Senin Dilema: Laptop dengan CPU bagus atau RAM lebih Besar?

Laptop dengan CPU bagus atau RAM besar?

Kalau kamu menanyakan pertanyaan seperti yang ada di judul artikel ini, maka kami akan menjawab begini: setidaknya, sebuah laptop dengan CPU Intel Core i5 dan RAM 8GB sudah lebih dari cukup. Sebab spek laptop dengan CPU macam itu, plus dukungan RAM sebesar itu, akan bekerja sangat baik untuk kebanyakan orang. Namun kami juga tahu: setiap orang unik, begitu pula kebutuhannya. Jadi tidak semua orang bakal setuju dengan kami.

Anggaplah misalnya kamu sedang bermain-main di toko online kami, Pemmz.com, dan sedang mencari sebuah laptop baru. Di toko kami ada sebuah model laptop, yakni Dell Inspiron seri 7000. Sebagaimana kita tahu, perusahaan perakit laptop tersebut mengeluarkan beberapa model dari seri tersebut.

Contoh misalnya:Dell Inspiron 7577

Inspiron 7577
Kredit gambar: Dell
LG Gaming Monitor Campaign

Perangkat laptop satu ini hadir dengan CPU Intel Core i7-7700HQ dan RAM sebesar 16GB. Pada dasarnya, kombinasi CPU dan RAM semacam itu sudah lebih dari cukup untuk membantumu mengerjakan banyak hal, mulai dari browsing internet dengan membuka banyak tab, sampai bermain gim-gim ringan.

Tetapi tentu saja terkadang selalu ada banyak orang yang menginginkan perangkat laptop yang up to date. Artinya, mereka ini menginginkan sebuah perangkat dengan CPU termutakhir.

Kalau begitu kasusnya, kami cenderung lebih suka perangkat dengan model yang sama, namun dengan jeroan baru. Sebuah Dell Inspiron seri 7000 dengan CPU Intel Core 8th gen rasanya memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Sudah ada banyak hasil uji coba yang memberi sinar terang tentang bagaimana prosesor Intel Core generasi kedelapan yang mampu bekerja lebih cepat dibanding generasi ketujuh. Jadi kalau ada kesempatan untuk membeli sebuah perangkat dengan prosesor generasi terbaru, kami menyarankan kamu untuk mengambilnya. (Ingat, di sini kami tidak memasukkan elemen harga perangkat sebagai bahan pertimbangan.)

Namun agaknya Dell belum juga membuka pintu bagi masuknya produk laptop terbaru mereka yang dipersenjatai prosesor Intel Generasi ke-8. Jadi masih sulit bagimu untuk menemukan produk baru Dell dengan spesifikasi macam itu. Nah, di sinilah kamu bisa mempertimbangkan sejumlah alternatif.

Misalnya: Acer Swift 3 2nd Generation atau New Acer Aspire E5-476G

Dua-duanya sudah hadir dengan prosesor Intel generasi ke-8, dan mereka berdua tentu bisa memenuhi hasrat sebagian orang yang menginginkan prosesor terbaru di perangkat laptop mereka.

New Acer Aspire E5-476G: Intel 8th Quad Core i7 8550U plus RAM 4GB
Acer Swift 3 2nd Generation: Intel® Core™ i5-8250U plus RAM 8GB

Ketika melihat spek di atas, mungkin kamu akan mengernyitkan dahi sembari menjatuhkan pilihan pada New Acer Aspire, sebab di atas kertas jeroannya lebih baik dibandingkan dengan Acer Swift 3. Namun kalau urusannya adalah bodi yang lebih tipis dan bobot lebih ringan, plus desain yang lebih menarik, tentu saja Swift 3 jadi jawaban yang paling pas. Dua-duanya masih menyediakan jalan lapang bagi pengguna untuk menambah lebih banyak RAM di dalam perangkat. New Acer Aspire E5-476G, misalnya, memberi kesempatan bagi pengguna untuk menambah RAM sampai 32GB.

Untuk urusan tambah menambah RAM, kamu mesti menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan. Maksudnya, kalau kamu adalah seorang teknisi jaringan yang membutuhkan perangkat untuk menganalisis jaringan dengan cepat, tentu saja jumlah RAM yang terpasang di dalam perangkat perlu diperhatikan dengan seksama.

Intinya: orang dengan keahlian sebagai teknisi jaringan mestinya membeli sebuah laptop dengan opsi slot RAM yang bisa ditambah atau diganti (jadinya, laptop dengan RAM yang tidak tersolder di mobo bakal jadi pilihan lebih baik). Dengan begitu dia lebih punya banyak kesempatan untuk meningkatkan performa perangkatnya.

Jadi kalau berbicara tentang mana yang sebaiknya dipilih: laptop dengan CPU lebih baik atau jumlah RAM yang lebih banyak, maka opsi kedua mungkin akan lebih baik bagimu.