Lenovo Thinkpad Yoga 370

Beberapa waktu lalu kami merilis kabar kerjasama antara Lenovo dengan game Resident Evil: Final Chapter, di mana produsen laptop tersebut akan mengambil fokus yang konsisten dalam pasar gaming. Di antara sekian banyak produk terbaru Lenovo yang digadang-gadang fokus pada gaming, pengguna akhirnya bisa bertemu dengan Thinkpad Yoga 370 di pasar Indonesia.

Baca Juga: Kolaborasi Lenovo dan Resident Evil Final Chapter, Fokus Konsistensi dalam Pasar Gaming

Lenovo Thinkpad New 370
Thinkpad Yoga 370 (sumber: cnet.com)

Apa saja fitur yang ditawarkan Lenovo lewat Thinkpad Yoga 370? Pertama-tama kita bisa melihat bentang layar sebesar 13.3-inch, yang mengusung resolusi 1920×1080 piksel. Selain itu pengguna juga akan menemukan sensor pemindai sidik jari yang membantu mengamankan perangkat portable tersebut. Yang juga menarik untuk diperhatikan adalah kehadiran fitur Real Sense yang secara otomatis mendeteksi kondisi lingkungan sekitar di mana Thinkpad Yoga 370 berada. Artinya, fitur tersebut membantu sistem pendingin pada laptop untuk menyesuaikan sistem dengan kondisi lingkungan sekitar.

Dari artikel sebelumnya, kita sudah tahu bahwa Thinkpad Yoga 370 mengusung prosessor Intel Core i7 generasi 7 yang dikenal dengan nama Kalby Lake. Sementara dari sisi jeroan yang lain, perangkat tersebut juga tetap terlihat tangguh berkat keberadaan RAM sebesar 16GB, sistem penyimpanan internal SSD sampai 1TB, port thunderbolt 3, kamera HD, serta baterai laptop yang diklaim bisa bertahan sampai 10.5 jam. Bobotnya sendiri mencapai 1.4 kilogram dengan ketebalan sekitar 18mm. Dari segi ketebalan perangkat, Lenovo Thinkpad Yoga 370 memang bukan yang tertipis di pasaran laptop gaming. Acer Swift 7 menawarkan laptop tertipis dengan dimensi ketebalan hanya sekitar 9.98mm.

Ketebalan Lenovo Thinkpad Yoga 370 yang hanya mencapai 18mm. (sumber: Cnet.com)

Kehadiran Lenovo Thinkpad Yoga 370 sebetulnya bukanlah sebuah kejutan, mengingat Lenovo telah mengumumkan kehadirannya pada bulan Desember 2016. Sebelum ajang CES 2017, Lenovo telah memberikan bocorkan tentang apa yang dilakukannya untuk memberi kesegaran baru di lini laptop dan aksesorisnya. Banyak pihak yang menilai bahwa apa yang dilakukan Lenovo adalah gerakan yang cerdas, oleh karena begitu gampangnya sebuah produsen laptop tersesat di belantara pasar yang penuh sesak dengan produk-produk laptop lainnya.

Lebih jauh lagi, Lenovo adalah salah satu produsen pertama yang menawarkan opsi SDD Intel Optane, di mana perusahaan Intel sendiri berjanji akan mendistribusikan produknya itu pada akhir tahun 2016 silam. Dengan berbekal teknologi Intel Optane, yang menggunakan teknologi 3D XPoint milik Micron, SSD yang digunakan di dalam Thinkpad Yoga 370 diklaim akan lebih cepat dan lebih tahan lama dibandingkan SSD generasi sebelumnya. Hanya saja memori Optane generasi pertama masih lebih kecil dan harganya mahal. Lenovo menawarkan solusi dalam bentuk cache tambahan sebesar 16GB.

Baca juga: HDD vs. SSD, Apa yang Membedakan Keduanya

Thinkpad Yoga 370 bukanlah satu-satunya perangkat baru, laptop gaming, yang dirilis Lenovo. Dari lini Thinkpad Yoga sendiri ada beberapa model dengan perubahan dari segi desain. Lini Thinkpad 13, X, L, dan T bahkan memperoleh standar yang diperbarui oleh produsennya sendiri. Ada juga beberapa pasang seri ThinkVision P besutan Lenovo yang menawarkan monitor yang kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan yang lain. Seri ThinkVision P bahkan hadir dengan dock baru yang dikombinasikan dengan konektor yang jauh lebih modern.

pemmz header

Leave a Reply