Review Dell Inspiron 5675 R7 – Formula Tepat Untuk Multitasking dan Gaming

Kali ini Dell kembali meluncurkan unit terbarunya yaitu Dell Inspiron 5675. Bersenjatakan processor AMD Ryzen, dengan pilihan Ryzen 7 dan Ryzen 5 yang dikombinasikan dengan pilihan beberapa kartu grafis hingga GTX 1060. Seperti apa performa dan fiturnya? Simak ulasannya!

SPESIFIKASI DELL INSPIRON 5675 R7 (INSDT.5675.R7.W10)

Type : Desktop PC Gaming
Operating System : Windows 10
Processor : AMD Ryzen™ R7 1700X (8 Cores/16 Threads, 20MB Cache, 3,8 Ghz Precision Boost) + Water Cooling
Chipset : X370
Memory (RAM) : 16GB DDR4 2400Mhz (1x 16GB)
Graphics : NVIDIA® GeForce® GTX 1060 6GB GDDR5
Hard Drives : 1TB HDD + 256GB M.2 SSD
Optical Drive : DVD-RW
Audio : High Definition 7.1 Waves MaxxAudio® Pro
Networking : Wifi 802.11ac Dual Band + Bluetooth 4.1
Power Supply : 460W
Chassis : Recon Blue with Solid Panel (Polar Blue LED Illumination)
Accessories : Dell Keyboard + Mouse
Warranty : 1 Year Premium Support (on-site)

Spesifikasi detail, bisa anda lihat pada online store kami di sini.

Design, Build Quality & Handling

Hadir dengan tetap mempertahankan “tampang” yang dell banget. Tentu, dengan beberapa pembaharuan design yang lebih modern dan cukup eye catchy. Ditambah lagi pendaran lampu biru yang menyinari dari dalam case dan logonya saat PC ini dinyalakan, menaikan aura modern Dell Inspiron 5675 ini. Semuanya dikemas dengan bodi plastik yang cukup keras dan kualitas yang baik. Finishing rapih di setiap sudut dan lekukan, tanpa meninggalkan bekas potongan yang tajam. Semuanya terpasang sempurna, tanpa adanya cacat sedikitpun.

Dell Inspiron 5675 Light on pemmzUntuk konsep two-tone yang ia tawarkan, sepertinya Dell ingin memberi nuansa Open Skin. Tapi menurut kami, jadi agak kurang bersinergi. Masih menurut kami, warna brushed aluminum-nya menonjolkan kesan kokoh. Namun jadi redup saat terlihat bagian kisi kisi hitam-nya. Terutama sekali saat dilihat dari tampak samping kiri. Jika kamu punya pendapat lain, please share di kolom komentar, kami sangat ingin mendengarnya.

Dell Inspiron 5675 top sideSayangnya, casing ini belum tool-less jadi agak sedikit merepotkan untuk membuka side panelnya. Namun, untuk PC Build-up seperti ini, yang didesain untuk bisa langsung digunakan, menurut kami buat apa buka case?. Toh, bisa berefek pada garansi. Dell Inspiron ini dilengkapi beberapa fitur desktop pada umumnya, seperti optical disk drive. Pada panel depan, terdapat sebuah audio jack untuk headphone, dua buah port USB 3.1, dua buah port USB 2.0, sebuah port USB 3.1 Type-C, dan juga sebuah SD card reader.

Untuk panel belakang tersedia dua buah port PS/2 untuk keyboard dan mouse, empat buah port USB 3.1, dua buah port USB 2.0, sebuah port Gigabit LAN rj45, dan 5 colokan audio jack untuk setup audio 7.1 channel. Untuk urusan display-out, terdapat output DVI-D, port HDMI, dan Display Port. Pada bagian belakang chassis-pun disediakan sebuah kait untuk kabel grounding dan ada lekukan kecil yang cukup membantu saat mengangkat case ini.

Cooling System & Upgrade Option 

 

Dell Inspiron 5675 water cooling system 2 pemmzDi dalam case ini, ada sebuah Watercooling All in one dari Dell dengan radiator dan kipas berukuran 12CM. Seperti kita tahu, AMD Ryzen memang kurang ramah dalam hal disipasi panas. Dan menggunakan water cooling adalah langkah yang sangat tepat. Belum lagi, jika anda ingin sedikit bermain dengan CPU clock. Tidak perlu takut untuk maintenance pendingin jenis ini.

Inside Dell Inspiron 5675 R7 pemmzSelama anda biasa bongkar pasang heatsink jenis air cooling, seharusnya andapun bisa melakukan bongkar pasang jenis water cooling AiO seperti ini. Jika masih juga takut, silakan hubungi team after sales pemmz, dan biarkan kami yang lakukan semuanya untuk anda. Untuk membantu aliran udara, ditempatkan sebuah fan intake berukuran 12CM di depan.

Dell Inspiron 5675 water cooling system pemmzUntuk opsi upgrade, cukup banyak komponen yang bisa kita tambahkan atau tingkatkan. Di mulai dari ODD bay 5.25 yang masih kosong, HDD bay yang masih bisa diisi jenis 3,5 -inch maupun 2,5 inch, serta opsi untuk mengupgrade PSU ke kapasitas yang lebih besar, juga menambah VGA untuk membuat konfigurasi SLI. Anda juga bisa menggunakan SSD jenis m.2 yang lebih cepat. Sayangnya, slot m.2-nya hanya mendukung jenis PCIe SSD.

Dell Inspiron 5675 PSU pemmz

Terdapat beberapa opsi kapasitas PSU untuk Dell Inspiron 5675 ini. Untuk unit yang kita review, ia dibekali PSU berdaya 460 Watt. Untuk spesifikasi yang ia bawam memang sudah cukup. Tapi jika anda nantinya ingin menambah komponen, nampaknya, harus mempertimbangkan PSU dengan daya yang lebih besar. Oia, untuk anda yang tertarik melakukan upgrade untuk unit Dell Inspiron 5675 yang dibeli di Pemmz, kami akan berikan layanan cabling management secara cuma-cuma untuk kualitas air-flow yang lebih maksimal.

Oke, selanjutnya, mari kita bahas performa!

Performa & Temperatur

Di sisi performa, kemampuan AMD Ryzen 7 1700X ini cukup baik dalam multi tasking maupun gaming. Dengan jumlah core yang cukup banyak berjumlah delapan, AMD Ryzen 7 1700X terkenal mampu melakukan komputasi multicore yang jauh lebih baik dari CPU Intel sekelasnya. Fitur turbo boost dari prosesornya sendiri bisa meningkatkan performa cukup signifikan baik untuk gaming atau editing.

Dell Inspiron 5675 In game benchmarkDalam uji coba game juga bisa dilihat bahwa performanya masih sangat mumpuni untuk game-game abad ini, dengan rata-rata fps masih diatas 60 kecuali The Division. Semua uji coba benchmark dilakukan dengan preset standar paling tinggi dan untuk game menggunakan setting grafis tertinggi pada resolusi Full-HD.

Di sektor grafis ada GTX 1060 6GB yang sudah cukup mumpuni untuk game masa kini. VGA ini masih bisa di overclock sedikit saja karena kapasitas cooler yang masih reference, namun peningkatan performa cukup berasa untuk menambah beberapa fps di dalam game. Dalam uji coba ini, kami melakukan beberapa test benchmark dengan 3DMark 11, Fire Strike, Time Spy, Unigine Heaven, Unigine Valley, dan Cinebench 15. Untuk gamenya kami menggunakan RE 6 benchmark dan beberapa game seperti The Division, GTA V, Battlefield 4, The Witcher 3, dan Rise of the Tomb Raider.

Konsumsi daya pada desktop ini bisa dibilang cukup irit meskipun menggunakan Ryzen 7 dan GTX 1060. Hanya 50 watt saja pada saat idle dan 280 watt pada saat full load. Waktu boot-up pun desktop ini hanya menarik daya sekitar 110watt saja. Irit bukan? Panas yang dihasilkan juga cukup normal dimana prosesor berada pada kisaran 40’C idle dan 74’C full load. Untuk VGA agak sedikit panas dibandingkan dengan non-reference cooler, berkisar pada 30’C di posisi idle dan 83’C di posisi full load.

Kesimpulan

Dell Inspiron 5675 Light on inside pemmzDell Inspiron 5675 ini merupakan salah satu PC Build-up pertama yang menggunakan platform AMD Ryzen. Dengan spesifikasi dan harga yang kompetitif, produk ini menawarkan fitur desktop standar pada umumnya. Namun hadirnya watercooling, yang lebih hening dan dingin, menjadi sales poin sekaligus solusi untuk mendapatkan performa optimal sebuah AMD Ryzen. Pemilihan GPU GTX 1060 juga sangat tepat untuk mengimbangi sang CPU untuk kebutuhan gaming saat ini.

Terakhir, casingnya cukup mempresentasikan merek sekelas Dell. Namun ada baiknya memberi finishing yang lebih baik untuk bagian dalam, juga memaksimalkan penataan komponen sekaligus cable management-nya. Untuk kosmetik, Paduan Hitam dan orange mungkin lebih atraktif, dimana orange mewakili CI dari AMD Ryzen. Untuk anda yang mendambakan sebuah desktop PC branded untuk hampir segala kebutuhan komputasi, Dell Inspiron 5675 7 ini sangat kami rekomendasikan.

loading...

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan