Asus A456UR GA092D – Ganti Processor Doank?

Banyak yang menyayangkan, refresh yang “terlalu pagi” di lakukan Intel untuk produk processor mobile mereka. Terutama di negara-negara berkembang yang stok produk berbasis Skylake masih membludak. Memang, ini sudah sesuai timeline yang menjadi ritual Intel tiap tahunnya (kecuali dari haswell ke broadwell yang memang agak terlambat). Lebih parahnya lagi, produk dengan processor Intel generasi 4 atau Haswell, masih banyak di pajang di etalase. Dan hari ini, beberapa pabrikan sudah merilis produk laptop mereka dengan seri processor generasi ke tujuh (7) Kaby-Lake. Salah satunya Asus A456UR Kaby Lake.

Review ASUS A456UR pemmzchannelSetelah Acer E5-475G versi distributor yang terdeteksi beredar pertama kali dengan processor Kaby-Lake, Lenovo langsung mengikuti dengan seri IdeaPad 300 mereka. Dan kali ini, Asus tak tinggal diam. Lewat Asus A456UR version “K”, Asus menggebrak pasar laptop multimedia berbasis Kaby-Lake. Sebab fokus artikel review kali ini adalah Asus A456UR, mari kita cari tahu kekurangan dan kelebihan laptop ini juga spesifikasi lengkap termasuk harganya.

Asus A456UR – Minim Inovasi

Terhitung, hanya terdapat 1 perubahan major yang di bawa A456UR versi “K” ini dibanding pendahulunya. Yap, usut punya usut, hanya sisi processor yang di upgrade dari i5 6200U (2,5GHz ~ 2,8GHz) menjadi i5 7200U (2,8GHz ~ 3,1GHz). Untuk Memory RAM, HDD, Layar, dan port serta konektifitas, tidak ada yang berubah. Ini sedikit mengecewakan mengingat kompetitornya sudah banyak yang berani memberi benefit lebih di range harga yang sama. Misalnya mengaplikasikan slot SSD, panel layar beresolusi 1080p atau WiFi a/c. Begitupun sisi GPU dedicatednya, anda harus tetap berpuas diri dengan 930MX GDDR3.

Baca juga : Asus A456UQ Preview

Dari sisi desain, hitungan pemmzchannel ada dua hal yang dirubah. Pertama, permainan tekstur yang kali ini lebih elegan dengan motif brushed almunium berfinishing silky. Dan yang kedua adalah opsi warna-warna baru. Perbedaan yang diharap banyak pihak seperti penguatan chasis terutama di area keyboard, atau lubang masuk udara segar yang lebih banyak, belum juga diterapkan. Dilihat dari susunan port yang sama persis, pemmzchannel yakin lebih dari 90%, layout motherboard yang digunakan sama persis dengan seri skylake-nya. Hanya saja diganti processor.

Sebaiknya Asus jangan terus terlena, kerena brand lain sedang berinovasi untuk menggerogoti pasar laptop multimedia 7 jutaan ini. Di sini jelas bahwa Asus hanya bertujuan untuk me-replace existing produk untuk sekedar tetap bisa memenuhi permintaan pasar. Lebih lanjut, silakan simak video reviewnya berikut ya..

 

Conclusion

Anda yang memang mengincar Asus A456u series, sebaiknya memang langsung mengambil seri Asus A456UR Kaby Lake nya ini. Dengan perbedaan harga yang hanya sedikit lebih mahal, anda mendapatkan performa yang tentunya lebih baik dan lifespan yang lebih panjang. Tapi jika anda menginginkan fitur dan opsi upgrade yang lebih luas, ada Acer Aspire E5 475G yang menawarkan dua slot RAM dan sebuah slot M.2. Atau jika anda mencari opsi layar 1080p, mungkin Lenovo IdeaPad 310s pilihan satu-satunya di range harga ini.

loading...

Tinggalkan Balasan