Preview MSI GL62m 7RDX – Laptop GTX 1050 Dengan Cooling System Terbaik

review-msi-gl62m-7rdx-indonesia

Jika anda ikuti konten artikel ini sampai habis, bisa dipastikan anda akan setuju dengan conclusion di akhir artikel, bahwasannya MSI GL62m 7RDX yang masuk buyers guide kali ini sebenarnya adalah paket lengkap sebuah laptop gaming entry-level.

Spesifikasi dan Harga MSI GL62m 7RDX

Display : 15.6″ FHD, Anti-Glare (1920*1080) eDP Vivid Color 94% (I)
Processor : Kabylake i7-7700HQ+HM175
Memory : DDR4 8GB (1 x 8)
Storage : 128GB M.2 SATA SSD + 1 TB SATA HDD
Graphics : nVidia Geforce GTX 1050, 2GB GDDR5
Optical Drive :
Operating System : DOS
Camera : HD type ([email protected])
Audio : 4 Speakers
Exclusive Audio Boost Technology
Nahimic Audio Enhancer
Networking : Intel 3165 Stone Peak 1 (1×1)+BT4.0 M.2 type
Slots/Interface :
1 x SD (XC/HC)
1 x HDMI (v1.4)
1 x USB 2.0 port
2 x USB 3.0 port
1 x USB 3.0 Type-C
2 x Mini Display Port (v1.2)
1 x Mic-in/Headphone-out
1 x Line in/Line out
Battery : 6-Cell
Power Adapter : 150W
Dimensions : 383 x 260 x 22~29 mm
Weight : 2.2 Kg
Warranty : 2 year MSI Warranty
Bonus : Gaming Bag + Mouse

Seri GL62m 7RDX ini memang seri refresh yang hadir untuk mengganti seri sebelumnya yang notabene menawarkan paduan performa i7 quad core Kabylake dan Pascal seri entry-level yang sama. Hanya saja, seri 7RDX tampil dengan papan keyboard yang sudah bisa menyala, jadi gak mati lampu lagi. Selain itu, MSI Indonesia khususnya, mencoba memberi beberapa opsi dengan memberi beberapa pilihan SKU untuk seri GL62m. Mulai dari versi tanpa OS dan SSD hingga pilihan dengan hardware full seat. Seperti yang kita review ini, merupakan versi dengan SSD 128GB tapi tanpa windows, dan dibanderol di harga 13,9 juta rupiah.

Desain, build quality & Handling

Agak di sayangkan, tidak ada perubahan konsep desain pada seri refresh ini. Hanya di sisi handling yakni penambahan backlit keyboard yang akan anda dapatkan. Plastik juga masih menjadi material yang mendominasi. Dengan dimensi panjang 383mm x lebar 260mm dan ketebalan mencapai 29 mm, GL62m ini punya panjang standar laptop 15.6-inch, tapi lebarnya lebih compact hingga membuatnya lebih terlihat persegi panjang jika di adu dengan laptop lain. Bobotnya yang mencapai 2,2Kg masuk kategori rata-rata untuk segmen laptop entry-level yang materialnya di dominasi plastik.

Display Panel

review_msi_gl62m_7rdx_Display_panel_pemmzchannelSejatinya, dengan kualitas LCD yang dipakai ini, sudah lebih dari cukup jika anda ingin mengandalkan MSI GL62m 7RDX sebagai mesin gaming portable. Pemmzchannel tegaskan kembali, para produsen LCD di luar sana, termasuk yang di pakai MSI GL62m 7RDX ini, sudah melakukan development yang sangat baik dengan menghadirkan jenis LCD IPS level ini. Anda akan mendapatkan kualitas viewing angle yang setara dengan IPS, walau hanya sisi horizontal. But hey, lagian siapa yang kepo merubah derajat LID panel LCD saat focus bermain game?

Workstation

review-Msi-GL62M-7RDX-workstation-pemmzchannelHadirnya backlit pada seri paling entry ini melengkapi nilai jual si GL62m 7RDX untuk tampil dengan kepala lebih tegak saat diadu dengan competitor. Dan walau hanya single color, kita belum pernah tuh dengar ada yang berani membandingkan performanya dengan produk lain yang papan keybaordnya sudah warna warni. Nama besar steelseries nampaknya masih cukup bikin jerih untuk bilang kalau “keyboard ergebeh laptop saya lebih bagus”

“Anyone?”

review MSI GL62m 7RDX Indonesia - keyboardPort & Connectivity

review-msi-gl62m-7rdx-indonesia-IO-port-pemmzchannelreview_msi_gl62m_7rdx_IO-port_left_pemmzchannelMemang tidak terlalu istimewa jajaran port yang di tawarkan MSI GL62m 7RDX. Tapi sudah sangat lengkap dengan hadirnya USB 3.1 type C gen 2 dan mini Display port. Jenis port terakhir ini masih langka di merk lain. Dan jika diperhatikan lebih teliti, susunan dan penempatannya sangat baik sekali. MSI sangat memperhatikan jarak antar port yang membuat pengguna sama sekali tak merasa ada port yang useless. Bahkan hingga ke material dan finishing tiap port, pemmzchannel rasakan MSI sangat concern disini.

Upgrade option

MSI GL62m 7rdx upgrade option pcnAda 2 opsi yang masih bisa ditingkatkan pada MSI GL62m 7RDX. RAM yang hanya terpasang sekeping dan bisa anda tambah hingga kapasitas 16GB atau bahkan 32GB. Dan yang kedua adalah slot M.2 yang bisa anda manfaatkan untuk SSD hingga 512GB. FYI, M.2 pada GL62m 7RDX sudah mendukung PCIe x4. FYI, MSI GL62m 7RDX tidak memberi anda opsi ODD walau jika anda perhatikan di sebelah port SATA yang tertancap HDD 2.5, terdapat sebuah slot SATA lagi yang terindikasi bisa dimanfaatkan untuk menancapkan ODD. Dan anehnya, MSI tidak mengosongkannya seperti kebanyakan vendor.

Performa

MSI GL62m 7rdx disassemblyUntuk performa, anda bisa lihat pada video sebelumnya. Khusus kali ini, kita akan lihat bagai mana 6 buah heat pipe pada system pendingin GL62m 7RDX ini berkontribusi menekan peningkatan panas dalam metode uji serupa dengan produk lain yang pernah kita review. Selain 6 buat heatpipe dan 2 buah fan, heatsink pada GL62m 7RDX juga dibuat melebar hingga mendinginkan bagian mosfet di VRM dan VRAM di sekitar chip grafis. Setelah melakukan looping sebanyak 3x seperti biasa, suhu yang terukur di thermometer digital rata-rata menunjukan angka yang lebih rendah 15 sd 20% dibanding produk sejenis.

Conclusion

MSI GL62m 7rdx cooling system pemmzchannelMSI GL62m 7RDX merupakan laptop gaming GTX 1050 dengan  performa Cooling System terbaik di katalog pemmz.com

pemmz-gr8est

8 KOMENTAR

  1. Mas rifan mau nanya deh , kalo sabre 15 sama msi gl62m 7rdx buat macem macem dipake nya , gaming, kuliah , multimedia, kira kira bagusan yg mana ya ? Sama batere awetan mana kira kira ?

  2. mantap, laptop terbaik emang ini dikelasnya menurut ane karena cooling systemnya, gak nyesel minggu lalu tgl 3 juni ane beli nih laptop ini di pemmz hehe 😀 terbaik dah

Tinggalkan Balasan