Overview MSI GE62MVR 7RG Apache Pro: Menyoal Keseimbangan

Sebagian besar gamers mungkin mencari perangkat notebook gaming dengan performa GTX 1070 8GB GDDR5 yang harganya masuk kategori price to performance, dan MSI GE62MVR 7RG Apache Pro bisa menjadi pilihan di tengah nama-nama yang riuh sesak memenuhi pasar.

Posisinya, perangkat MSI satu itu memang bukanlah seri flagship yang pastinya, tidak dibekali dengan perangkat keras yang paling cepat. Terlebih layar QHD atau 4K UHD merupakan optional untuk pasar Indonesia. Meski begitu, MSI mencoba memposisikan MSI GE62MVR 7RG Apache Pro ini sebagai paket produk notebook gaming kelas tengah, dengan spesifikasi chip grafis GTX 1070 yang umumnya ada di seri flagship mereka, agar dapat dicapai harga jual yang lebih seimbang.

Spesifikasi

  • Layar : 15.6″ FHD, Anti-Glare (1920*1080) eDP 120Hz Vivid Color 94% (I)
  • Prosessor : Intel® Core™ i7-7700HQ Processor
  • Memori : 16GB*1 DDR4
  • Penyimpanan internal : 256GB SSD (M.2 SATA) +1TB (SATA) 7200rpm
  • Kartu grafis : nVidia Geforce GTX 1070, 8GB GDDR5
  • Baterai : 6 Cells
  • Webcam : FHD type ([email protected])
  • Dimensi perangkat : 419.9 x 287.8 x 29.8~32
  • Bobot : 3.78Kg (incl. Battery)

Desain dan Layar

MSI GE62VR 7RF Apache Pro design and DisplaySalah satu hal menyenangkan yang bisa segera terlihat dari MSI GE62MR 7RG Apache Pro adalah tampilannya yang sangat MSI banget. Seluruh bagian eksternalnya dicat dengan warna hitam, yang kemudian dikombinasikan dengan penutup yang bentuknya membuatnya seolah-olah terlihat seperti sebuah mobil sport. Sayangnya bagian penutupnya tidak hadir dengan efek cahaya apapun, padahal keyboard backlit SteelSeries-nya justru terlihat penuh dengan warna-warni meriah.

LG Gaming Monitor Campaign

MSI GE62MVR 7RG Apache Pro build quality PCNBagian keyboardnya menyediakan opsi di mana penggunanya bisa mengatur konfigurasi warna pada keyboard sesuai dengan selera. Hanya saja layout keyboardnya membutuhkan waktu untuk dipelajari, meski Anda akan segera terbiasa dengan apa yang disodorkan di sana. Pengaturan SteelSeries tentu saja dirancang sesuai dengan pangsa pasar gamers, dimana tuts demi tuts pada keyboard terasa kecil dan diposisikan berdekatan satu sama lain.

Desainnya terlihat sangat bagus, terutama untuk mereka yang suka memainkan permainan tipe high-action (yang biasanya membutuhkan respon cepat). Akan tetapi produk satu ini memang tidak dirancang untuk melakukan kegiatan seperti mengetik. Penempatan tuts tertentu (seperti Delete) terasa aneh dan ganjil karena ditaruh tepat di atas keypad numerik. Beberapa pengguna yang terbiasa mengetik (baik untuk keperluan chat maupun menulis email) mengeluh tentang angka rata-rata typo mereka yang naik setelah menggunakan keyboard tersebut untuk mengetik.

Namun kekurangan di sisi keyboard tertutupi dengan baik oleh kualitas layar FHD dengan resolusi 1920×1080 piksel. Layar tersebut menyuguhkan gambar yang bersih dan terlihat indah ketika menyajikan konten demi konten. MSI menyediakan tool khusus sehingga pengguna bisa menyesuaikan keluaran warna dan menyesuaikannya dengan selera pribadi. Artinya pengguna bisa memilih pengaturan khusus untuk gaming, menonton film, atau mendesain sesuatu.

Performa Keseluruhan

Meski nVidia Geforce GTX 1070 bukanlah kartu grafis tercepat yang pernah diproduksi, namun pada dasarnya perangkat keras satu ini sudah sangat cukup untuk menghantarkan 60 fps atau lebih baik lagi untuk beberapa jenis game seperti Titanfall 2 dan Battlefield 1 (dalam pengaturan paling maksimum). Meski begitu, perangkat satu ini memang bukan didedikasikan untuk gamers kelas berat yang ingin memaksimalkan pengaturan untuk setiap game yang dimainkan.

Meski begitu ada satu catatan penting….

MSI GE62MVR 7RG Apache Pro merupakan sebuah perangkat komputasi mobile yang menawarkan keseimbangan sempurna antara performa, keterjangkauan harga dan portabilitas. Tapi sepertinya, perangkat yang satu ini tampaknya mesti berjuang keras untuk berdiri gagah di antara para pesaingnya.