Review : Alienware M17X R4-3D Full Customized by Pemmz

Sudah lama sepertinya Pemmz tak menurunkan review produk notebook gaming. Sebenarnya sudah beberapa produk yang kami review akhir-akhir ini. Dikarenakan sesuatu dan lain hal, ada saja yang membuat artikel review tertunda naik ke khalayak ramai 😀

Jreeeng . . jreeeng . . spesies yang akan kita publish performanya adalah The All New Alienware M17X R4-3D. Untuk diketehaui, R4 memiliki ukuran ketebalan yang sama dengan  R3 yang pernah kami review disini. Pertama kali yang langsung terlihat adalah sisi port dan interkoneksi, tak ada yang berubah dari seri R3. Letak tiap-tiap portnya juga sama persis. Pun tak ada penambahan jenis koneksi baru pada versi R4 ini.

Panel sisi kiri dan kanan
Panel dan Port tak ada yang berubah.

Bagian audio masih dikawal Klipsch 2.0. Namun ada penambahan audio controller yang saat ini menggunakan Creative Sound Blaster Recon3Di High-Definition 5.1 Audio with THX TruStudio Pro Software.

Jika pada Alienware M17X-R3 masih menggunakan Intel berbasis Sandy-Bridge, pada R4 secara default sudah menggunakan Intel Ivy-Bridge. Karena pada dasarnya Alienware adalah notebook gaming yang open untuk di custom, paket standar untuk Video Card bisa ditentukan oleh pengguna. Kebetulan, yang kami review kali ini meggunakan Nvidia GTX680 4GB. Seperti kita tahu, pada versi R3 yang kami review sebelumnya, Alienware mempercayakan urusan grafis processing pada arsitektur AMD. Nah dengan kembali ke arsitektur Nvidia, sepertinya seri R4 ini benar-benar dirancang penuh untuk mesin gaming yang handal. Karena seperti kita tahu, banyak pihak yang lebih mengandalkan Nvidia untuk urusan komputer gaming mereka.

Galery

R4_1-tile2

Fusion-in-action
Fusion-in-action

Berikut spesifikasi lengkap Alienware M17X-R4 3D yang kami review kali ini :

CPU : Intel Core i7 3610QM Customized to Intel Core i7 3930XM

GPU : Nvidia Geforce GTX680M 4GB

RAM : 8GB Customized to 32GB (4 x 8GB / 1600MHz)

HDD : 2 x Crucial SSD 512GB (in RAID-0 Mode)

ODD : Slot-Loading 8x SuperMulti Drive (DVD¹R/RW)

LCD : 17.3″ (43.94 cm) 120Hz WideFHD (1920 x 1080) WLED LCD w/3D Bundle

Audio : Creative Sound Blaster Recon3Di High-Definition 5.1 Audio with THX TruStudio Pro Software

Power : High Capacity 9-cell Lithium Ion (90whr)

3D Dan Audio

Spesial 3D dan Audio sistem
Spesial 3D dan Audio sistem

Display 3D yang ada pada M17X-R4 sangat terbantu dengan kualitas kecerahan dan warna yang sangat baik. Sisi Audio, Creative Sound Blaster Recon3Di menawarkan efek surround yang boleh dikatakan di atas rata-rata. Dengan konfigurasi speaker mini khas Alienware yang terkenal “kurang nendang”, sensasinya memang kurang begitu terasa. Namun jika anda padukan dengan headset yang tepat, baru kualitas suara maksimal bisa anda rasakan. Ditambah fitur Scout Mode™, anda otomatis punya satu senjata tambahan dalam bermain game FPS yang membutuhkan konsentrasi pendengaran tingkat tinggi.

Battery Life

Sebenarnya tak mengherankan jikalau performa battery M17X-R4 memeningkat beberapa persen. Imbas dari penggunaan Ivy-Bridge dan Nvidia based Kepler yang dibekali fabrikasi lebih kecil, otomatis menghemat konsumsi daya keseluruhan. Terutama saat dibandingkan dalam keadaan sama-sama full load. Namun dengan spesifikasi yang digendongnya, sangat sulit untuk bisa lebih bertahan lama diatas 252 menit untuk pengujian standar.

Perbandingan kekuatan battery dengan beberapa kompetitor.
Perbandingan kekuatan battery dengan beberapa kompetitor (menit).

Customize

CPU Boost

i7 3610QM dieliminasi dan diganti dengan i7 3920XM.

Dari sisi spesifikasi, bisa dikatakan “makhluk” ini sudah di berkati spesifikasi kelas dewa. Namun sifat dasar manusia yang tak pernah puas :D, modifikasipun tetap dieksekusi. Poin awal yang di upgrade adalah Processor. Dari defultnya Intel Core i7 3610QM, kita ganti jadi Core i7 3920XM. Dengan L3 Cache yang lebih besar, clock speed yang lebih tinggi, termasuk jika Turbo Boostnya aktif, Intel Core i7 3920XM merupakan pilihan untuk mereka yang kegiatan komputasinya seringkali membutuhkan multitasking juga virtualisasi. Peningkatan disisi CPU Processing, pastinya tambah maknyuussss.

Tak ketinggalan spesial Thermal compound untuk disipasi panas maksimal.
Tak ketinggalan spesial Thermal compound untuk disipasi panas maksimal.
Hasil benchmark sintesis

Di sisi grafis, kami anggap Geforce GTX680M dari Nvidia masih yang paling perkasa untuk urusan 3D dan Gaming di paltform mobile. Dengan kolaborasi driver terbaru dari Nvidia, Alienware M17X-R4 3D ini sukses membuat semua game berjalan mulus dalam seting High. Intinya, semua game masih di jamin playable dengan tampilan yang baik. Walau dibeberapa game performa GTX680M pada M17X-R4 ini ada juga yang belum bisa melewati AMD HD 6970 2GB yang ada pada M17X-R3. Alienware M17X merupakan Notebook yang didisain agar full customize. Poin ini merupakan nilai investasi dikemudian hari. Bagi anda yang ingin menggunakan AMD HD 7970 pada M17X-R4 ini, Pemmz siap merakitkannya untuk anda. Dan jika tahun depan Nvidia atau AMD merilis versi VGA seri baru (dengan catatan masih didukung oleh notebook ini), anda tak perlu mengganti 1 unit notebook anda hanya untuk mendapatkan performa VGA baru tersebut. Dan tak perlu pusing VGA lama anda akan di kemanakan, karena pihak kami masih akan selalu memberi opsi “Trade-In” .

Real Game Test Benchmark

Memory Boost.

Diselipin yang seperti ini 4 biji didalamnya.

Dengan platform Ivy-Bridge pada M17X-R4, berarti sudah mendukung memori dengan clock speed 1600MHz. Secara default, M17X-R4 juga sudah dibekali 8GB RAM DDR3 dengan clock speed 1600MHz. Masalahnya, ternyata Alienware ini nantinya tak sekedar memuaskan hoby bermain game si user. Beliau bilang, pekerjaannya juga menuntut spesifikasi notebook yang serba tinggi. Menimbang hal tersebut, bagian Memory-pun kena sentuhan upgrade. Tidak mau setengah-setengah, 4 buah Memory Corsair Vengeance 8GB/1600MHz sukses duduk manis di 4 buah slot Memory yang ada pada Alienware M17X-R4 3D ini. Dengan konfigurasi ini, harusnya si user ga perlu lagi lembur sampai pagi di kantor hanya sekedar nunggu proses render selesai. Teknologi dual channel tentu saja memberi efek yang sangat luar biasa pada notebook yang menerapkannya. Proses multitasking yang seringkali secara tidak sadar kita lakukan, akan berjalan lebih smooth.

Geekbench result.

Storage Boost.

Merasa hardisk berbasis plate kurang “nggreget”, akhirnya diputuskan untuk melengserkan hardware tersebut dan menggantinya dengan storage berbasis SSD. Puas gan? “Belum om” Kata si user. :#!%%????
Waduuuuuh, akhirnya Pemmz kasih solusi dua buah SSD Drive 512GB di rakit dengan konfigurasi RAID-0 “Stripe” setelah menawarkan konfigurasi dua HDD konvensional juga ditolak. Usernya pun langsung tersenyum puas melihat Windows Experience Index yang menunjukan skor maksimal. Lalu apa lagi keuntungan mengkonfigurasi 2 buah SSD dalam mode RAID?. Secara dengan mode single saja, sebuah SSD sudah mampu memberikan performa yang sangat signifikan. Sebagai informasi, anda bisa lihat tabel di bawah ini.

Perbandingan via PCMark7
Perbandingan via PCMark7

Sebagai info, berikutnya adalah table perbandingan antara pengaplikasian HDD dan SSD di notebook. Ini juga berlaku untuk pengaplikasian pada desktop.

Keuntungan utama SSD.

Power Suply Adaptor

240W Power Suply Adaptor
240W Power Suply Adaptor

Karena memang didisain untuk di custom, pihak Dell membekali M17X-R4 ini dengan adaptor yang sangat mumpuni. Dengan kemampuan output yang mencapai 240W, kami pastikan anda tak perlu mencari adaptor ekstra untuk mengakomodasi apapun jenis hardware yang anda jejalkan didalamnya.

Kesimpulan

Alienware M17X-R4 3D secara garis besar mengalami perombakan hanya di spesifikasi. Tentu saja ada sebagian dari anda yang kecewa karena tak ada hal baru yang sigfikan berubah pada bentuk dan disainnya. Terlepas dari itu, dengan range harga yang kurang lebih sama dengan M17X-R3 pada masanya, anda berhak mendapatkan platform Intel Ivy-Bridge terbaru plus Video card Nvdia teranyar. Jangan lupakan pengalaman audio baru yang ditawarkan Creative Sound Blaster Recon3Di yang akan memberikan sensasi lebih real selama bermain game. Guaranted!!

3D Effect
3D Effect

note : beberapa gambar dan foto kami ambil dari web-web lain.

loading...

7 KOMENTAR

  1. misi gan… ni jual dri indo kan? sy mw mnta nmr HP na yg jual alienware dong.. bwt sya tnya” ongkir + cra pmbyran na… ty

Tinggalkan Balasan