y500-Ilustrasi

Overview

Siapa bilang Notebook Gaming dengan perpaduan kualitas dan design wah pasti memiliki bandrol harga yang tinggi. Lenovo IdeaPad Y500 ini mampu membuktikannya di dunia gaming notebook dengan spesifikasi mid-end, mesin gaming ini dibekali dengan graphic card Nvidia Geforce GT750M dan processor Intel Core i7-3630QM yang pastinya masih tergolong kuat menghasilkan performa terbaik dalam menjalankan game-game terkini, namun masih termasuk di harga yang lebih miring jika dibandingkan notebook gaming lainnya, terlebih design-nya yang eyecatching tidak akan membuat notebook ini terlihat murahan. Dan kemampuan upgrade notebook ini juga patut di perhitungkan. Sebab, Y500 juga rencananya beredar dalam versi SLI, seperti pendahulunya yang menggunakan GT650M.

<

Specification

  • Processor Name: Intel Core i7-3630QM, 2.4 GHz
  • Operating System: Microsoft Windows 8
  • RAM: 8 GB
  • Weight: 5.95 lb
  • Screen Size: 15.6 inches. LED-backlit TFT Color, Full HD Display (1920 x 1080)
  • Touchscreen: No
  • Graphics Card: Nvidia GeForce GT750M
  • Graphics Memory: 2048
  • Storage : HDD 1 TB (5400RPM) + 16GB mSATA SSD
  • Networking Options: Intel Centrino Wireless-N 2230, 2×2 Wi-Fi 802.11n + Bluetooth
  • Primary Optical Drive: DVD Ultrabay
  • Battery Type: 72 Whr (Watt hours)

Design

Design yang sekilas bujur sangkar
Design yang sekilas bujur sangkar

Lenovo Y500 hadir dengan bentuk yang sekilas tampak seperti bujur sangkar karena ukurannya yang termasuk kecil dengan dimensi 39 x 387 x 259 mm dan walaupun memiliki bobot 3kg, notebook ini termasuk tidak terlalu berat sebagai sebuah notebook gaming berukuran display 15.6inch, sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai gaming dimana on-the-go. Body yang dilapisi balutan aluminium brush chassis berwarna hitam ini terlihat elegan dan menawarkan durabilitas yang tinggi. Namun lapisan cover maupun workspace-nya ini sangat mudah meninggalkan jejak fingerprints.

Permukaan mudah mengkoleksi fingerprint
Permukaan mudah mengkoleksi fingerprint

Kesan gamer yang sangar juga ditampilkan pada beberapa bagian ; yang paling terlihat jelas terdapat pada bagian keyboard yang berhias warna merah di setiap sisi-nya masing-masing, apalagi ditambah backlit berwarna merah jika laptop dinyalakan. Untuk backlit merah pada keyboard ini juga bisa anda atur dalam 2 level intensitas cahaya atau bisa dimatikan. Lalu pada speaker-nya kita bisa melihat sekilas warna merah dari bagian dalam lubangnya, membuat notebook ini terlihat semakin cantik.

Keyboard ngejrenk + Touchpad luas.
Keyboard ngejrenk + Touchpad luas.

Y500 menghadirkan keyboard berbentuk curve chiclet ciri khas Lenovo bernama AccuType dengan bentuk agak melengkung ke dalam di bagian tengah tombolnya, untuk menghasilkan grip yang pas di jemari penggunanya. Keyboard ini pun terbukti sangat nyaman digunakan mengetik ataupun bermain game berlama-lama.

Kebebasan mengakses touchpad apalagi untuk OS Windows 8 juga didukung oleh ukuran touchpad yang cukup luas, namun tanpa adanya tombol klik kiri dan kanan yang terpisah, hanya ditandakan sebagai pemisah antara klik kiri dan kanan di bagian bawahnya.

Design Body belakang Y500
Design Body belakang Y500

Connectivity

lenovo-laptop-ideapad-y500-4side-15L

Sisi kanan terdapat 2 buah usb port 3.0, HDMI, D-Sub, charging port dan yang khas dari Lenovo recovery button
Sisi kanan terdapat 2 buah usb port 3.0, HDMI, D-Sub, charging port dan yang khas dari Lenovo recovery button

Hampir seluruh port diletakkan di interface sebelah kiri menemani lubang exhaust. Dari total 3 buah port USB, 2 diantaranya adalah USB 3.0 dan sebuah USB 2.0 yang memiliki fitur Always On, terletak di sebelah kanan dan ditandai dengan warnanya yang kuning.

Jika di butuhkan, OOD Drive juga bisa di alih fungsikan lewat koneksi Ultradock
Jika di butuhkan, OOD Drive juga bisa di alih fungsikan lewat koneksi Ultradock

Salah satu fitur spesial dari Lenovo Y500 ini adalah adanya slot Ultrabay di sisi kanan notebook, dimana anda tidak hanya bisa menempatkan Optical Drive pada notebook ini, tapi juga bisa anda customize dengan komponen terpisah dari Lenovo lainnya seperti SLI Nvidia GT750M GPU, HDD tray, atau Cooling Fan. Walaupun Ultrabay hanya dapat berfungsi jika menggunakaan aksesoris resmi Lenovo, hal ini tetap merupakan suatu kelebihan yang patut diperhitungkan.

Indikator & Card Reader persisi di bawah stiker Feature
Indikator & Card Reader persisi di bawah stiker Feature

Display

Glossy, mantul abiiis . .
Glossy, mantul abiiis . .

Berbeda dengan notebook gaming terbaru saat ini yang kebanyakan menggunakan display anti-glare, Lenovo justru mengusung layar yang glossy, sehingga terasa kurang nyaman jika digunakan dibawah sinar matahari. Jadi sebaiknya Pemmz Holics menghindari area yang over bright jika ingin fokus saat bermain game.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sound di endorsed oleh JBL
Sound di endorsed oleh JBL

Benchmark

Langsung saja bisa PemmzHolic lihat dibawah ini, merupakan hasil dari beberapa benchmark performa dari Lenovo Y500. Sebagai notebook gaming dengan Nvidia GT750M ini masih tergolong dalam score yang sedikit di luar prediksi. Jika kita bandingkan dengan GT650M seperti yang ada pada Compal QAL31, geforce GT750M pada Lenovo Y500 kali ini memberi ekstra performance lebih dari 35%, bahkan di 3DMark Vantage, skor GPU GT750M lebih tinggi 50% lebih GT650M 2GB GDDR3. GT750M  pada Y500 memang lebih pas jika dibandingkan dengan GT670M. Seperti halnya QAL31, Fitur chip graphic HD 4000 juga di disabled agar pengguna bisa dengan mudah mengaktifkan fitur SLI yang dimiliki notebook ini.

WEI

pcmark7

Performa sebuah GT750M juga terlihat sangat jauh bertenaga di banding satu seri di bawahnya yakni GT740M yang sudah di maksimalkan dalam Xenom W650EH2.

3d Mark 06

3d Mark vantage

3d Mark 11

3d Mark v1.0 FS n CG

Pemmz sendiri sedikit kaget dengan performa syntetic Y500, sebuah GT750M ternyata mampu melewati performa sebuah GTX660M pada Xenom NP6370 di beberapa poin review. Sayangnya, Pemmz belum sempat mereview real game yang macam-macam. Baru beberapa game FPS populer seperti BF3 dan Crysis 3.

BF3

Crysis 3

BatmanAC 2013-07-12 00-43-51-24

Conclusion

Perpaduan spesifikasi gaming namun dengan design yang “cantik” di rentang harga yang terbilang “terjangkau”, akan sangat sulit mencari tandingan Y500 dengan spesifikasi yang di tawarkan saat ini, 15.6″ Full HD, opsi GT750M (hingga SLI) yang masih sangat jarang di pasaran, membuat para pecinta Lenovo (maupun IBM) di jamin akan tertarik dengan type ini. Walaupun CPU masih mengandalkan Ivy-Bridge, namun masih sangat mumpuni jika melihat perkembangan haswell yang masih belum maksimal saat ini. Mungkin jika kapasitas battery bisa sedikit besar, akan lebih mampu mengimbangi komponen dalam Y500 yang cukup haus daya. Namun sepertinya, design yang membatasi pabrikan meningkatkan kapasitas battery.

Pros :

– Performa keseluruhan, terutama VGA sangat baik.

Cons :

– Design yang terbilang tipis memaksa membatasi kapasitas battery.

Fair :

– CPU masih menggunakan platform Ivy-Bridge

promo Aorus X7 DT GTX 10

17 COMMENTS

    • Saat ini, pihak yang menyalurkan belum bisa menjanjikan apa-apa bro. Untuk versi SLI aja, sepertinya harus melalui PI

  1. bisa di bantu gak gan ? lebih recomended MSI GT60 atau Asus G750 ? dalam waktu dekat ada rencana mau beli notebook gaming di Pemmz. tp masi binggung dengan brand notebook gaming.

    • Di adu dari range harga yang sama, G750 unggul di ukuran LCD (17.3″) dan koneksi Thunderbolt. Sedang GT60 unggul lewat GTX770M, RAM 16GB dan Killer Bigfoot netwaork. Jika ukuran LCD bisa di nomor dua kan setelah performa, GT60 ada pilihannya.

      Termasuk jika ada pertimbangan bobot, tentu saja kami menyarankan MSI GT60 yang lebih ringan hampir 1KG. Kecuali mas bro concern akan design gaming G750 plus workstation yang mendukung disipasi panas lebih baik dari GT60.

      Semoga membantu

  2. agan bos, butuh pencerahan
    mengenai ideapad y480 VS y410p, kenapa hargannya beda tipis ya bos? padahal keluar k pasaran juga dah beda 1tahunan…? mending ambil yg mana?

    • Jika harga yang di maksud adalah harga di web kita, sudah cukup lama memang type Y480 belum kita update. Sebelumnya mohon maaf. Untuk unit yang tersedia di pasaran sekarang adalah Y410P. Untuk info lebih lanjut, bisa hubungi sales kita langsung di nomor telfon 021-32990032.

      Terima kasih.

    • Yang ada di pasaran Y510 saat ini. Perbedaan ada di platform processor, Y510 sudah mengadopsi intel 4th Gen Haswell.

      Bisa call sales kita gan untuk best pricenya -021 32990032-

      Thx sudah mampir ke blog pemmz

Leave a Reply