Instagram for Windows

Fungsi Instagram sudah lama diperluas, dan kini penggemarnya bisa menggunakan aplikasi berbagi foto lewat media sosial itu melalui laptop atau PC berbasis Windows. Namun kecuali kamu memiliki sebuah laptop dengan layar sentuh, mengunggah foto ke Instagram melalui Windows bakal menjadi masalah besar.

Tetapi jangan khawatir, di sini kami akan memberikan tips mengenai cara melakukan hal tersebut, lewat Windows 10 kesayanganmu.

Saat ini Instagram dikenal sebagai aplikasi berbagi foto online yang memiliki 400 juta pengguna aktif, dan konon katanya ada 75 juta orang yang login ke dalam Instagram setiap harinya. Pada dasarnya Instagram adalah sebuah aplikasi yang ditujukan untuk pengguna smartphone. Meski begitu, kehadirannya di platform PC/laptop memudahkan seseorang untuk menggunggah foto lewat akun Instagramnya, meski hal ini bisa jadi sedikit pelik.

Hal Pertama yang Perlu Dilakukan: Login lewat Web Instagram

Web Instagram menyediakan akses untuk masuk ke dalam versi situs dari aplikasi yang dimaksud. Yang perlu kamu lakukan hanyalah login menggunakan akun Instagram yang sudah ada. Kamu barangkali berharap bahwa segala macam fitur yang tersedia di Instagram versi web adalah sama seperti yang disediakan di versi mobile. Akan tetapi satu fitur penting di dalam versi web hilang, yakni fitur untuk mengunggah gambar langsung dari web.

Memang ada aplikasi Instagram untuk Windows yang bisa diunduh dari Windows Store dan dipasang langsung ke Windows 10, namun kamu takkan bisa mengunggah gambar apapun ke Instagram, kecuali menggunakan sebuah tablet atau laptop Windows dengan layar sentuh.

Di Sinilah Peran InstaPic Dibutuhkan

Memecahkan masalah seperti yang disebut di atas sungguh mudah, sebab kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga dari Windows Store, seperti InstaPic. Jadi yang perlu dilakukan sekarang adalah membuka Windows Store dan kemudian melakukan pencarian terhadap aplikasi tersebut. Setelahnya kamu perlu memasangnya di Windows 10 milikmu.

Instapic App
UI Instapic terbaru (sumber: Windowscentral.com)

Jalankanlah InstaPic, kemduian kamu perlu meregistrasikan sebuah akun Instagram menggunakan alamat email spesifik. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menhubungkan akun Instagram dengan aplikasi tersebut, dan kemudian kamu bisa langsung mengunggah gambar apapun melalui InstaPic.

Namun perlu diketahui pula beberapa masalah yang mungkin muncul ketika menggunakan InstaPic. Di antaranya kamu tidak bisa melihat timeline untuk melihat apa yang dilakukan orang-orang yang kamu ikuti. Tambah lagi, ketiadaan notifikasi barangkali cukup mengganggu bagi sebagian orang. Karena itu sebaiknya kamu memperlakukan InstaPic semata sebagai aplikasi untuk mengedit foto dan uploader yang bekerja bersama dengan Instagram versi web.

Di bagian atas layar InstaPic kamu akan menemukan berbagai macam ikon untuk Search, Instagram Direct, Notifications/Likes, dan Profile. Lalu satu fitur yang menarik adalah ikon Shutter yang bersebelahan dengan Instagram Direct. Klik bagian ini untuk membuka kamera PC atau laptop kamu.

Bagian ikon Shutter tersebut menarik, karena kamu bisa menggunakannya untuk mengambil gambar, atau mengunggah gambar yang sudah tersedia di dalam hardisk PC atau laptop kamu. Setelah kamu menemukan foto yang ingin diunggah, lakukan klik sebanyak dua kali untuk membuka jendela editor.

Di jendela itu kamu bisa melakukan banyak hal seperti menambahkan filter, melakukan crop, dan lebih banyak fitur editing gambar seperti yang bisa kamu temukan di Instagram versi mobile. Setelah selesai dengan editing foto, klik tanda panah di pojok kanan atas di mana kamu akan menemukan menu Share.

Selanjutnya kamu bisa membagikan foto layaknya ketika menggunakan aplikasi Instagram versi mobile. Kamu juga bisa men-tag siapa pun yang diinginkan, atau mengirim gambar ke Twitter, Facebook, Flickr, Tumblr, atau akun apapun yang terkoneksi dengan akun Instagram-mu.

Pemmz JajanRamdhan promo

Leave a Reply