Melindungi Perangkat dari Bahaya Meltdown dan Spectre

bahaya meltdown dan spectre

Kredit gambar: Willow Tree Apps

Baru-baru ini kamu mungkin mendengar tentang ancaman keamanan, alias bahaya Meltdown dan Spectre yang tidak hanya mengancam perangkat smartphone, namun juga perangkat PC dan/atau laptop. Meski mengkhawatirkan, kamu perlu tetap terlihat cool dan tenang, sebab kami akan membeberkan cara mengatasinya.

Apa itu Meltdown dan Spectre

LG Gaming Monitor Campaign

Dua-duanya adalah julukan yang diberikan untuk cacat keamanan yang ditemukan di sejumlah prosesor yang diproduksi oleh AMD, Intel maupun ARM. Kalau bahaya itu menghampiri perangkatmu, maka akan tercipta lubang dari aplikasi terbuka yang memudahkan hacker untuk mengakses kata sandi, kunci enkripsi, dan informasi privat lainnya.

Cacat keamanan itu ditemukan oleh beberapa orang, termasuk anggota Project Zero Google, yang kemudian merilis kabar mengejutkan itu ke publik. Ketika ditemukan pertama kalinya, mereka mengatakan cacat itu sudah ada di desain chip selama lebih dari 20 tahun, dan membawa masalah pada sejumlah prosesor yang tertanam di web server, PC rumahan, bahkan smartphone yang dibawa seorang remaja.

Apakah Pengguna perlu Khawatir?

Sampai saat ini belum ada laporan yang menyebut kerugian pengguna yang diakibatkan oleh Meltdown atau Spectre. Lagipula, vendor perangkat kabarnya sedang bekerjasama dengan AMD, ARM, dan Intel untuk memperbaiki cacat keamanan tersebut.

Jadi, sebetulnya pengguna tidak perlu panik berlebihan, meski benar bahwa kita mesti terus membuka mata terhadap tawaran pembaharuan dari segi software – yang mungkin diterima lewat perangkat yang kita gunakan.

Kabarnya eksploitasi terhadap cacat keamanan yang disebut di sini bisa menghapus, memodifikasi, atau mengubah data sehingga tak lagi bisa diakses. Di masa depan bahkan ada kemungkinan muncul, bahwa para vendor prosesor akan melakukan desain ulang produk mereka.

Intinya adalah: Perbarui sistem operasi kamu

PC berbasis Windows tampaknya memiliki kemungkinan besar untuk diserang oleh Meltdown atau Spectre, tidak peduli apakah ia menggunakan prosesor AMD atau Intel. Kabar baiknya, Microsoft sudah merilis sebuah pembaharuan keamanan untuk Windows 10, dan juga untuk versi Windows sebelumnya. Pastikan kamu sudah memperoleh pembaharuan yang dimaksud.

Untuk pengguna ponsel Android, Google sudah merilis pembaharuan pada 5 Januari silam, yang akan membantu pengguna untuk melindungi ponsel pintar dari serangan Spectre dan Meltdown. Pengguna beberapa jenis ponsel Google seperti Nexus 5X atau Pixel 2XL dan Pixel 2 seharusnya sudah memperoleh notifikasi pembaharuan secara otomatis.

Sementara itu ponsel Android bikinan vendor lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memberi pembaharuan keamanan. Semoga mereka tidak butuh waktu terlalu lama. Tetapi intinya, segeralah perbarui sistem operasi ponselmu begitu ada pemberitahuan tentang “new update“.

Apple akhirnya harus mengakui bahwa sistem mereka juga tidak lepas dari kesalahan keamanan. Maksudnya, produk seperti iPhone juga tidak lepas dari ancaman Spectre atau Meltdown. Untuk mengatasinya, Apple sudah merilis mitigasi untuk menangani cacat Meltdown di iOS 11.2. Jadi sebaiknya kamu mulai memeriksa apakah pembaharuan sudah disediakan di iPhone yang kamu gunakan.

Apple juga sudah merilis iOS 11.2.2 yang harus diunduh dan dipasang secepatnya. Meski tidak menyebut bahwa solusi mereka bukan dirancang untuk menambal cacat Spectre, namun Apple menyebut bahwa mereka akan terus melakukan uji coba mitigasi guna menyelesaikan probelm tersebut.

Bagi pengguna Mac, Apple sudah merilis pembaharuan di versi 10.13.2. Jadi sebaiknya pengguna membuka mata selebar-lebarnya terhadap versi terbaru dari OS yang sekarang sudah tersedia di Mac App Store. Versi ini tersedia untuk OS X atau macOS.

Jadi intinya adalah: terus buka matamu dan lakukan pembaharuan OS begitu disediakan oleh vendor.