Review New Alienware 15 2016 – Kembali Tampilkan Aura sang Makhluk Asing Sejati

1

New Alienware 15 hadir dengan desain barebone yang benar-benar baru. Lebih keren tanpa meninggalkan ciri khas Alienware yang sudah mereka bangun bertahun tahun silam. Versi 2016 ini hadir kembali dengan design yang lebih squere dan mengurangi sisi rounded yang hadir pada versi 2013 hingga 2015. Ini di pastikan akan langsung di terima oleh para fans mereka sebab ide ini juga datang dari kebanyakan mereka.

New Alienware 15 – Design, Build Quality dan Handling

Tak hanya berubah dari sisi lekuk barebone, sisi-sisi yang bisa mempercantik tampang si pelopor laptop gaming dunia ini juga banyak yang hadir lebih futuristik. Ibarat sebuah metamorfosa, jajaran New Alienware re-born dengan banyak perubahan. Paling menonjol ada pada desainnya yang kembali kotak banget tapi tegas serta tambahan garis lightning di side panel atas dan bawah yang sebelumnya hadir di cover LCD saja. Dell nampaknya juga concern akan cooling system pada jajaran laptop gaming mereka. Karena itulah, New Alienware 2016 series termasuk yang kita preview kali ini, mendapat tambahan sepasang lubang exhaust di sisi kiri dan kanan.

Walau desain berubah lebih squere, konsep engsel LCD tetap serupa seri 2013. Begitupun dimensi bingkai LCD yang menurut Pemmzchannel kok makin tebel ajee. Dengan panjang 389mm, lebar 305mm dan ketebalan 25.4mm, laptop seberat 3.5KG ini memang tidak menawarkan handling yang baik. Tapi FYI, ia menawarkan battery berdaya 99Whr yang mampu menemani kamu hingga 11 jam untuk komputasi reguler, bukan gaming ya. Kapasitas battery sebesar itu mungkin yang paling besar saat ini untuk sebuah laptop 15-inch.

Workstation

Bisa di pastikan, secara fisik tak ada perubahan signifikan pada area workstation New Alienware 15 ini dengan versi 2013. Design keyboard serta touchpad, termasuk dimensi Tuts dan travel key yang di tawarkan, masih serupa, yakni 2.2mm. Tapi ada yang baru pada fitur Keyboard, yakni fitur Alien-TactX yang kali ini menawarkan n-Key rollover yang akan meminimalisir sistem salah merespon karena adanya dua atau lebih tombol keyboard yang tertekan berbarengan. Juga untuk macro key, versi terbaru bisa menampung hingga 108 shortcut yang kamu inginkan. Dari sisi lightning, ada beberapa mode baru yang belum tersedia pada Alineware 2013 series.

New Alienware 15 – Spesifikasi dan Fitur

Display: 15.6 inch UHD (available on FHD)
Processor: Intel® Core™ i7-6700HQ (Quad-Core, 6MB Cache, up to 3.5GHz w/ Turbo Boost)
Memory: 16GB DDR4 at 2133MHz (2x8GB)
Hard Drive
: 256GB PCIe SSD
Graphics: NVIDIA® GeForce® GTX 1060 with 6GB GDDR5 
Optical Drive : No ODD
Operating System: Windows 10 Home 64bit English
Camera: Alienware HD+IR presence detection camera. Windows Hello technology
Networking: Killer 1435 802.11ac 2×2 WiFi and Bluetooth 4.1
Audio: Alienware Sound Center and Audio Recon software
2.0 Speaker configuration
7.1 Digital Audio out using HDMI out connection
Battery: Lithium Ion (99 Wh) Battery
Power Adapter: Output: 240W
Input: 100-240 V AC, 50/60 Hz universal

Slots/Interface:
1x Power/DC-in Jack
1x RJ-45 Killer Networks e2400 Gigabit Ethernet Port
1x Type-A SuperSpeed USB 3.0 Port
1x Type-A SuperSpeed USB 3.0 Port with PowerShare technology
1x Type-C SuperSpeed USB 3.0 Port
1x Thunderbolt™ 3 Port (USB Type-C™ with support for SuperSpeed USB 10Gbps, 40Gbps Thunderbolt, and DisplayPort)
1x Alienware Graphics Amplifier Port
1x HDMI 2.0 Output
1x Mini-Display Port 1.2 (certified) Output
1x Audio Out 1/8″ Ports (Compatible with inline mic headset)
1x Headphone 1/8″ Port (retaskable for Microphone/Line-In analog audio input)
1x Noble Lock port (cable and lock sold separately)
System Dimensions: Height: 1 inch (25.4mm) | Width: 15.3 inches (389mm) | Depth: 12 inches (305mm)
Weight: 7.69 lbs (3.49 kg)
Warranty: 1 Year Distributor Warranty
Bonus: Backpack + Mouse

Harga dan ketersedian : www.pemmz.com

Memang, Alienware selalu sedikit terlambat mengadopsi hardware baru ke dalam jajaran laptop gaming mereka. Tapi seperti yang juga pemmzchannel infokan berulang-ulang, tujuannya untuk mendapatkan produk masal yang benar-benar minim bug. Terbukti dengan kuantitas RMA unit Alienware yang selalu paling rendah di banding banyak merk Taiwan. Termasuk untuk unit yang kita review kali ini. Ia masih menawarkan CPU Intel generasi ke-6 Skylake saat beberapa vendor sudah menawarkan Kabylake. Tapi untuk GPU, ia sudah menggunakan Nvidia Geforce GTX 1060 6GB GDDR 5 berbasis Pascal, yang merupakan salah satu GPU chip kelas mainstream terbaru saat ini.

Di sisi RAM, unit yang kita review kali ini menggunakan 16GB DDR4 pc 2400MHz. Masih bisa dibuat maksimal tentunya dengan mengganti ke dua keping 16GB. Untuk storage, sebenarnya laptop ini menawarkan cukup banyak upgrade option. Terdapat 2 buah M.2 slot, salah satunya berukuran 2242, dan 1 buah 2.5-inch SATA. Untuk unit review kali ini, hanya menawarkan SSD PCIe berkapasitas 256GB buatan Toshiba. Total, anda bisa mendapatkan kapasitas storage hingga 5TB dengan kombinasi 3 interface tadi.

Walau tak semuanya baru, New Alienware 15 2016 Edition ini membawa beberapa fitur unik yang khas dengan imagenya sebagai laptop gaming premium. Yang terbaru dan paling unik menurut pemmzchannel adalah dedicated Tobii Eyetracking module-nya. Dengan Module serupa module kamera ini, kita bisa mengganti kontrol manual yang biasanya menggunakan joystick atau mouse dan keyboard, hanya dengan pergerakan bola mata. Tak hanya untuk keperluan gaming, Tobii Eyetracking juga menjadikan New Alienware ini seolah memiliki asisten yang lebih humanis. Salah satunya, ia bisa di jadikan triger untuk mengontrol keberadaan penggunanya. Saat penggunanya menjauhi laptop, ia akan menginstruksikan system untuk merubah skema power management ke mode hemat daya.

Dalam Command Center terbaru, bisa kita temukan 4 sub-command control yakni Alien-FX untuk kustomisasi backlit keyboard, Alien-TactX untuk mengkustomisasi 5 tombol macro dedicatednya, lalu ada Alien-Fusion untuk management power, dan terakhir, ada Alien-Adrenaline sebagai dashboard untuk memonitor keadaan system. Khusus Alien-Adrenaline, jauh lebih advance dari yang ditawarkan Windows karena mampu menampilkan status komponen aktif, mulai dari persentasi beban hingga suhu tiap-tiap core.

Sound System

New Alienware 15 2016 dibekali speaker dengan konfigurasi 2.0. Menurut web resminya, dua speaker ini di support oleh speaker box dengan dimensi yang lebih besar agar lebih menghasilkan reproduksi suara yang lebih baik. Selain itu, disertakan Alienware Sound Center and Audio Recon software sebagai audio enhancement. FYI, interface sound enhancer yang di pakai New Alienware 15 2016 ini serupa dengan interface Nahimic yang digunakan MSI. Tapi, sudah benar-benar dihilangkan branding Nahimic nya. Lebih kuat kayaknya ni budget si Dell. He..he..he..

Port & Konektifitas

Untuk sebuah laptop gaming 15-inch, New Alienware 2016 punya segala port dan konektifitas modern yang umumnya di tawarkan sebuah laptop high-end, kecuali VGA atau d-sub port. Untuk output video, kamu bisa pilih antara HDMI 2.0, mini-DisplayPort atau ThunderBolt 3 Gen 3 40gbps. Laptop ini juga masih mendukung eksternal Alienware Graphics Amplifier untuk kamu yang gak puas dengan performa GTX 1060 bawaan-nya.

Untuk koneksi wireless, seperti versi terdahulunya, New Alienware 15 ini juga menawarkan Killer Wireless dari module Killer 1435 802.11ac 2×2 WiFi yang juga menawarkan Bluetooth 4.1.

Performance, Temperature & Power Consumption

Geforce GTX1060 sendiri, dan beberapa chip grafis nvidia Pascal, memang menawarkan peningkatan performa yang luar biasa di banding versi terdahulunya. Namun hal tersebut berefek pada panas yang di keluarkan. Dan seperti di singgung di atas, New Alienwaere 15 2016 ini sudah mendapat peningkatan performa sistem pendingin dengan dua tambahan exhaust out hole-nya. Pastinya, ia akan jauh lebih bisa diandalkan untuk kondisi full load yang lebih lama.

Yang menjadi penyumbang andil terbesar dari penggunaan battery pada seri ini tentu layar beresolusi UHD-nya. Jika kita bandingkan dengan metode in-game benchmark dengan laptop lain dengan spesifikasi mirip namun tanpa layar UHD, pada scene yang sama, New Alienware 15 2016 ini mengkonsumsi daya sekitar 5% lebih banyak.

Conclusion

Alienware kembali membuktikan bahwa mereka tetap sebuah brand Pioner dalam pasar gaming. Ciri khas design futuristik yang timeless, fitur-fitur khas “alien”, performa terbaik dari hardware yang digunakan, serta dipadukan dengan kapasitas battery ekstra besar, menjadikan jajaran New Alienware termasuk Alienware 15 ini paket komplit sebuah laptop gaming modern. Terkait dimensi yang memang tidak pernah jadi sales poin Alienware sejak dulu, pemmzchannel rasa bukan sesuatu yang akan di tuntut para gamer enthusiast dalam waktu dekat. New Alienware 15 2016 adalah laptop gaming 15-inch 4K dengan tampilan futuristik terbaik di katalog pemmz.com.

 

 

MayHem promo

1 COMMENT

Leave a Reply