Jika minggu lalu kita sudah liat kemampuan New Alienware 14 dengan GTX765 nya, kali ini Tim Pemmz coba sedikit kasih brain storm khususnya bagi pemmZHolics yang sedang memilih-milih gaming notebook dengan lcd di bawah 15″. Mungkin saja, apa yang ditawarkan dalam artikel review MSI GE40 2OC kali ini sesuai dengan yang pemmZHolics inginkan.

<

Overview

Sebuah Tag favorite seperti “Gaming everywhere” telah membuat banyak pabrikan notebook lebih “concern” pada produk-produk gaming mereka dan melakukan banyak usaha untuk membuat ukurannya lebih nyaman untuk di bawa traveling. Termasuk MSI, lewat produk terbaru mereka MSI GE40-2OC, MSI mencoba memberi win-win solution bagi para gamers yang ingin selalu menghabiskan waktu luang mereka di manapun dengan bermain game.

Design

Design

Untuk sebuah notebook dengan VGA GTX series, MSI cukup berani membuat GE40 20C setipis ini. Namun MSI pasti sudah memperhitungkan dengan seksama konsekwensi dari area sirkulasi yang menjadi minim karena ketipisan tadi. pemmZHolics bisa lihat di screenshoot pengujian temperatur dibawah untuk lebih detailnya.

Design 2

Specification

SpecKombinasi Intel Core i7 dari keluarga Haswell dan Geforce GTX760M menjadi andalan utama MSI GE40-2OC ini. Layar Anti Glare 14″ beresolusi 1600×900 pixel tim Pemmz rasa sepadan dengan kemampuan pengolah grafisnya. Karena GTX760M memang lebih nyaman bermain di resolusi HD+ di beberapa game modern daripada dipaksakan ke resolusi Full-HD 1920 x 1080 pixel.

Upgrade Options

Upgrade Option

Sebagai notebook Gaming, tentu saja penawaran performa tak habis sampai di situ. Area Storage contohnya, MSI GE40-2OC mampu kita buat sangat maksimal dengan mengaplikasikan HDD jenis mSATA sebanyak dua buah dengan bantuan adapter Super Raid. Lokasi ODD (Optical Disc Drive) juga bisa manfaatkan dengan melepas ODD dan memasang HDD Caddy guna kita pasangkan HDD 2.5″ tambahan.

Super RAID

Port & Connectivity

Port

Untuk urusan interface dan konektifitas, MSI GE40-2OC sangat-sangat update. WiFi N, Gigabit Ethernet dan Bluetooth 4.0 melengkapi sisi konektifitas notebook seharga Rp. 15.068.400 ini. Total terdapat 3 buah port USB (2x USB 3.0 dan 1x USB 2.0) pada GE40 plus sebuah SD Card Reader untuk anda yang sering memindahkan data dari media eksternal ke HDD internal. Untuk aplikasi multiple display, GE40 menyediakan HDMI port dan port D-SUB (VGA) sebagai port penghubung.

Performance

Lanjut ke pengujian performa. Di sini tim Pemmzchannel coba membuat sedikit metode penyampaian scoring performa dengan membanding review MSI GE40-20C ini dengan beberapa notebook dari kompetitor dengan spesifikasi setingkat di atas dan setingkat dibawah GE40. Untuk notebook dengan spesifikasi setingkat di atas GE40, pemmz gunakan hasil benchmark dari Alienware 14 dan untuk notebook dengan spesifikasi setingkat di bawah GE40, pemmz gunakan Lenovo Y500 yang menggunakan GPU Geforce GT750M. Seberapa besar perbedaannya? Simak review di bawah ini . . !!!

Gap performa antara GT750M, GTX760M dan GTX765M.Note : Alienware 14 mendapat score PCMark 7 yang tinggi karena mengaplikasikan hybrid Storage.
Gap performa antara GT750M, GTX760M dan GTX765M.
Note : Alienware 14 mendapat score PCMark 7 yang tinggi karena mengaplikasikan hybrid Storage.

Temp Review2

Bisa pemmZHolics lihat, MSI GE40-2OC dengan luas penampang yang paling minim menjadikannya sulit mendisipasi temperatur. Hasilnya, pada saat beban komponen maximal, contoh saat bermain game, temperatur GE40-2OC khususnya temperatur CPU tembus di angka 93′ Celcius.

Battery Test

Terlihat pada pengujian battery, MSI GE40-2OC sedikit lebih unggul dari Alienware 14. Hal ini di bisa terjadi dikarenakan clock speed core i7 4702MQ sedikit lebih rendah dari core i7 4700MQ pada Alienware 14. Sedang lenovo sendiri mencetak menjadi yang paling boros, hal ini bisa di pastikan karena Y500 masih menggunakan platform Ivy-Bridge.

Conclusions

MSI GE40-2OC menawarkan sebuah pilihan portability bagi para Gamers. Design yang tipis dan ringan namun tetap menyertakan ODD (Optical Disc Drive) sangat-sangat tak bisa di tolak. Performanya juga sangat baik plus tampilan display yang sudah mengadopsi jenis Anti-Glare, membuat beraktifitas di luar ruangan tak terlalu bermasalah.

Yang perlu menjadi perhatian adalah, karena ukurannya yang slim kemampuan disipasi panas barebone ini kurang maksimal, untuk itu tim Pemmz menyarankan agar menggunakan Cooling Pad jika berniat bermain game dalam jangka waktu yang lama menggunakan GE40-2OC ini.

Pros :

  • Tipis dan Ringan.

Cons :

  • No Keyboard backlit.

Fair :

  • Dibutuhkam pendingin eksternal untuk aktifitas gaming dengan durasi lama.

====================

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

26 COMMENTS

    • Pagi bro, di uraian review kami ada menyebutkan harga, untuk harga terupdate kami sarankan untuk lihat langsung di online store kami (www.pemmz.com), silakan menggunakan fasilitas search.

      Di pengujian yg kami lakukan, ge40 bertaha sekitar 70menitan. Bila di konversi ke aktifitas harian, kurang lebih 2,5 jam untuk office dan browsing.

      Terima kasih

        • Dengan fitur nvidia optimus pada notebook yang menggunakan vga geforce, manajemen daya pada notebook tersebut jadi sangat efisien. Walaupun berpredikat notebook gaming, saat di gunakan hanya untuk office dan browsing, konsumsi daya notebook tsb tak akan jauh berbeda dengan notebook biasa (non-gaming)

          Semoga membantu.

          Intinya, pastikan notebook gaming yang anda akan beli nanti mendukung nvidia optimus.

    • Saat ini kita belum ada info bro. Tapi kami sudah catat email anda. Nanti kita akan follow up jika unit sudah ready.
      Atau jika ingin Pre-Order langsung, bisa hubungi kita langsung di 32990032.

      Thx sudah mampir ke blog kita.

  1. Gan, beda performa antara yg pakai core i5 sama yg pakai core i7 jauh g’?
    Bisa tolong dijelasin.

  2. Thanks for the excellent review. I have a question. How could you pull out the HDD caddy? I opened the back cover and tried to find the two screws keeping it from slipping out from the body.

    • Thanks for visiting our blog.

      But we’re sorry, we can’t help answear your question cause in Indonesia, actualy, there no MSI GE40 SKU’s come with optional HDD Caddy (the picture on our review page is belong to another website)

Leave a Reply