Mencari headset gaming memang susah-susah gampang, apalagi dengan non-primary budget. Di Indnesia sendiri, produk-produk aksesoris seperti headset bukan lah sebuah must-have item. Karena itulah, saat seorang ingin membeli sebuah headset, muncul banyak sekali pertimbangan. Terutama sekali karena alasan budget yang akan di pakai sejatinya bisa digunakan untuk membeli keperluan lain untuk memaksimalkan performa system PC mereka.

Steelseries Siberia Raw Prism

Headset ini masuk kategori value dalam jajaran produk audio Steelseries. DIbanding beberapa seri Siberia terdahulu, Raw Prism menawarkan kenyamanan ekstra dalam ear cup-bud, adjustable head band juga beberapa seting personalisasi. Secara logika pasar, Steelseries Siberia Raw Prism cukup mampu menggoda para pengguna PC yang sedang mencari solusi headset non-standar.

Specification

FrontBerinterface USB dengan panjang kabel 1,5 meter, Steelseries Siberia Raw Prism pastinya memiliki built-in audio controller yang akan membuat system PC zadul dengan Operating System window lama sekalipun serasa memiliki chip Audio kelas atas. Di tunjang sensitifitas ear phonenya yang terbilang tinggi (94db), menjadikan Steelseries Siberia Raw Prism cocok untuk berbagai keperluan diluar aktifitas gaming, mendengarkan audio CD misalnya. Untuk menekan biaya, Steelseries Siberia Raw Prism tak memberi pilihan audio jack yang lebih disukai pemilik sound card high-end.

Sedangkan secara spesifikasi, MIC pada Steelseries Siberia Raw Prism yang di design tersembunyi seharusnya cukup bisa di andalkan. Sayangnya, audio yang tertangkap mic seringkali rendah hingga saat di pakai melakukan percakapan, lawan komunikasi sering tak mampu menangkap dengan jelas apa yang kita katakan.

Feature

Cloud sync with Steelseries Engine 3

Steelseries engine 3 mic setup window
Steelseries engine 3 window

Sepertinya pihak steelseries memiliki tujuan jangka panjang dengan membuat Steelseries Engine semakin modular. Memanfaatkan cloud system, pengguna Steelseries bisa dengan mudah membuat in-game profile dan menimpannya dalam server cloud steelseries untuk digunakan kapanpun dan di system PC manapun oleh para pengguna tadi.

16,8 juta customable Ring led color

LED ring yang bisa memancarkan 16,8 juta warna sesuai keinginan.
LED ring yang bisa memancarkan 16,8 juta warna sesuai keinginan.

Selain menawarkan kenyamanan, sesungguhnya Steelseries Siberia Raw Prism juga menjadikan design visualnya sebagai sales poin. Seperti halnya, ring bulat pada bagian luar ear phone yang bisa memancarkan warna sesuai dengan yang kita mau. Tersedia hingga 16,8 juga warna hasil dari kombinasi laser led yang bisa anda seting dan simpan sebagai profil lewat Steelseries engine 3.

Low Profile Hidden Microphone

Mic

Fitur yang satu ini sepertinya diciptakan untuk mendukung design semata. Seperti disinggung di atas, sayangnya mic yang dgunakan kurang maksimal untuk mendukung posisi mic yang sedikit jauh dari sumber suara, mulut.

Performance

Sebenarnya tidak ada masalah yang berarti andai saja mic pada Steelseries Siberia Raw Prism bisa bekerja sesuai kodratnya. Saat digunakan berkomunikasi tim dalam game, seringkali lawan bicara lebih mendengar suara dari ear phone dibanding suara dari mulut kita. Tentu ini sangat menggangu. Hingga hari terakhir review, tim pemmzchannel belum juga menemukan solusi seting mic yang bisa memecahkan masalah “audio bocor” tersebut.

Untuk keperluan audio, kualitas reproduksi suara Steelseries Siberia Raw Prism memang masih jauh dari harapan para kuping emas. Dengan lagu-lagu RnD terutama, output bass juga treble cenderung flat. Namun untuk anda penikmat sinema, tata suara Steelseries Siberia Raw Prism terbilang bagus.

Conlusion

Saat baru digunakan, anda juga pasti akan beranggapan bahwa ear-cup Steelseries Siberia Raw Prism sangat nyaman. Dengan fitur yang mereka sebut Breathable Cushioning, area kuping yang tertekan busa akan senantiasa merasa nyaman. Tentu saja, secara kualitas belum bisa menandingi cushio saudara-saudaranya yang dibanderol lebih mahal. Tapi setidaknya, tidak memalukan untuk nama besar Steelseries.

Untuk anda yang mencari headset perdana, Steelseries Siberia Raw Prism pemmzchannel sangat sarankan karena ia tak hanya mengcover kegiatan game, tapi juga kegiatan multimedia anda. Apalagi bagi anda yang masih mengandalakan soundcard onboard seri lawas.

Leave a Reply