Seperti biasa, setiap Intel merilis generasi baru pada jajaran Processor mobile mereka, Dell juga turut merefresh lini notebook gaming mereka, Alienware. Dan setelah 4 generasi mengguanakan design barebone yang sama, refresh kali ini cukup mengejutkan karena Dell memutuskan merombak barebone Alienware edisi 2013. Seperti apa design baru dan apa keunggulan design terbaru ini?. Jangan lewatkan juga performance review baik Alienware 14 maupun New Alienware 17 terbaru pada review kali ini. Ok PemmzHolics, lanjuut . . !!!

<

Specification

Spesifikasi

Keterbatasan ruang membuat Dell harus memangkas beberapa fitur pada Alienware 14. Yang paling vital tentu tertutupnya kemungkinan upgrade GPU juga ekspansi memory hingga 32GB. Yang patut di acungi jempol adalah, Alienware 14 terbaru ini terdapat opsi upgrade LCD hingga resolusi Full-HD.

Design

Design ori

Saat pertama kali melihat foto New Alienware yang beredar di Internet, Tim Pemmz sempat kecewa dengan design barunya. “Aneh”, mungkin itu kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkannya saat itu. Tapi hampir 75% pendapat itu berubah saat benar-benar menyentuh dan menggunakannya langsung. Sama halnya seperti melihat design sebuah mobil atau motor baru, karena terbiasa melihat design versi lama, terkadang secara otomatis otak kita akan men”judge” design yang baru lebih buruk.

20130826_113609

Yang paling mencolok dari design baru New Alienware ini adalah tambahan material alumunium anodize pada cover depan LCD, jadi tak lagi polos seperti sebelumnya. Lapisan ini mengikuti hingga ke bottom case. New ALienware ini menambahkan garis-garis menyudut yang menaikan kesan futuristik. Nah, disinilah image “lebih jelek” itu spontan muncul jika kita tak memberi pengamatan khusus akan konsep futuristik yang coba di hadirkan Dell pada New Alienware ini.

  • AlienwareFX
New AlienwareFX Interface
New AlienwareFX Interface
4 Macro Key yang bisa diprogram pada M17X-R5
4 Macro Key yang bisa diprogram pada M17X-R5

Dengan berubahnya design barebone juga konsep lightning, mau tidak mau interface AlienwareFX juga harus diubah mengikuti wujud real hardwarenya. Pada interface baru ini ditambahkan fitur terbaru yang baru ada pada Alienware 17 ini (tidak ada pada Alienware 14), bernama Alienware TactX. Ini merupakan area dalam AlienwareFX dimana kita bisa memprogram macro key untuk diterapkan pada keyboard sesuai keinginan kita atau menyesuaikan dengan game yang sedang di mainkan. Total kita bisa membuat 4 preset untuk disimpan dalam internal flash memory keyboard.

New Lighhtning Concept
New Lightning Concept

Jika pada generasi sebelumnya efek lightning lebih banyak bermain di area workspace, pada New Allienware poin ini di perluas dengan menyebarkannya hingga cover panel. Sisi samping juga mendapat efek lightning berupa garis memanjang yang membuatnya makin futuristik. Seperti seri sebelumnya, area touchpad juga mendapat backlit yang warnanya bisa di atur terpisah atau mengikuti backlit keyboard.

  • Layar
LCD Panel : Anti-Glare
LCD Panel : Anti-Glare

Walau dimensi layar Alienware 14 jauh lebih kecil, namun sudah membekal resolusi Full-HD juga panel jenis Anti-Glare seperti yang di gunakan pada Alienware 17. Persis diatas panel LCD, baik Alienware 14 maupun Alienware 17 terdapat webcam beresolusi 2MP dan mendukung capture video hingga resolusi Full-HD. Juga dual digital microphones yang sangat berguna untuk mendukung penangkapan suara yang lebih clear (Noise supressing feature).

  • Workspace
Perbandingan workstation Alienware M17X-R4 & R5.
Perbandingan workstation R4 & R5.

Area ini termasuk dalam range kekecewaan yang 25% tadi. Bagaimana tidak, mulai dari model keyboard, design keyboard backlit hingga hilangnya tombol-tombol shortcut dan digantikan semuanya oleh kombinasi tombol “Fn”, menurut Tim Pemmz ini seperti “down-grade”. Hanya tersisa tombol power di bagian kiri atas workspace. But, let think positively, pasti pihak Dell punya pertimbangan lain. Seperti subsidi ke part seperti keyboard yang mendukung macro juga material barebone misalnya. Panel Upper Case (sekeliling workstation) sekarang di lebur hitam dove merata hingga ke tiap sisi kanan, kiri depan dan belakang bahkan hingga panel LCD.

WS compair

  • Power Area

Dell merubah posisi battery pada New Alienware 2013 edition ini menjadi di dalam bottom case, tetap dengan model detachable hanya saja untuk mengaksesnya, user wajib membuka penutup bottom case. Membukanya cukup mudah, sama seperti versi terdahulu. Cukup buka dua buah baut pengunci dan geser penutup ke bagian bawah.

Untuk spesifikasi battery, PemmzHolics bisa lihat pada gambar spesifikasi.

Power Area

Port & Connectivity

Port Compair
1. Sisi depan hanya nampak design exhaust baru tanpa tambahan backlit seperti seri terdahulu.
2. Mayoritas port & konektor antara Alienware 17 dan Alienware 14 sama persisi di sisi kiri ini. Yang membedakan hanya charging port pada Alienware 17 yang di pindah ke samping (sebelumnya di belakang).
3. Sisi kanan terlihat sekali pemangkasan 1 port USB di karenakan space yang tak memungkinkan.
4. System exhaust pada Alienware 14 pun hanya mengandalakan satu exhaust dikarenakan GPU yang yang di tanam dalam motherboard hingga memungkinkan untuk saling bagi pakai heat-sink dengan CPU.

Dalam hal inipun keduanya nyaris identik, perbedaannya hanya jumlah USB port dan posisi charging port. Pada Alienware 17, terdapat total 4 buah port USB 3.0 yang salah satunya dibekali fitur PowerShare Technology. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mencharge gadget karena punya arus yang lebih besar hingga 2x lipat dari arus standar sebuah port USB. Selebihnya, Port & Connectivity keduanya sama yakni mini-Display Port, HDMI port, 2 x USB 3.0 port (salah satunya dengan PowerShare Technology), dan audio port (1x line-in + 2x line-out) pada sisi sebelah kiri. Sedang sisi kanan bisa kita temukan RJ45 LAN port, 2x USB 3.0 port (1 buah pada Alienware 14), Slot Loading ODD, dan 4-in-1 Card Reader. Posisi port charging pada Alienware 17 baru ini dipindah dari yang semula ada di belakang ke sisi kiri persisi disebelah Kenshington Lock. Sedang charging port pada Alienware 14 tetap berada di belakang, hanya saja posisinya di geser lebih ke kanan.

Upgrade Option

20130822_100431

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Persis seperti seri terdahulu, opsi upgrade yang di tawarkan sebagai kelebihan produk-produk Alienware sangatlah terbuka. Dan pada kedua produk ini, opsi upgrade yang memungkinkan juga sama poin-poinnya dengan seri terdahulu. Alienware 17 menawarkan opsi upgrade hingga ke GPU, minus dual graphic. Sedangkan Alienware 14, hanya sebatas CPU, RAM, HDD, m-SATA SSD dan ODD tanpa opsi upgrade GPU. Dengan begitu, anda harus puas dengan GTX765M sebagai GPU default.

Ok PemmzHolics, karena space yang memang sudah terlalu panjang, untuk review performance akan tim Pemmz pisah di part #2. Ayo, Jangan lupa subscribe untuk jadi yang pertama bercerita tentang performa new Alienware 2013. Atau ada yang sudah benar-benar penasaran dengan performa duo Alienware 2013 edition ini? Coba langsung klik salah satu banner di website pemmz untuk info Pre-Order 😉

promo Aorus X7 DT GTX 10
REVIEW OVERVIEW
Performance
Handling
Upgrade Option
Power Consumption
Price
SHARE
Previous articleMSI Slider S20 Hand-Ons Review
Next articleDid you know?! Cara Memastikan Versi Asli OS Android.
He has written about Computer Hardware, Gadget News and Games for more than 5 years, including stints as hardware editor at PinPoint Publication and editor in chief of Pemmzchannel. His work has appeared in publications including, PCMedia Magazines, TnT Mild, Web & e-Magazines of Pemmzchannel.

6 COMMENTS

  1. Ini yg versi baru bukannya namanya sudah tidak pake M didepan ukuran layarnya utk membedakan yang baru dengan desain yang lama ya?
    Desain m14x yg baru namanya alienware 14.
    CMIIW

    • Yup, betul sekali bro.
      Dibeberapa paragraf, kita juga sudah ada sounding. Hanya saja, dari pihak distributor Indonesia, masih menggunakan penamaan M dan R pada belakangnya.

Leave a Reply