Gigabyte Sabre 15 – Laptop Gaming Terjangkau Yang Paling Komplit

Gigabyte Sabre 15 Preview PCN

Belakangan ini, telah cukup santer terdengar tentang salah produk laptop gaming entry-level berfitur RGB Keyboard yang di banderol tak sampai 13 juta rupiah. Adalah Gigabyte Sabre 15, produk yang ditenggarai akan makin meramaikan perebutan kue di pasar laptop gaming segmen entry-level. Gigabyte Sabre 15 akan menawarkan performa Intel core i7 generasi 7 kaby Lake dan Nvidia Geforce GTX 1050. Ini merupakan ancaman langsung untuk MSI GL62 series yang hingga tulisan ini diterbitkan, masih momok paling laku di kelas Gaming Laptop Kere Hore.

Spesifikasi & Harga Gigabyte Sabre 15 di Indonesia

Display : 15.6″ 1920×1080 WVA Display
Processor : Intel Core i7-7700HQ 2.8-3.8GHz
Memory : DDR4 8GB*1
Hard Drive : 1TB 7200rpm
Graphics : NVidia Geforce GTX 1050 2GB GDDR5
Operating System : DOS
Networking :  LAN: 10/100/1000Mbps Ethernet
Wireless LAN: WiFi A/C 3168
Bluetooth: V4.1+ LE
Audio : 2 Watt Speaker*2, Microphone
Battery : Li-ion 6-cell
Camera : HD Camera
Slots/Interface :   USB3.1(Type-A)*1, USB3.1(Type-C)*1, USB3.0(Type-A)*1, USB2.0(Type-A)*1, HDMI 1.4, mini DP*2, RJ45, 6-in-1 SD card family reader, DC-in jack, Headphone jack*1

Warranty : 2 Years
Bonus : Gaming Backpack
Promo Pre-Order Rp. 12,499,000

Nah, kacaukan kalau kita tengok harga yang ditawarkan? Tapi kacau dalam artian baik ya. Melihat dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan, Gigabyte Sabre 15 dipastikan akan menggeser posisi MSI GL62m 7RD yang saat ini masih memegang rekor sebagai laptop gaming dengan price to performace terbaik. Spesifikasi processor intel core i7700HQ dan yang lainnya amat serupa, namun Sabre 15 di tawarkan dengan harga 500 ribu lebih murah. Bahkan, Sabre 15 akan dilengkapi Backlit keyboard yang jelas-jelas merupakan kekurangan dari MSI GL62m 7RD. Hebatnya lagi, untuk promo pre-order ini, unit Gigabyte Sabre yang akan anda dapatkan adalah versi RGB dengan 16.8 juta pilihan warna. Mantap Jiwa….!!!!

Seperti positioning yang sudah pemmzchannel terangkan terkait Geforce GTX 1050, Chip grafis Nvidia paling bawah (saat ini) yang berbasis Pascal ini menawarkan performa setara Geforce GTX 965M. Bahkan di beberapa skenario komputasi, hampir mendekati Geforce GTX 970M 3GB. Sisi RAM mungkin tergolong standar, ia dibekali sekeping DDR4 berkapasitas 8GB pc 2133MHz. Untuk urusan storage, Gigabyte Sabre 15 dibekali HDD 7200rpm berkapasitas 1TB yang cukup bisa diandalkan jika anda belum memiliki budget khusus upgrade ke platform SSD. FYI, Sabre 15 memiliki satu buah slot M.2 yang pastinya mendukung PCIe SSD.

Gigabyte Sabre 15 juga dibekali adapter WiFi a/c dengan chip Intel 3168. Hal menarik lainnya,seperti yang juga bisa ditemui di hampir seluruh produk laptop gaming Gigabyte adalah, fitur pengaturan kipas yang bisa disesuaikan berdasarkan persentase dan bukan preset.

Upgrade Option dan Display Panel

Untuk harga mulai dari 12,5 juta rupiah, paket standar yang di tawarkan Gigabyte Sabre 15 ini masih membuka banyak opsi untuk ditingkatkan. RAM yang masih bisa dibuat hingga 2x16GB dan slot M.2 yang bisa di tancapkan SSD SATA maupun NVMe hingga 512GB, menjadikan sisi upgrade option laptop gaming ini cukup menggiurkan. Sebab Pemmzchannel sendiri belum melakukan review terhadap produk ini, sisi kualitas display panel belum bisa kita ulas lebih lanjut. Namun menurut spesifikasi resmi yang kami terima, LCD yang dipakai kemungkinan besar belum IPS. Tapi sudah menawarkan teknologi WVA (Wide Viewing Angle) dan berlapis anti-glare (matte).

Desain, Build Quality dan Handling

Desain Gigabyte Sabre 15 emang agak jauh berbeda dari kebanyakan SKU laptop Gigabyte lain. Menurut Pemmzchannel ya, desain ini dipercaya punya aura gaming yang lebih kuat dibanding kebanyakan produk Gigabyte Gaming series, kecuali Aorus tentunya. Dengan hadirnya banyak garis tegas, serta lekuk-lekuk yang menampilkan kesan kokoh, desain Gigabyte Sabre 15 ini sama sekali tak mencirikan harganya yang terjangkau. Kecuali jika anda pegang langsung, dijamin, anda akan memberik asumsi bahwa laptop ini punya banderol minimal 20 juta. Yang kurang mungkin, logo dengan backlit pada lcd cover bagian depan.

Gigabyte_SABRE 15_Panel_PCNMasuk ke bagian panel LCD dalam, ukuran bingkai memang bukan sales poin Sabre 15. Desainnya mengingatkan Pemmzchannel pada produk-produk Xenom 15-inch. Terdapat Logo Gigabyte versi cetak,  dan bukan stiker seperti halnya beberapa SKU lain. Untuk hings atau engsel LCD sendiri, menggunakan model twin hings yang diposisikan agak kepinggir. Secara teori, ini memberi kekuatan pada panel LCD agar lebih kokoh. Namun akan cukup berimbas pada lifespan buka tutup lidnya.

Pindah ke bagian bottom case, material plastik dengan warna hitam dan tekstur finishing yang berbeda, kembali mengingatkan kami pada produk Xenom. Yang unik, beberapa bagian yang dibuat berundak serta terdapat tektur seperti meshhole di antara dua buah lubang speaker yang menambah kesan futusitik hingga secara keseluruhan bagian bottom cover ini tidak terlalu polos dan kaku. Gigabyte Sabre 15 menggunakan sistem one pice cover hingga tidak menawarkan dedicated maintenece door. Beberapa lubang masuk udara segar yang di desain simetris menambah aura futuristik di bagian bawah ini.

Gigabyte_SABRE 15_WVA_display_PCNDengan ukuran keseluruhan 378(W) x 267(D) x 26.9(H)mm, walau terlihat agak tebal, tapi beda-beda tipis dengan MSI GL62 series. Bobotnya sendiri mencapai 2.5KG termasuk battery berkapasitas 47Wh.

Workstation

Gigabyte_SABRE 15_Keyboard_PCNSebuah keyboard dengan backlit RGB merupakan salah satu simbol kuat sebuah PC gaming. Kebanggaan tersendiri tentunya jika warna-warni dari backlit senantiasa menemani kapanpun laptop digunakan. Terlepas dari RGB Backlit yang ia tawarkan, key caps pada keyboard pada Gigabyte Sabre 15 tergolong jenis yang menawarkan kenyaman untuk semua ukuran jari nampaknya. Dimensinya tergolong besar hingga terlihat maksimal menempati setiap ruang yang tersedia. Keyboard ini juga menawarkan tombol navigasi full size untuk anda yang akan sering menggunakannya untuk mengetik dokumen. Keyboard Sabre 15 memiliki key travel sejauh 2 mm, memang bukan sebuah prestasi besar saat ini. Tapi jenis font yang digunakan, hadir dari jenis gothic yang menambah karakter gaming produk ini makin kuat.

Gigabyte_SABRE 15_Touchpad_PCNTouchpad punya ukuran yang luas, hampir menggunakan seluruh lebar palm rest. Tombol klik didesain dedicated, dengan bahan yang berbeda dari permukaan touchpad. Palm rest sendiri menggunakan bahan dan tekstur yang sama dengan hampir keseluruhan barebone. Ini ciri khas produk yang ingin menekan cost dengan meminimalisir biaya produksi dari sisi finishing. Tak hanya Gigabyte, merk lainpun melakukan hal yang sama. Tombol power masih menggunakan tombol terpisah, persis di tengah atas keyboard.

Port Paling Komplit di Kelasnya

Untuk pertama kalinya, pemmzchannel menemukan sebuah laptop entry-level yang menawarkan opsi display out berlimpah. Perhatikan, ia menawarkan dua mini DisplayPort. Total terdapat 3 buat display out untuk anda yang mengejar multi display, dimana salah satunya bisa memanfaatkan port HDMI. Di sini Gigabyte cukup pintar membuat kuncian, dimana tidak terpikirkan oleh brand lain. Sabre 15 menawarkan 2 jenis port USB 3.1 yang sama sekali tidak umum. Satu berjenis Type A dan satu lagi berjenis Type C. Jadi, untuk anda yang saat ini belum mebutuhkan type-C, masih bisa memanfaatkan port USB type A.

Conclusion

Gigabyte Sabre 15 jelas merupakan dambaan banyak calon imigran yang awalnya pengguna desktop lalu ingin beralih ke laptop. Dengan semua yang ia tawarkan mulai dari spesifikasi, fitur, konektifitas, upgrade option dan dukungan purna jual, menjadikan setiap rupiah yang di investasikan untuk meninggalkan RIG berdaya besar dan beralih ke laptop yang sangat efisien penggunaan dayanya, menjadi sangat berarti. Hal-hal yang Pemmzchannel anggap kurang seperti logo tanpa backlit di cover LCD, dan dimensi yang cenderung tebal serta mengurangi nilai handling, mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang biasa.

Gigabyte Sabre 15 sudah bisa anda pesan lewat METRODATA juga dealer-dealer resmi Gigabyte Notebook seluruh Indonesia mulai awal Maret 2017 ini. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi representatif Aorus dan Gigabyte di list dealer berikut

Jakarta

XDC
Komplek Ketapang Business Center Blok D2-D3 jl. KH. Zainul Arifin no 20.
021-6348020
email CP : [email protected]

Nevo Computer
Mangga dua mall Lt.3 No.46
Jl. Mangga dua raya
Jakarta Pusat – 10730
Telp : 021 6121810 / 021 6121792
Email : [email protected]
Wa : 08111874416

PEMMZ

Address: Jl Tanjung Duren Raya 17A Jakarta Barat.
Phone: +62 21 56973669
WA : 081210802845
Email : [email protected]
web : www.pemmz.com

Yogya

PEMMZ Yogya

Address: LG PMA 3 Kav. 7-9, Plaza Ambarukmo, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281
Phone: (0274) 4331123
Email : [email protected]
web : www.pemmz.com

Makassar

KOMET
Address: MTC Karebosi Lt. 2, Blok D5, Makassar, Indonesia.
Phone: +62 41 3652127
Business hours: jam 10 pagi sampai jam 9 malam, senin – minggu
Email : [email protected]

promo-pemmz

14 COMMENTS

  1. klo seri 003ID nya pake,SSD M.Sata 128GB merk apa ya? kok bedanya ama yang ini jomplang banget ampe 3,5jtan cuma penambahan SSD aja,, bknnya lebih worth beli manual SSD nya

  2. beda segmen Gan, jadi kalo dah P34Kv5 buat aktivitas sehari-hari gak terlalu berat dng layar 14″inch, kalo Sabre 15 desainnya utk gamers dng 15’6″ inch layar…jadi kalo worthednya tergantung kebutuhannya msg2….Peace

    • mirip sih ya..
      coba di timang2 lagi bro
      kalau sudah, bisa taruh pre-order di salah satu alamat di atas

  3. Gan ane masih bingung, jadi vga nya itu 1050ti atau 1050? Atau ada dua pilihan spesifikasi? Terus misal ane mau beli bisa dateng ke alamat PEMMZ langsung kan gan?

Leave a Reply