Lindungi Komputer Anda dengan Trik Sederhana

lindungi perangkat

Kebanyakan pengguna komputer/laptop berpikir bahwa mereka cukup memberi perlindungan pada perangkat dengan cara memasang antivirus dan sejenisnya. Akan tetapi ternyata ada trik lain yang lebih mudah, yang akan membantu Mac atau PC Anda menjadi lebih aman dibanding sebelumnya. Percaya atau tidak, trik yang akan dijabarkan nanti tidak melibatkan aplikasi antivirus atau menulis baris perintah tertentu di Windows. Lindungi komputer Anda bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Salah satu acara terampuh untuk mengamankan perangkat adalah dengan membatasi penggunaan akun perangkat ke satu orang, atau dalam hal ini: sebaiknya Andalah yang memiliki akses ke perangkat dan Anda tidak membeirkannya ke orang lain. Gunakan cara ini dalam aktivitas penggunaan komputer harian, baik ketika menjelajahi dunia internet atau melakukan sesuatu dengan aplikasi Office.

Kalaupun Anda memberi akses penggunaan ke orang lain, pastikan bahwa yang menggunakannya juga memperoleh batasan. Misalnya: simpan akun administrator Anda untuk tugas-tugas adminstratif komputer. Menggunakan cara ini berarti menjaga supaya infeksi yang berasal dari luar, seperti virus atau malware, baik pada PC maupun Mac, tidak mengganggu kinerja perangkat secara keseluruhan.

Karena itu akan lebih baik bila Anda tidak memberikan kuasa kepada pengguna lain untuk memasang, memodifikasi, maupun menghapus instalasi perangkat lunak. Di zaman sekarang, orang bisa melakukannya dengan cara mengatur kata sandi dan pengguna di tingkat administratif, dan seharusnya ini diatur hanya untuk Anda sebagai pengguna utama maupun sebagai pemilik perangkat.

Bagaimana Membuat Pembatasan Akun?

Baik Apple maupun Microsoft biasanya mengatur pengguna dengan hak sebagai administrator, dengan cara default. Artinya, itu sudah jadi bawaan sistem. Namun faktanya Anda hanya memerlukan satu akun untuk satu perangkat, sementara pengguna lain harus dibatasi ketika mengakses perangkat laptop atau PC atau Mac milik Anda.

Mengatur pembatasan akun sebetulnya sangat mudah, namun caranya cenderung mirip dalam setiap versi Windows.

  • Di Windows 7. Arahkan kursor mouse ke Start >>> Control Panel >>> Add or Remove User Accounts. Atau Anda juga bisa memilih opsi User Accounts >>> Create New Account. Ketike nama pengguna yang diinginkan, kemudian pilih tombol Standard User dan setelahnya klik Create Account. Langkah selanjutnya adalah membuat kata sandi dengan cara mengklik Create Password dan masukkan kata sandi yang diinginkan.
  • Di Windows 8 atau 8.1. Tap bagian Windows dan I key secara bersamaan guna mengakses menu Settings. Pilih Control Panel, dan kemudian Add atau Remove User Accounts atau pilih User Accounts. Pilihan yang tersedia tergantung pada opsi tampilan di Control Panel Anda. Kemudian pilih Create a New Account, kemudian ketikkan nama pengguna yang diinginkan. Pilih tombol Standard User dan klik Create Account. Kemudian langkah terakhir: klik Create Password dan masukkan kata kunci yang diinginkan.
  • Arahkan kursor ke Start >>> Settings >>> Accounts >>> Family & Other Users. Kemudian klik “Add someone else to this PC.” Langkah selanjutnya adalah pilih opsi “I don’t have thus person’s sign-in information” dan klik Next. (Abaikan perintah memasukkan alamat email pengguna dan nomor telponnya.) Pada layar berikutnya Anda bisa memilih “Add a user tanpa a Microsoft account” dan klik Next. Di versi Windows 10 Professional Editions dan Windows 10 Home, kedua langkah yang diminta sebelumnya tidak ada. Kemudian di layar berikutnya Anda tinggal mengetikkan nama pengguna dan kata sandi yang diinginkan. Selanjutnya klik Next.

Kini, lindungi komputer Anda dari perbuatan tidak menyenangkan bisa diterapkan dengan santai. Demikianlah cara sederhana untuk mengamankan komputer maupun laptop Anda. Mudah bukan? Semua orang tampaknya bisa melakukannya.

loading...

Tinggalkan Balasan