MSI GE63VR 7RFX Raider Pro – Paket Komplit Notebook Gaming GTX 1070 15-inch

Jika diperhatikan, MSI selalu membuat produk-produk notebook MSI menawarkan tak hanya performa. Tapi juga menawarkan fitur-fitur yang memang berguna untuk kegiatan gaming. Termasuk MSI GE63VR 7RFX Raider Pro yang akan kita review kali ini.

Design & Build Quality

Review MSI GE63VR 7RFX Raider Pro build quality
Material MSI GE63VR 7RFX Raider Pro masih meneruskan tradisi MSI GE series

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro menggunakan chassis baru yang nyaris memberikan banyak perbedaan dibanding versi GE terdahulu, kecuali mungkin jika dilihat dari belakang. Sepintas, design exhaust hingga engsel bagian belakang tidak berubah, masih menggunakan lubang bergaya vertikal line yang dipadu dengan red line memanjang dari kiri ke kanan. Mulai dari sisi kiri kanan, baru terilhat berbeda jauh sebab lubang exhaust diduplikasi hingga ke area I/O port bersarang.

Review MSI GE63VR 7RFX Raider Pro DesignUntuk cover LCD luar yang berbahan aluminum, ditambahkan strip line membentuk boomerang yang sebelumnya merupakan ciri khas GT series. Di sini tampak MSI mencoba menguatkan aura high-end pada Raider hingga lebih terlihat beda dari seri GP apalagi GL. Masuk kebagian workstation, tak ditemukan lagi permukaan membentuk trapesium khas MSI G series sebelumnya. Kini, MSI membuat lebih rata secara keseluruhan. Namun tetap memberikan sentuhan abstrak di ujung kanan papan keyboard yang berujung pada tombol power dan 2 tombol shortcut di bagian atas.

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro Bottom caseBagian bottom case juga berubah signifikan, terutama bentuk lubang ventilasi udara masuk yang dibentuk seperti bayangan dari bagian cover LCD. Jadi jika dibentangkan, terlihat bagian cover LCD dan bottom case membentuk satu kesatuan.

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro workstationPenggunaan material aluminum pada cover LCD dan upper case, bukan hal baru untuk  GE series. Dan hal ini diteruskan pada Raider Pro. Bahan logam tersebut tentu membuat area cover LCD dan upper case minim sekali flex. Selain itu, tentu juga membantu menyerap udara panas yang berputar di bagian dalam chassis.

Spesifikasi dan Harga MSI GE63VR 7RFX Raider Pro

Mari kita lihat dulu spesifikasi yang ditawarkan MSI GE63VR 7RFX ini. Kombinasi processor Intel core i7 7700HQ dan GPU Nvidia Geforce GTX 1070 8GB GDDR5, membuat ia harus bertarung di range harga sekitar 30 juta rupiah. Sebenarnya, lawan mainnya di segmen notebook 15,6-inch kelas GTX 1070 tidak banyak. Saat konten ini diterbitkan, hanya ada Gigabyte Aero 15X dengan GTX 1070 Max-Q nya. Selebihnya, kebanyakan notebook GTX 1070 hadir dalam chassis 17-inch.

Untuk RAM, MSI GE63VR 7RFX Raider Pro ini menawarkan 2 x 8GB DDR4 pc 2400MHz (Kingston MSI24D4S7S8MB-8). Sedangkan untuk storage, terdapat sebuah Slot HDD 2,5-inch yang sudah terisi HDD 1TB 7200 rpm (HGST HTS721010A9E630) dan 2 buah slot M.2 yang salah satunya sudah terisi SSD PCIe 256GB (Toshiba THNSNJ256G8NY). Sebagai info, dengan 2 buah slot M.2 PCIe tadi, MSI GE63VR 7RFX Raider Pro ini mendukung RAID 0 yang menjanjikan throughput hingga 3,3 gbps. Sayangnya, karena ia menggunakan adapter, proses instalasinya sedikit sulit. Sedangkan untuk networking, baik LAN adapter (Killer E2500 Gigabit) dan WiFi Adapter (Killer 1435 ac), mengadopsi produk Killer Network. Tentu anda juga mendapatkan Bluetooth adapter V 4.1 dengan throughput 3 Mbps.

  • Handling

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro webcam and dual array micTentunya, jenis produk ini incaran para gamer dan profesional yang butuh performa komputasi kelas atas namun concern pada dimensi dan bobot. Bicara dimensi, MSI GE63VR 7RFX hadir dengan chassis berdimensi 383 x 260 x 27.5 mm (WxDxH). Tidak terlalu wow menurut kami. Berbeda dengan beratnya yang hanya 2,39 kg. Membuat pemmzchannel cukup kagum sekaligus penasaran dengan kualitas cooling system di dalam MSI Raider ini. Seperti kita tahu, MSI biasanya amat royal dengan kuantitas system pendingin pada produk notebook mereka.

Display Panel dan Audio

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro display panelBeralih ke area display panel, spesifikasi layar yang ditawarkan MSI GE63VR 7RFX ini terbilang super. LCD jenis TN dengan seri CMN N156HHE-GA1 buatan Chinmei ini menawarkan refresh rate 120 Hz sekaligus respons time 3 ms. Dua (2) fitur yang memang akan meningkatkan gaming experience penggunanya. Untuk memaksimalkan hasil tampilan, pengguna bisa bermain-main dengan fitur MSI True Color 2.0 yang memungkinkan banyak sekali pengaturan tampilan. Mulai beberapa preset warna berbeda untuk tiap jenis komputasi (Multimedia, Gaming, Profesional, dll). Hingga anti-blue untuk penggunaan durasi panjang di malam hari, agar mata tidak cepat lelah.

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro speakerYang juga baru dan juga patut di acungi jempol adalah konfigurasi speaker yang kini menawarkan 2 x speaker 2 watt plus 2x Woofer 3 watt. Total, terdapat 4 speaker buatan Dyna Audio yang dipoles juga dengan audio enhancer dari Nahimic V2. Lebih tertarik menggunakan headphone, tenang. MSI Raider juga dilengkapi ESS Sabre DAC yang sudah pemmzchannel buktikan mampu mengubah headphone kelas rakyat jelata, jadi headphone kelas sultan. Gak percaya? Silakan mampir ke showroom pemmz untuk membuktikan.

Workstation & I/O Port

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro upper casePerubahan signifikan juga terjadi di area workstation, walaupun tak selalu diharapkan semua pihak terutama non-RGB user. Untuk hardware keyboard, MSI menambahkan fitur kekinian pada keyboard SteelSeries andalan mereka selain travel key 1.9 mm dan anti-ghosting hingga 45-keys. Kali ini, seting warna RGB backlit – nya tak hanya terbatas untuk 4 blok berbeda, melainkan bisa anda atur per-tombol atau per-key. Fitur per-Key RGB Backlit juga terintegrasi dengan SteelSeries Engine 3. Jadi, pengguna bisa mengatur segalanya dari sini, termasuk seting macro key.

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro USB Type R
USB Type R

Satu hal yang sebenarnya simple, tapi amat berguna bagi seorang gamer umumnya hadir pada I/O port MSI GE63VR 7RFX Raider Pro terbaru ini. Yap, MSI menambahkan lighting pada 3 buah USB 3.1 type A dan mengganti branding namanya menjadi type R. Hal ini untuk memudahkan pengguna menemukan port USB dalam ruangan yang gelap. Sedangkan untuk susunan I/O port lain, pengguna bisa temukan beberapa jenis I/O port modern pada Raider 7RFX ini. Salah satunya, port USB 3.1 type C gen 2, mini Display port dan full size HDMI yang mendukung resolusi 4K 60Hz. Dan sedikit ralat pada video overview kami sebelumnya, MSI GE63VR 7RFX belum mengintegrasikan Thunderbolt 3. Menurut pemmzchannel memang kurang diperlukan mengingat ia sudah menawarkan perfora GTX 1070 yang sudah cukup powerfull.

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro IO portPerforma

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Geforce GTX 1070 versi notebook, merupakan satu-satunya GPU kelas notebook yang menawarkan jumlah cuda core lebih banyak dari GTX 1070 versi desktop. Tapi tetap dengan GPU clock yang lebih rendah. Benefit ini akan lebih bermanfaat untuk para profesional yang membutuhkan performa GPGPU (pararel computing). Sedangkan untuk  gaming, GTX 1070 memiliki performa rata-rata 35% hingga 50% lebih tinggi dari GTX 1060 di berbagai judul game. Sedangkan dibanding GTX 1080, ia kalah kencang sekitar 25 hingga 30%.

Cooling System

Temperature Comparison table MSI GE63VR 7RFX Raider Pro
Keadaan temperatur MSI GE63VR 7RFX setelah test gaming dibanding notebook lain

Konfigurasi 7 heatpipe dan 4 lubang exhaust, merupakan sales poin yang signifikan sebab menjadikan kemampuan cooling systemnya di atas rata-rata produk sejenis. Test endurance yang kami lakukan, hanya mempu membuat temperatur CPU menyentuh 89’C dan GPU di 79’C. Di mana rata-rata notebook 15,6-inch lain yang mengkombinasikan i7 7700HQ dan GTX 1070, tembus hingga 95’C lebih untuk CPU dan 85’C untuk GPU.

Battery Performance

Batt benchmark Log MSI Raider proHarus di akui, untuk menghadirkan Cooling system yang baik, butuh space tidak sedikit dalam chassis Raider pro. Untuk itu, dengan space yang tersisa. Nampaknya MSI tak bisa berbuat banyak selain menggunakan kapasitas battery yang tergolong mini. Tapi tak hadirnya G-Sync, membuat MSI GE63VR 7RFX Raider Pro masih bisa berjalan dengan Intel HD untuk menghemat battery. Untuk test battery ala pemmzchannel yang menjalankan simulasi rendering dengan hardware usage 40%, battery 51Wh pada Raider pro hanya bertahan 40 menit.

Conclusion

MSI GE63VR 7RFX Raider Pro (8)MSI GE63VR 7RFX Raider Pro power adaptorSejauh yang pemmzchannel temui, MSI GE63VR 7RFX, merupakan notebook 15,6-inch dengan performa GTX 1070 paling bagus performa cooling systemnya. Beberapa kekurangan seperti jarak antar I/O port dan kapasitas battery, nampaknya merupakan butterfly effect yang tak bisa dihindari, sebab MSI lebih mengedapankan performa cooling system.

Dari sisi harga, pemmzchannel juga sudah pastikan, Raider Pro paling price to performance saat ini. Dengan banderol tak sampai 30 juta, tepatnya 29,999,000 juta rupiah nampaknya akan sulit menampik ia sebagai pilihan teratas bagi anda gamer atau profesional yang mencari unit laptop 15,6-inch bertenaga GTX 1070 8GB GDDR5. Bagaimana, Tertarik? Sudah tersedia di pemmz loh untuk kamu miliki.

Pros :

  • Panel 120Hz 3ms
  • Fitur Gaming Melimpah
  • Performa Cooling system di atas rata-rata
  • Bobot ringan dibanding rata-rata laptop gaming 15,6-inch
  • Quad speaker Audio System komplit dengan DAC.

Cons :

  • Kapasitas Battery tergolong kecil dibanding rata-rata laptop 15,6-inch
  • Posisi I/O port kurang renggang

 

 

loading...

Tinggalkan Balasan