Swift 7 dari Acer

Awal tahun ini Acer merilis laptop Swift 7 di ajang IFA. Satu hal menarik yang bisa dilihat dari perangkat tersebut adalah klaim “paling tipis” yang disematkan di atasnya. Ya, Acer kini sudah merilis sebuah laptop tertipis yang pernah diproduksi. Dengan ketebalan sekitar 1 centimeter – 9.98 mm tepatnya, Laptop tersebut akhirnya diumumkan kehadirannya di pasar India. Laptop tersebut akan mulai tersedia pada tanggal 18 November.

Untuk awalan, Acer Swift 7 hanya dijual secara online, dan bakal tersedia secara eksklusif melalui Flipkart. Jelas bahwa ketebalan laptop yang nyaris menyentuh angka 1cm sudah sangat impresif. Di luar fitur tersebut, orang yang berminat dengannya bakal mendapatkan seri laptop dengan bentang layar 13.3-inch, resolusi full-HD (1080×1920 piksel). Bentang layar tersebut dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Beratnya hanya sekitar 1.1 kilogram, dan tentu saja menjadikannya sebagai perangkat laptop yang mudah dibawa kemana-mana.

Acer menyebut Swift 7 sebagai paket perangkat yang hadir dengan chassis yang seluruhnya terbuat dari aluminium dengan ketebalan kurang dari satu sentimeter. Stamina dan performanya sudah sangat cukup untuk dipakai sehari-hari. Pertanyaannya sekarang: bagaimana klaim tersebut ditopang oleh spesifikasi yang ditanamkan oleh Acer lewat produknya itu?

Model paling dasar membenamkan sebuah prosessor Intel Core i5 generasi ketujuh, yang pada saat bersamaan disandingkan dengan RAM berkapasitas 4GB yang bisa dinaikkan kapasitasnya sampai 8GB. Di dalamnya terdapat penyimpanan internal model SSD sebesar 256GB. Acer menyebut bahwa baterai yang ada di dalam perangkatnya itu bisa bertahan sampai sembilan jam pemakaian.

Acer Swift 7Berikut spesifikasi lengkap Acer Swift 7:

  • Bentang layar IPS 13.3-inch, resolusi full-HD (1080×1920 piksel)
  • Perlindungan layar Gorilla Glass
  • Prosessor Intel i5 generasi ketujuh, kecepatan 1.20GHz
  • RAM sebesar 8GB LDDR3
  • Penyimpanan internal 256GB
  • Sistem Operasi Windows 10 Home

Dari sisi eksterior, Swift 7 adalah perangkat yang memadukan warna hitam dan emas di atas material aluminum dengan finishing matte. Hal ini kemudian menjadi menarik karena menjadikannya sebagai perangkat sophisticated yang menghantarkan kesan modernis. Lebih jauh lagi, sudut membulat serta bagian tepi chamfered yang bisa ditemukan di sekitar touchpad menambah sentuhan yang tepat, sekaligus memberikan kedalaman desain yang pas.

Ketika memutuskan untuk merilis laptop tertipis yang pernah dibuat, Acer memposisikan diri di kelas premium untuk pasar laptop. Ketika zaman dan pasar akan selalu mendambakan paket penjualan laptop tipis dengan performa mantap, Acer Swift 7 menawarkan keseimbangan tersebut.

Pesaing Terdekat?

Acer Swift 7 dari atasBerbicara mengenai betapa tipisnya Swift 7, tentu saja mata kita akan diarahkan ke sejumlah produk lain yang juga diembeli dengan kata-kata “laptop tertipis”. Sebutlah misalnya EVGA SC17 yang menawarkan laptop gaming tertipis ke pasaran. Namun tentu saja yang disebut belakangan bukanlah lawan sepadan untuk Swift 7, sebab produk Acer yang satu ini bukanlah laptop gaming. Ia adalah laptop biasa yang agaknya ditujukan untuk pemakaian sehari-hari.

Pesaing terdekat Acer Swift 7 justru datang dari HP, yang menawarkan Spectre 13.3. Meski demikian, produk HP tersebut memiliki ketebalan sekitar 1.1cm. Jadi ia masih kalah oleh Swift 7 dari segi ketebalan perangkat. Diperkenalkan di tahun yang sama dengan Swift 7, HP Spectre memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni. Ia menggunakan prosessor i7 yang secara performa berada di atas i5.

ASUS Zenbook menawarkan perangkat laptop tipis dengan ketebalan yang konon “hanya” mencapai 3mm di bagian depan serta 9mm di bagian belakang. Memang masih kalah dengan Swift 7. Lagipula, Zenbook masih kalah telak di bagian spesifikasi jeroan yang ditawarkan.

Leave a Reply