Panduan Membeli PC All in One

PC All in One

Beberapa orang mungkin tertarik untuk membeli sesuatu di luar kebiasaan. Misalnya: membeli PC All in One guna menghemat lebih banyak ruang di dalam kamar kerja Anda. Dan memang harus diakui, PC semacam itu memiliki lebih banyak keunikan dibandingkan PC biasa.

Salah satu aspek unik dari PC All in One terlihat jelas dari desainnya. Untuk lebih mudahnya, mungkin Anda perlu membayangkan sebuah iMac berada di dalam kamar kerja Anda. Nah, persis seperti itulah PC semacam itu hadir dan bisa dibayangkan. Karena itulah bentuk semacam itu menjadi favorit bagi sebagian orang.

Hanya saja sebelum membeli, pastikan bahwa Anda tahu apa yang dicari dan bisa memilih satu yang paling tepat untuk digunakan. Entah itu Anda memerlukan komponen PC yang kuat atau membutuhkan sebuah PC All in One dengan layar resolusi tinggi, Anda perlu mengikuti panduan pembelian di bawah ini.

Panduan Cepat memilih PC All in One

  • Penyimpanan: kombinasi dual-drive yang terdiri dari hardisk 1TB dan SSD 256GB menghantarkan performa tanpa mengorbankan kapasitas.
  • Hardware: carilah perangkat yang menanamkan CPU Intel Core i5 atau i7 dan memiliki setidaknya RAM sebesar 8GB.
  • Layar sentuh: Anda mesti membayar lebih banyak untuk sebuah perangkat layar sentuh. Karena itu sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkan kebutuhan pribadi.
  • Resolusi layar: bila layar 4K menjadi kewajiban, maka belilah satu dengan fitur seperti itu. Namun layar 27- dan 28-inch menawarkan keseimbangan terbaik dari ukuran layar dan harganya yang terjangkau.
  • Harga: PC All in One biasanya berharga lebih mahal dibandingkan PC biasa, meski pada dasarnya Anda tetap bisa memperoleh fitur premium tanpa mengeluarkan biaya lebih banyak. Hanya saja Anda perlu tahu apa yang paling penting untuk dibeli.
  • Desain: desain ergonomis terkadang menjadi pertimbangan banyak orang. Karena itu sebaiknya Anda memperhatikan tipe stand PC dan mempertimbangkan model macam apa yang paling cocok untuk Anda. Kebanyakan PC semacam itu biasanya tidak menawarkan stand di mana Anda bisa mengatur ketinggian layar.
  • Sistem operasi: Mac atau Windows adalah pilihan bagus, namun sebaiknya Anda tetap memilih Windows sebagai sistem operasi yang paling familiar untuk Anda.
  • Ports: Anda tidak memerlukan lebih banyak ports. Namun jelas Anda membutuhkan supaya mereka bisa mudah dijangkau. Jadi perhatikan betul soal penempatan port di PC All in One.
  • Sound: bila kualitas audio penting, carilah sebuah speaker tambahan.

Empat Komponen PC All in One yang Mesti Diperhatikan

LG Gaming Monitor Campaign

Setidaknya ada empat komponen di dalam PC All in One yang mesti diperhatikan betul sebelum Anda mulai menyortir satu persatu perangkat yang tersedia di pasaran.

  • Prosessor: biasanya prosessor Intel Core i3 sudah cukup baik untuk penggunaan harian, meski kemudian Anda bisa memilih Intel Core i5 untuk menangani sejumlah tugas yang membutuhkan sumber daya lebih banyak. Namun Anda masih bisa menoleh ke pilihan lain seperti Intel Core i7 bila Anda benar-benar membutuhkan kegaharan performa PC.
  • RAM: semakin besar kapasitas RAM, maka semakin baik. Karena itulah kami merekomendasikan Anda untuk setidaknya membeli sebuah PC dengan RAM sebesar 8GB. Berita bagusnya: biasanya harga RAM tidak terlalu mahal.
  • Kartu grafis: kebanyakan pengguna sudah merasa nyaman dengan kartu VGA terintegrasi, karena karakteristiknya yang sudah cukup untuk streaming video, penjelajahan internet, maupun melakukan tugas Office. Namun untuk tugas yang lebih berat seperti gaming atau pengolahan video, Anda jelas membutuhkan kartu grafis terpisah.
  • Penyimpanan: sebuah penyimpanan internal, atau hardisk sebesar 500GB sudah sangat cukup, meski kemudian kapasitas 1TB memberikan lebih banyak ruang untuk menyimpan file. Bila memungkinkan, pilihlah SSD untuk kinerja penyimpanan lokal yang lebih cepat.