Review Dell Inspiron 14 7460 – Sub Notebook Rasa XPS yang Terjangkau Dengan Performa lebih Powerfull

Review Dell Inspiron 14 7460 PCN

Jelas, Dell Inspiron 14 7460 menawarkan spesifikasi yang mirip dengan Acer Aspire E5-475G versi Kabylake yang ditawarkan dengan harga lebih murah hampir separuhnya. Lalu, dimana positioning dan kelebihan produk ini jika kita ketahui, harganya mencapai 12,3 juta rupiah (Januari 2017) untuk SKU i5 non SSD. Di review kali ini, kita akan lihat apa yang ia tawarkan sebagai bargain, atas sisi price to performance-nya yang tampak tidak seimbang.

Spesifikasi dan Harga Dell Inspiron 14 7460

Processor
7th Generation Intel® Core™ i5-7200U Processor
Operating System
Windows® 10 Home
Memory
1x 8GB DDR4 pc2133MHz (Up to 32 GB Dual Channel DDR4 2133 MHz)
Video Card
NVIDIA® GeForce® 940MX with 2 GB GDDR5 graphics memory
Display
14.0-inch FHD (1920×1080) IPS Truelife LED-Backlit Display
Audio and Speakers
2 tuned speakers with Waves MaxxAudio® Pro
1 combo headphone / microphone jack
Storage
1TB 5400 rpm Hard Drive (M.2 slot Optional)
Battery
42 WHr, Prismatic 3-Cell Battery (integrated)

A/C Adapter
65 Watt AC Adapter (with discrete graphics option)
Camera
Standard Widescreen HD (720p) with Digital Microphone
Wireless
802.11ac + Bluetooth 4.2, Dual Band 2.4 & 5 GHz, 1×1
Dimensions & Weight
Height: 18.95mm x Width: 323.3mm x Depth: 227.1mm
Starting at 1.649 Kg

1 HDMITM 1.4a
1 USB 3.0
1 USB 3.0 with PowerShare
1 USB 2.0
1 Noble lock slot

Media Card Reader
1 SD card (SD, SDHC, SDXC)

Di lihat dari jajaran spesifikasi, pertama laptop ini menawarkan panel 14-inch beresolusi 1080p yang jauuuuuhh lebih berkualitas dari 475G. Ini worth sekitar 900 ribu lebih. Kedua, kapasitas memori bawaan yang 2x lipat yakni 8GB yang worth sekitar 400 ribu. Dan yang paling utama, bahan, build quality, dimensi dan bobot laptop ini jauh lebih handy dan kokoh ketimbang 475G. Worth berapa untuk poin terakhir? Kamu tentuin sendiri dah ..

Kenapa? karena untuk yang concern sama build quality dan tampilan, laptop ini tetep worth for the money. Pemmzchannel akui, sebenarnya laptop ini sekelas dengan ultrabook yang rata-rata harganya memang premium. Apalagi jika kita bandingkan dengan produk di genre Ultrabook yang rata-rata masih menawarkan Intel HD, Inspiron 14 7460 ini punya performa grafis yang jauh lebih tinggi.

Gigabyte P34K V5 design and dimensionKecuali jika kita benturkan dengan Gigabyte P34K V5 yang merupakan produk dengan price to performance terbaik saat ini di katalog produk Pemmz.com. 4760 harus takluk akan performa Gigabyte P34K V5 yang jauh lebih superior dengan core i7 quad core dan Geforce GTX 965M-nya. Gigabyte P34K V5 juga menawarkan sales poin di sisi handling yang sama dengan 4760 ini.

Lihat juga : Preview Gigabyte P34K V5

Design & Handling

Dell Inspiron 14 7460 front LCD cover PCNDengan warna duo-tone metal yang mendominasi produk ini, langsung merepresentasikan target produk ini yang mengincar para pengguna profesional. Finishingnya looks good banget, terutama bagian workstation yang menyenangkan untuk di pegang. Rasa rubber yang halus banget. Keseluruhan casing bernuansa doff yang minim sekali menarik fingerprint. Bagian cover LCD depan sepintas tampil minimalis tanpa tekstur khusus. Hanya jika di perhatikan, di sekeliling tepi LCD cover, dibentuk shape yang difinishing eksen chrome. Ini membuatnya tampil elegan walau hanya menghadirkan logo Dell dalam lingkaran yang memang sudah khas sejak dulu.

Poin ini merupakan sales poin utama dari Dell Inspiron 14 7460 ini. Hal ini dimungkinkan sebab ia menawarkan screen to body ratio yang mendekati Dell XPS. Dengan minimnya border pada frame LCD, membuat dimensi keseluruhan laptop ini menyerupai sebuah laptop 13.3-inch.

Dell Inspiron 14 7460 Webcam PCN

Yang nyeleneh, kalau tidak mau di bilang unik extreme, posisi webcam di pindah kebawah. Ini butuh sedikit pembiasaan, juga sedikit kesabaran akan banyaknya pertanyaan dari rekan sejawat tentang “keanehan” ini di waktu yang akan datang. Tapi terlepas dari posisi-nya, kualitas webcam-nya cukup baik. Mampu mereka image diam di resolusi HD

Bagian bottom cover di desain cukup anggun dan rapih jali positioning tiap piece-nya. Mulai dari lubang masuk udara, rubber foot hingga tulisan inspiron di tengah yang menambah kesan elegan. Sayangnya, stiker garansi cukup sukses merusak pandangan di area ini :). Menganut sistem One-piece cover, Dell Inspiron 7460 sejatinya mudah sekali di telanjangi. Cukup bermodalkan obeng torx (bintang) untuk membuka sejumlah baut pengunci yang kesemuanya, kelar hidup

Workstation

Bagian dimana pengguna bisa mengakses keyboard ini, sejak pandangan pertama langsung menyeruatkan design khas laptop Dell. Mulai dari keemapat sudutnya yang membulat tidak simetris antara atas dan bawah, Bagian upper case yang terpisah disisi atas, tombol power dengan led indicator membentuk jarum jam, juga bentuk touchpad persegi panjang dengan garis tengah yang khas.

Dell Inspiron 14 7460 Keyboard PCN

Tuts keyboard punya dimensi yang tergolong standar, tidak terlalu besar, tidak juga terlalu kecil. Experiment mengetik sama sekali tidak ada masalah, begitupun noise yang keluar dari tiap tombol yang di-klik, kecuali tombol spasi yang memang sengaja dibuat lebih noise sebagai sinyal. Keyboard sudah di lengkapi backlit berwarna putih dengan dua opsi tingkatan brightness. Touhcpad-nya juga nyaman digunakan, tombol klik agak keras namun selalu presisi setiap saat di tekan. Memang agak noise, tapi gak separah Asus A series yang disebabkan oleh material plastik yang mereka gunakan.

Multimedia – Layar dan Audio

Dell Inspiron 14 7460 glossy panel PCNDell Inspiron 7460 menggunakan panel 14-inch beresolusi FHD buatan LG Philips dengan seri LP140WF7. Panel ini bukan jenis yang menawarkan gambar crispy, sekalipun tanpa lapisan matte (glossy). Tapi untuk hal lain, kualitasnya sangat aduhai, mulai dari akurasi warna, black level, hingga contrast ratio. Dan yang lebih membuatnya tampak berkelas, tentu saja dimensi bezelnya yang tipis semampai.

Dell Inspiron 14 7460 Speaker Hole PCN

Output audio pada speaker bawaan menurut pemmzchannel cukup ok loh untuk ukuran laptop 14-inch. Walau di sinyalir hanya menggunakan konfigurasi 2.0, nampaknya Wave MaxxAudio Pro, audio enhancer andalan Dell, berhasil menjadikan speaker bekerja maksimal. Detail banget dengan range frekuensi yang luas. Tipikal speaker memang ke arah warm, tapi treble mampu di reproduksi juga dengan cukup baik.

Port dan Konektifitas

Bertolak belakang dengan bagian display panel yang superior, Dell nampaknya kurang memaksimalkan urusan port koneksi. Jika dilihat dari segmen harganya yang “lumayan” premium, terhitung ada 2 jenis port yang absen pada seri ini. Pertama dan paling vital adalah D-Sub atau analog video out. Padahal dimensi ketebalan juga space yang tersedia masih sangat memungkinkan. Dan yang kedua USB 3.1 type C yang walaupun belum terlalu merakyat, sudah banyak ditemukan pada laptop modern saat ini, bahkan pada level produk dengan harga yang lebih murah.

Dell Inspiron 14 7460 Port Position PCN

Tapi susunan portnya Ok punya loh, terutama penentuan posisi dan jarak tiap port yang strategis. Di bagian sebelah kiri terutama, dimana terdapat dua USB port yang bersebelahan. Umumnya, jika ada posisi seperti ini, ada saja yang membuat salah satu port jadi tidak bisa di pakai sebab jaraknya yang terlalu rapat. Kedua, design SD Card Reader yang unik. Dell Inspiron 14 7460 juga masih menawarkan RJ45 Gigabit Lan port versi spoiler yang memang masih banyak di butuhkan oleh profesional yang perlu koneksi lebih stabil.

Upgrade Option

Sebab dimensinya yang masih tergolong “kentang”, maksudnya tipis sekali ngga, tebel juga ngga, 7460 seyogyanya mampu di maksimalkan dari sisi upgrade option. Secara default, Dell Inspiron 14 7460 menggunakan konfigurasi RAM single channel dan 1 buah HDD SATA 2.5-inch. Urusan Memory utama, ia bisa di upgrade hingga 32GB dengan konfig 2 x 16GB sebab sudah menggunakan DDR4. Ia juga menawarkan opsi M.2 slot yang dipastikan mendukung PCIe x4. So, masih terbuka sekali peluang meningkatkan performa keseluruhan laptop ini bukan? Yang mau langsung jadi dengan spek rata kanan, silakan langsung hubungi pemmz di 56973669..

Performa

Jika kamu pernah membaca review pemmzchannel untuk Acer Aspire E5-475G, performa Dell Inspiron 14 7460 ini “beti” alias beda tipis. Nah setipis apanya ini yang akan kita bahas. Tentu, yang membedakan performa keduanya hanya dari generasi CPU. Nah, kita akan lihat, seberapa signifikan si Kabylake mengangkat performa gaming dan performa secara keseluruhan.

Seperti yang pernah pemmzchannel ulas dalam artikel sebelumnya tentang benefit kabylake, hal yang sama juga terjadi pada seri ULV-nya. Yap, jika dibandingkan dengan Intel core i5 6200U yang di pakai Acer Aspire E5 475G, CPU i5 7200U pada Inspiron 14 7460 lebih kencang sekitar 10% di aplikasi single core. Thanks untuk base clock dan turbo clock yang lebih tinggi. Tambah lagi, turbo clock pada mode multi core Intel core i5 Kabylake ULV, juga lebih tinggi. Hal ini seharusnya, bisa sangat mempengaruhi performa gamingnya. Seperti kita ketahui, seringkali terjadi bottleneck jika sebuah chip GPU terlalu superior di banding chip CPU-nya.

Cooling System & Temperature

Dell Inspiron 14 7460 di pastikan mengandalkan dual fan system yang seharusnya, lebih advance dari yang digunakan Inspiron 14 7437. Tapi nampaknya, Dimensi yang cukup sempit di bagian belakang tepat di bawah hinge lcd, memaksa Dell untuk menggunakan fan atau kipas juga heatsink yang tergolong mini ukurannya. Heatpipe membentang di bagian atas, jadi tidak terlihat dari bagian bawah sesaat setelah bottom case di buka. Inspiron menggunakan jenis fan knock-down system yang membuat proses membersihkan baling-baling kipas jadi lebih mudah.

Dua buah Exhaust di tempatkan di bagian belakang, dengan desain lubang yang berbeda. Menurut sedikit experimen, keduanya memiliki fungsi berbeda. Yang satu sebagai lubang hisap, yang satu sebagai lubang keluar. Dell menerapkan sistem tunnel untuk desain cooling system 7460. Di pakai bermain game, suhu memang cukup lama merangkak naik hingga akhirnya mencapai angka 81°C untuk CPU, dan 72°C untuk GPU. Good job lah buat Dell untuk hal yang satu ini.

Conclusion

Dell Inspiron 14 7460 ini sebenarnya produk yang elegan banget untuk beberapa golongan pengguna. Dengan bobot dan designnya yang cukup caem, buat kerjain Office dan multimedia tasking on the road, jadi lebih pede. Dukungan performa Geforce 940MX 2GB GDDR5, juga sangat mumpuni di jadikan portable PC bagi para content editor. Untuk gaming, Paduan CPU Intel jenis ULV generasi ke-7, sudah jauh lebih baik mengurangi kemungkinan bottleneck dengan clockspeednya yang lebih tinggi.

Satu hal yang mungkin perlu di noted adalah optimalisasi sistem pendingin. Dan ini perlu merubah sistem layout yang saat ini terlihat “kurang efisien” hingga menyisakan ruang gerak yang minim untuk bagian pendingin. Dell Inspiron 14 7460 merupakan sub-notebook paling elegan yang menawarkan chip grafis 940MX GDDR5 di katalog produk pemmz.com.

Pros :

  • Display panel tampil cemerlang
  • Material dan Build Quality Baik
  • Upgrade Option cukup besar

Cons :

  • Belum tersedia USB type C
  • Cooling system kurang mumpuni

16 KOMENTAR

  1. Untuk urusan layar, lebih bagus mana ya, Mas?
    1. Dell Inspiron 14 7460
    2. Gigabyte P34K v5
    3. MSI GP62M 7RD

    Terima kasih sebelumnya..

  2. dell paling bagus, lalu P34K baru MSI.
    Tapi untuk perbedaan, gak terlalu sigfikan antara dell dan P34K

    • MSI nya yang IPS Panel kan, Mas?
      Kalau tidak salah GL62M 7RD (13jt) tidak pakai IPS, sedangkan GP62M 7RD (15jt) pakai IPS ya?

      Apakah benar layar P34K v5 lebih baik daripada GP62M 7RD? Padahal GP62M 7RD memakai IPS, sedangkan P34K v5 tidak memakai IPS.

  3. Performa baterai gimana ? Untuk web browsing/nonton video Dan gaming full load berapa lama ya?

    • bisa 6 jam untuk web browsing, video around 5 jam. Kalo gaming, dengan battery gak akan full load. Karena pasti di downclock.

  4. Untuk yang dell inspiron i5 RAM 8GB dan Storage 1 TB, apakah resmi sudah masuk Indonesia ya ? Saya baca2 kalo yang yg i5 1TB bukan resmi dari dell Indonesia. Apakah bener seperti itu ?

Tinggalkan Balasan