Overview HP Pavilion 15 BC045TX: Tampang Pebisnis untuk Kelas Menengah

Pavilion 15

Dulu kami sempat menulis ihwal tipe laptop gaming yang cocok untuk dibawa mudik ke kampung halaman, dan HP Pavilion 15 BC045TX masuk ke dalam daftar perangkat yang kami tawarkan. Alasannya sederhana: perangkat laptop satu ini hadir dengan material logam premium. Ditambah dengan aksen krom di beberapa area pada bodi perangkat, cocoklah Pavilion 15 BC045TX untuk dijadikan bahan pertimbangan. 

Baca juga: Mau Maen PC Game di Kampung Halaman? Ini Dia 5 Laptop Gaming Paling Nyaman di Bawa Mudik

Perangkat seperti HP Pavilion 15 BC045TX agaknya menjadi sebuah perwakilan dari ambisi HP yang ingin menyodorkan sebuah laptop gaming dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan yang lain. Di atas kertas langkah semacam itu menjadi terlihat masuk akal. Pavilion 15 BC045TX memadukan sebuah prosessor Intel Core i7 dengan GPU NVidia level menengah, yang pada dasarnya menawarkan performa grafis yang cukup mengejutkan.

Spesifikasi

Bentang layar : 15.6″ FHD (1920 x 1080) IPS WLED Backlite – Anti Glare
Prosessor : Intel® Core™ i7-6700HQ (6M Cache, 4 Cores, 2.6GHz Up to 3.5GHz)
Memori : 8GB DDR4 RAM
Penyimpanan internal : 1TB SATA 5400rpm
Kartu grafis : NVIDIA® GeForce®  GTX960M 4GB GDDR5
Dimensi :  382 x 253 x 24.5mm (WxDxH)
Bobot : 2.1 Kg
Garansi : 2 year HP warranty

Desain dan Layar

Casing bewarna perak dihantarkan ke depan mata, tepat setelah kita membuka kardus paket berisi perangkat Pavilion 15 BC045TX ini. Di laptop apapun yang mendapat embel-embel gaming, keyboard backlit menjadi sesuatu yang jamak ditawarkan. Dan ini menjadi sebuah formula umum yang dihadirkan oleh HP lewat perangkat gaming kelas entry-level tersebut.

Dengan bobot keseluruhan mencapai 2.1 kilogram, HP jelas tidak menawarkan perangkat laptop yang ringan dan mudah dibawa kemana saja. Namun jelas bobot sebesar itu masih tergolong enak untuk dibawa kemana pun, kendati ada sedikit kompensasi dari segi dimensi perangkat yang nyatanya lebih gemuk dibandingkan apa yang terlihat di atas kertas.

Layarnya sendiri tidak begitu istimewa, meski Anda tampaknya bakal merasa cukup dengan tawaran yang ada. Maksudnya, dengan resolusi FHD 1920 x 1080, layar Pavilion 15 BC045TX menawarkan akurasi warna yang bagus. Dan ini menjadi sebuah nilai plus di tengah fakta yang menyebut bahwa reproduksi warna pada perangkat tersebut tidak terlalu akurat.

Performa Keseluruhan

Dilihat dari segi prosessor yang digunakan, Pavilion 15 BC045TX membenamkan CPU dengan rating performa tinggi. Menggunakan arsitektur Skylake, perangkat tersebut memiliki empat inti CPU dengan fitur teknologi Hyper-Threading yang di clock pada 2.6 – 3.5 GHz.

Yang perlu dicermati kemudian adalah teknologi arsitektur yang menggunakan pemrosesan 14nm, yang kemudian memastikan efisiensi energi serta pengurangan lag. Artinya ketika diterapkan pada perangkat aktual, prosessor tersebut mampu menangani aplikasi yang memerlukan sumber daya besar. Proses multitasking yang memerlukan daya tempur lebih besar pun bisa ditangani dengan mudah.

Bagaimana dengan kemampuan kartu grafisnya? GTX 960M pada dasarnya memiliki performa yang hampir serupa dengan GTX 965M. Dua-duanya hadir dengan interface memori dengan bit rendah (128-bit), meski yang disebut terakhir itu hadir dengan kinerja yang jauh lebih cepat dibanding saudaranya. Di antara jajaran kartu grafis yang dihadirkan NVidia, GTX 960M berada tepat di tengah-tengah, antara kartu grafis kelas atas dan kelas mainstream.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa pada akhirnya GTX 960M menjadi solusi menarik bagi pengguna yang sadar dengan kemampuan budget yang dimilikinya, terutama bagi mereka yang tidak ingin menghabiskan uang terlalu banyak untuk sebuah laptop gaming.

Dengan kata lain, Anda agaknya tidak akan keberatan untuk mereduksi pengaturan kartu grafis ketika memainkan game-game kelas berat menggunakan HP Pavilion 15 BC045TX.

loading...

Tinggalkan Balasan