Intel dan AMD Bekerjasama lewat AMD RTG Project Canis

AMD RTG Project Canis (kredit: WccFtech)

Project Canis mewakili sebuah code name yang menggambarkan kerjasama Intel dan AMD di bidang GPU. Proyek tersebut bertujuan untuk menggabungkan fasilitas fabrikasi Intel yang luar biasa dengan ambisi grafis RTG. Singkat cerita, RTG akan mendesain GPU, sementara Intel yang akan mengerjakan proses fabrikasinya.

RTG adalah sebuah divisi milik AMD yang memiliki reputasi baik dalam bidang pemrosesan chipset GPU. Dengan bergabungnya Intel dalam skema kerjasama ciamik, tampaknya peta industri GPU akan berubah di masa depan.

Berdasarkan informasi dari Wccftech, GPU yang diproduksi lewat skema Project Canis akan diproduksi berdasarkan proses arsitektur 10nm++. Dan karena nantinya akan dibantu oleh proses fabrikasi khas Intel, clock GPU akan dinaikkan sampai 2.4GHz, yang tentu saja menunjukkan angka clock yang luar biasa untuk sebuah GPU.

Sebagai gambaran singkat, berikut spek yang bakal dituangkan ke GPU tersebut:

Pemrosesan: 10nm++ (Intel)
Arsitektur: Canis 10
Stream prosesor: 10240
Core Clock: 1800 MHz (2441 Mhz)
Memori: HBM4 32GB

LG Gaming Monitor Campaign

Tentu saja performa yang lebih tinggi berarti GPU tersebut nantinya akan dihargai jauh lebih tinggi. Hanya saja, segala hal terkait Project Canis masihlah berada dalam lingkup misteri, dalam arti kita masih harus menunggu sampai sebuah produk GPU dalam skema Project Canis dirilis ke pasar.

Menurut jadwal, produk GPU hasil kerjasama Intel dan AMD diharapkan bisa muncul pada tahun 2018, persisnya ketika masa liburan tiba. Nah, karena semuanya masih serba samar, ada baiknya kita menonton sebuah video teaser di bawah ini, yang mungkin akan sedikit memberi gambaran tentang Project Canis.

Kerjasama antara Intel dan AMD bukanlah berita baru. Sebelumnya mereka berdua telah sepakat untuk bergabung dalam sebuah platform project CPU yang terintegrasi bersama dengan GPU. Dalam kerangka ini, Intel mengerjakan arsitektur CPU-nya, sementara AMD mengerjakan proses produksi chipset GPU-nya. Produknya sudah bisa kita lihat melalui Kaby Lake G.

Singkat kata, AMD RTG Project Canis menandai ambisi baru untuk memproduksi sebuah GPU super cepat yang rasanya bakal mengubah segalanya terkait high-end gaming di masa depan.