Apa yang Seharusnya ada di Benak Desainer Grafis ketika Memilih Komputer/Laptop

panduan untuk desainer

Teknologi komputasi berkembang sedemikian pesat, sampai-sampai kepala kita dijejali oleh berbagai macam pilihan yang terkadang membuat pening. Dan sama seperti gamers, desainer grafis pun membutuhkan pilihan komputer/laptop yang oke.

Tapi pertanyaannya, dari mana seorang desainer grafis menemukan pilihan yang oke terkait dengan komputer/laptop yang sanggup menunjang kerjanya sebagai seorang desainer? Jawabannya adalah memulainya dari diri sendiri.

Bila kamu memang sungguh-sungguh berniat menjadi seorang desainer grafis profesional, yang mesti dilakukan pertama-tama adalah meningkatkan kemampuan komputer/laptop. Dengan kata lain, segera lakukan upgrade pada komputer/laptop dan pilihlah produk yang mampu menunjang kerja sehari-hari sebagai desainer grafis.

Lalu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu ingin melakukan upgrade untuk komputer/laptop yang dikhususkan untuk desainer grafis.

#1 Soal portabilitas

Apakah kamu adalah tipe desainer grafis yang bekerja di rumah, atau seringkali mondar-mandir kesana kemari untuk bertemu klien, kemudian bekerja menggarap proyek di sebuah cafe? Yang perlu dipertimbangkan di sini adalah portabilitas perangkat komputasi yang dimiliki. Bila kerap bekerja di rumah, maka komputer atau PC Desktop harus menjadi pilihan utama. Namun bila kamu adalah tipe yang aktif bergerak di luar rumah, maka laptop sebaiknya menjadi pilihan utama.

Pendek kata, kamu sendiri yang tahu kondisimu. Karenanya pilihan harus dimulai dari sisi portabilitas perangkat. Dari sini kamu bisa beranjak ke pilihan hardware yang mesti dipertimbangkan.

#2 CPU yang mesti dipilih

Kebanyakan software yang diciptakan khusus untuk pekerjaan desain (katakanlah jenis seperti Adobe InDesign, Photoshop, Illustrator, dan lain sebagainya) memang bakal memakan banyak sumber daya prosessor. Pasar menyediakan lebih banyak pilihan CPU untuk desainer grafis. Dari jajaran prosessor Intel, misalnya, generasi Kaby Lake menyediakan platform prosessor 14nm yang cocok untuk meng-handle pekerjaan berat. Pilihlah prosessor Intel core i5 (bila kamu sering melakukan pengolahan grafis tingkat menengah) atau Intel core i7 (bila kamu sering melakukan pengolahan grafis yang lebih berat).

Di jajaran CPU AMD, Ryzen hadir sebagai kuda hitam yang bakal memberikan lebih banyak pilihan komputasi untuk meng-handle task-task berat. AMD Ryzen 7 cocok sebagai pilihan, sementara untuk kelas menengah ada Ryzen 5 yang rasanya sudah cukup untukmu. Baik Ryzen 5 maupun 7 dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan prosessor Intel Core i5 maupun i7.

#3 Memilih RAM

Seberapa besar kapasitas RAM yang mesti dipilih oleh desainer grafis? Desainer grafis membutuhkan perangkat komputasi dengan RAM yang besar. Artinya semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak proses pengolahan grafis yang bisa ditangani. Seorang desainer grafis membutuhkan RAM dengan kapasitas minimum sebesar 8GB. Belilah lebih banyak keping RAM bila kondisi memungkinkan.

#4 Memilih kartu grafis

Di sinilah letak perbedaan antara komputer/laptop pilihan gamers dan perangkat pilihan desainer grafis: seorang desainer grafis tidak selalu membutuhkan VGA card kelas atas. Kecuali pekerjaan desainer grafis berhubungan dengan modelling atau rendering, maka pilihan VGA haruslah yang memang didesain untuk kepentingan tersebut. Kami merekomendasikan Radeon R7 360 sebagai pilihan. Bila tidak, ada alternatif lain dalam bentuk Radeon HD 7750.

#5 Memilih monitor

Untuk pilihan monitor, pastikan bahwa monitor yang dipilih adalah satu perangkat yang memiliki resolusi native setidaknya 1280×800 piksel. Semakin besar resolusinya, maka semakin baik, meski pada dasarnya kamu tidak memerlukan monitor 4K untuk melakukan pekerjaan desainer grafis (kecuali kamu akan mengerjakan modeling atau rendering).

monitor untuk desainPilihlah monitor dengan panil IPS Display, sebab akan membantumu mengerjakan rangkaian task dengan lebih baik. Lalu, sebaiknya pertimbangkan pilihan monitor mininum 15-inch (untuk kamu yang memilih laptop) dan/atau 22-inch (untuk yang memilih PC Desktop). Semakin besar ukuran layar, maka akan semakin baik untuk kamu.

pemmz-gr8est

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan