang berubah. Tapi setelah diperhatikan dengan seksama, semua port USB yang ada di bagian muka sudah diupgrade ke versi USB 3.1 gen 1 (type A). Dimana salah satunya sudah mendukung sleep charge. Untuk konektifitas, juga mendapat peningkatan dari yang sebelumnya hanya menawarkan wifi adapter berstandar 802.11 b/g/n buatan Realtek, pada LIVA XE sudah menawarkan WiFi adapter 802.11 ac plus Bluetooth 4.2 lewat chip buatan Intel.

Bebas Pilih Sistem Operasi

Untuk ECS LIVA XE ini, dari sisi fleksibilitas sistem operasinya masih bisa di maksimalkan lagi. Karena itu, kamu bisa memesan Liva XE ini ke Pemmz dengan beberapa pilihan sistem operasi. Windows yang disarankan memang hanya Windows 10. Sedangkan untuk Linux, bebas. Atau jika kamu tertarik menggunakan Andorid, kita bisa instalkan Remix OS dalam bundling penjualan. Ingat, hanya di Pemmz.com ya

Kesimpulan

Lalu, untuk pengguna computer dengan kebutuhan seperti apa sebenarnya ECS LIVA XE ini? Melihat dari kelebihannya di sisi konsumsi daya, dimensi yang ekstra compact, dan system operasi Android yang sudah cukup bisa di andalkan untuk menjalankan beragam format video, ECS LIVA XE ini bisa menjadi alternative PC Desktop untuk keperluan perkantoran, P.O.S CPU, hingga alternative Smart home PC di ruang tamu.

ECS LIVA XE adalah solusi mini-PC untuk anda yang punya concern akan konsumsi daya, keterbatasan tempat dan kemungkinan seringnya berpindah ruang kerja.

promo-pemmz

Leave a Reply