Dalam artikel Top 5 Upcoming Monster Gaming Notebook terdahulu, MSI GT72 masuk dalam kategori berkat yang pertama mengaplikasikan GTX980M. Selain itu, design barebone yang juga berubah total membawa peningkatan performa disipasi panas yang lebih efisien. Sebagai produk flagship baru dari MSI, pastinya tak hanya itu yang di tawarkan si monster beraura Naga ini. Apa saja yang di bawa MSI GT72 Dominator ini? Simak review berikut.

Design – All New Barebone

MSI GT72-2QESudah lama memang, barebone GT series tidak mengalami perombakan. Design yang lama banyak diakui memiliki air flow yang sangat baik. Namun seiring berkembangnya aplikasi, hardware dipaksa bekerja lebih keras. Tentunya ini mengakibatkan komponen semakin panas karena seringkali berkerja full load. Nah, design yang baru ini menitikberatkan pada peningkatan sistem pendingin, dimana GT72 terbaru sudah dibekali 2 buah fan dengan exhaust hole terpisah layaknya sang kompetitor, ASUS ROG G750 atau Xenom Phoenix. Plus bottom cover yang 40%-nya adalah mesh hole yang berfungsi sebagai jalur masuk udara segar.

CoolerBoost3_bg
Perbandingan Heatsink pada MSI GT70 dan MSI GT72

Tak hanya ditambah menjadi dua, heatsink yang mendinginkan CPU dan GPU juga mendapat sentuhan berbeda. Pada semua MSI GT72, design heatsink dibuat lebih minimalis dan lebih ringan. Bagian menonjol lancip yang dipercaya dapat membantu melepas panas juga sudah jauh dikurangi. Wajar saja, sekarang yang meniupkan udara segar ada dua buah. Ini salah satu hal yang membuat MSI GT72 sedikit lebih ringan dari MSI GT70-2PE Dominator Pro.

All New Workstation

IMG_0767

Bagian ini juga yang paling banyak mendapat sentuhan baru. Nyaris tak berbekas aura GT70 pada workstation MSI GT72-2QE ini. Terlihat jauh lebih minimalis dengan pindahkanya berbagai shortcut button ke sisi kiri keyboard. Ukuran touchpad jauh lebih luas dengan design yang juga minimalis, membentuk kotak dengan bingkai yang bisa menyala dengan warna sesuai keinginan.

Design touchpad juga mengalami perombakan.
Design touchpad juga mengalami perombakan.

Juga terdapat penambahan sedikit lightning area pada bagian depan, menjadikannya tampak makin futuristik. Warna-warna lightning bisa anda sesuaikan lewat software SteelSeries Engine yang memberi anda beberapa pilihan preset yang bisa di custom. Hal ini mengingatkan pada fitur yang ada pada produk Alienware 2013 edition yang juga pernah pemmzchannel review.

Special keys berukuran minim, seringkali harus mebagi focus saat bermain game.
Special keys berukuran minim, seringkali harus mebagi focus saat bermain game.

Menurut pendapat pribadi tim pemmzchannel, design workstation MSI GT70-2PE lebih menampilkan kesan gaming di banding workstation MSI GT72 Dominator Pro ini. Posisi shortcut button di sebelah kiri juga terlalu “imut” hingga harus sedikit membagi konsentrasi saat sedang bermain game.

MSI GT72-2QE Bottom cover
Hampir 40% bottom cover adalah mesh hole guna sirkulasi udara masuk yang lebih banyak.

MSI GT72 Dominator Pro juga menawarkan dimensi yang lebih kompak. Dibanding GT70, MSI GT72 Dominator Pro lebih tipis sekitar 9mm dan sedikit lebih ringan. Untuk material kurang lebih sama, kecuali bagian bottom case yang didominasi mesh hole berbahan alumunium.

Display

MSI GT72 Panel Preview
MSI GT72 Panel Preview

MSI GT72 Dominator Pro menggunakan panel Anti-Glare yang sayangnya masih dari generasi TN-Panel display dan belum berteknologi IPS. Pun begitu, panel bermerk Chinmei dengan kode produk CMN N173HGE-E11 yang digunakan merupakan keluarga TN panel yang paling baik. Mungkin saja ada pertimbangan dari pihak MSI bahwa sebuh notebook game adalah gadget personal yang memang di dedikasikan untuk ber-Single-User dan tak membutuhkan view-angle yang memukau.

Audio

4+1 Audio Sound System by Dyna Audio
4+1 Audio Sound System by Dyna Audio

Sepintas, jika melihat dari 4 buah lubang yang ada pada workstation, semua akan mengira MSI GT72 Dominator Pro ini di bekali konfigurasi speaker 4+1. Tapi ternyata, keempat lubang tersebut hanya terisi dua buat front speaker, bisa jadi ukurannya cukup memanjang. Dan sebagai penghasil frekuensi rendah, sebuah Sub-Woofer bisa kita temukan pada bagian bawah.

Konfigurasi Audio pada MSI GT72 ini masih menggunakan brand Dyna Audio yang sudah menemani MSI sejak lama. Dibantu oleh fitur Audio Boost 2 technology & Digital Codec dari Creative Sound Blaster Cinema 2, Kualitas sound system menjadi terdengar megah untuk ukuran sebuah Portable Computer.

Port & Connectivity

Jumlah dan  penempatan port USB juga berbeda. Jika pada barebone terdahulu (GT70), total terdapat 5 port USB (3x USB 3.0 dan 2x USB 2.0). Sedangkan pada MSI GT72 total terdapat 6 port USB yang kesemuanya berinterface 3.0, penempatan port-port USB pada MSI GT72 Dominator Pro terlihat sedikit kacau, terutama pada bagian kanan. Letak yang terlalu berdekatan, juga posisi yang kurang simetris, sedikit mengurangi estetika.

Matrix Display via new mini DisplayPort
Matrix Display via new mini DisplayPort

Untuk memproyeksikan gambar dalam notebook ke luar, interface video out juga mendapat perubahan yakni dihilangkannya Analog VGA (D-Sub) pada sisi bagian belakang dan digantikan menjadi mini Display port hingga total terdapat 2 mini Display Port pada barebone baru ini. Dengan begini, pengguna bisa lebih optimal menggunakan fitur Matrix Display.

Feature

MSI new Shift Preset Performance
MSI new Shift Preset Performance

Banyak fitur yang dibawa oleh MSI GT72-2QE Dominator Pro ini. Tapi yang paling baru dan dijadikan sales point utama kali ini adalah Shift. Fitur ini memberi pengguna 3 buah preset mode yang erat hubungannya dengan performa dan temperatur. Fitur ini mengilustrasikan 3 jenis mobil yang memberi 3 jenis pengalaman berbeda saat di gunakan. Untuk anda yang sedang mengejar Performa dan tak memperdulikan panas, bisa menggunakan preset Sport. Untuk anda yang ingin kondisi mesin (system) selalu adem ayem, bisa menggunakan preset Green. Sedangkan untuk anda yang ingin mendapatkan keduanya, bisa mencoba preset comfort.

Specification

SpecUntuk spesifikasi selain GPU, yang berbeda dan dijadikan sales poin pada MSI GT72 Dominator Pro tentu saja design dual fan, dimensi dan bobot. Sedang dari sisi perlengkapan, MSI GT72 Dominator Pro dibekali power adaptor dengan watt yang lebih besar yakni 230W, power adaptor GT70 hanya 180W. Bisa jadi, hal ini untuk mengantisipasi karakter power management Maxwell yang seringkali turun naik secara “kasar”.

Upgrade Option

Full Upgradeable
Full Upgradeable

Untuk unit yang pemmzchannel review ini memang kebetulan sudah dimaksimalkan spesifikasinya. Hampir tak ada celah yang masih bisa ditingatkan lagi. Namun sebagai informasi, untu unit MSI GT72-2QE yang beredar di Indonesa memiliki spesifikasi yang jauh di bawah ini. Hal ini memberi keuntungan dimana harga yang ditawarkan juga jadi jauh lebih murah, sekaligus, kita masih leluasa menambahkan part lain (upgrade) sesuai keinginan kita.

Super RAID 3

MSI Super Raid 3 adapter
MSI Super Raid 3 adapter

Untuk fitur yang satu ini, pihak MSI sudah merancang ulang adapter khas Super Raid mereka hingga untuk versi 3 kali ini dalam sebuah adapter mampu menampung hingga 4 buah M2.SSD. Agak berbeda dengan adapter untuk Super RAID 2 yang menggunakan mSATA SSD jenis Half-Size. Kebetulan, unit yang pemmzchannel review menggunakan 4 x 256GB M2.SSD yang terpasang dalam sebuah adapter. Total terbentuk sebuah primary storage berkapasitas 1GB dengan througput hingga 1800mbps dengan konfigurasi maksimal ini.

Performance

 

This slideshow requires JavaScript.

Kehebatan maxwell sekali lagi teruji. Kali ini lewat versi paling atas untuk platform mobile. Di sini terlihat, performa Geforce GTX980M minimal unggul 40% dibanding Geforce GTX880M yang masih menggunakan arsitektur Kepler. Tak hanya pada pengujian synthetic benchmark, saat kami uji pada real in-game, Maxwell mampu memberikan peningkatan hingga 40% lebih. Untuk hal yang satu ini, anda tak perlu sangsikan lagi, terutama bagi anda yang sedang menunggu sebuah notebook dengan performa GPU teratas saat ini.

Conclusion

Sebagai produk flagship pengganti GT70 yang cukup sukses, MSI GT72 Dominator Pro selain menawarkan setup spesifikasi system yang sama tingginya dengan GT70, ia juga menawarkan system pendingin yang jauh lebih baik dalam barebone yang juga lebih tipis dari seri sebelumnya. Dan tentunya performa Geforce GTX980M yang jauh lebih tinggi di banding Geforce GTX880M pada MSI GT70-2PE. Dengan harga yang relatif sama, MSI GT72 Dominator Pro bisa mengancam stok MSI GT70 pada dealer-dealer yang terlambat mempromosikannya.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply