Melakukan Kompresi File PDF dan Mereduksi Ukurannya

kompres PDF offline

Beberapa aspek dalam kehidupan kita memerlukan kompromi lebih, dan satu yang ingin dibicarakan di sini adalah bagaimana kita berhadapan dengan berkas PDF berukuran besar. PDF berukuran besar biasanya memberi banyak masalah bagi kebanyakan orang, karena itu diperlukan kompresi file PDF untuk mengoptimalkan jenis berkas semacam itu.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan ketika seseorang ingin mengkompres berkas PDF, meski ini tergantung pada banyak hal seperti platform yang digunakan, kebutuhan privasi, dan waktu yang Anda miliki. Di luar sana tentu saja ada banyak cara untuk mengompres berkas PDF, yang pertama adalah menggunakan alat kompres online.

Memperkecil Berkas PDF secara Online

Metode kompresi berkas berbasis online pada dasarnya merupakan metode paling mudah untuk diterapkan, meski pilihan ini kemudian hadir dengan resiko yang lebih besar. Ini dikarenakan berkas PDF bakal diunggah ke server situs tertentu lebih dulu. Guna menghindari pelanggaran privasi, sebaiknya Anda tidak menggunakan metode ini untuk mengunggah dokumen PDF yang berisi informasi personal seperti kata kunci situs dan sejenisnya.

Diluar masalah privasi, Anda memperoleh banyak opsi untuk mengompres berkas PDF, termasuk di sini PDF Compressor, iLovePDF, dan Smallpdf. Yang terakhir disebut keihatannya menjadi layanan kompresi PDF online paling baik yang bisa Anda manfaatkan. Hanya saja penggunaannya dibatasi, dengan kata lain Anda hanya bisa mengunggah dua berkas data PDF per jamnya.

Meski ada banyak pilihan online untuk mengkompresi PDF, namun sebaiknya Anda tetap membaca bagaimana situs kompresi melindungi privasi Anda dan apakah layanan yang diberikannya legal atau tidak. Setelah Anda yakin bahwa situs kompresi PDF online tidak berbahaya, maka selanjutnya Anda bisa melakukan langkah-langkah kompresi seperti berikut:

  • Buka situs terpilih dan segera pilih berkas PDF yang ingin diunggah. Beberapa situs memberikan opsi di mana pengguna bisa melakukan drag dan drop pada berkas terpilih.
  • Tunggu sampai situs selesai melakukan kompresi berkas, dan kemudian Anda bisa mencari tombol unduh. Beberapa situs lain mungkin memberi opsi supaya Anda bisa mengunduh berkas PDF terkompres melalui email.

Kompres Berkas PDF di iOS atau Android

Beberapa alat online yang disebut di atas bisa berjalan baik di komputer maupun perangkat mobile. Di Android Anda bisa menarik berkas PDF dari penyimpanan internal atau layanan Cloud. Sementara di iOS, Anda bisa menyimpan berkas terkompres di layanan Cloud yang didukung Apple, seperti Google Drive maupun Dropbox, dan lainnya yang sejenis.

Gunakan Adobe Acrobat untuk Mengkompres

Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi pembaca PDF yang bisa dinikmati gratis, namun fitur optimasi hanya bisa didapatkan bila Anda berlangganan Acrobat Pro. Bila tidak keberatan dengan cara itu, Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Buka berkas PDF di Adobe Acrobat.
  • Klik Tools > Optimise PDF.
  • Dari toolbar yang muncul di atas PDF, pilih opsi Reduce File Size.
  • Untuk mendapatkan lebih banyak kontrol, arahkan menu ke Advanced Optimisation. Kemudian klik Audit space usage untuk melihat elemen halaman mana yang memakan lebih banyak ruang.
  • Ketika Anda sudah puas, klik OK.
  • Pergi ke File > Save As, dan buat satu salinan.

Opsi Gratis untuk Mengompres PDF?

Aplikasi seperti 4Dts Free DF Compress menjadi sebuah opsi aplikasi gratisan berbasis Windows yang bisa dipilih, sekiranya opsi Acrobat Pro menjadi terlalu mahal.

Begini cara menggunakannya:

  • Selama proses instalasi, biarkan 4Dots supaya bisa menampilkan menu klik-kanan Windows.
  • Tandai lokasi berkas PDF yang ingin dikompres, dan klik kanan pada berkas.
  • Pilih Compress PDF.

Sebagai alternatif, Anda bisa mereduksi berkas PDF dengan cara membuka aplikasi

  • Buka aplikasinya
  • Klik tombol Add, dan pilih berkasnya. Anda juga bisa melakukan drag dan drop melalui aplikasi tersebut.
  • Pilih folder penyimpanan, kualitas gambar, dan tekan Compres

 

loading...

Tinggalkan Balasan