Di artikel bagian pertama tentang kesalahan pemula ketika memakai komputer. Untuk bagian kedua ini, kami merenteng lagi 5 kesalahan yang lumrah dilakukan pemula, semabri menunjukkan solusi mudah untuk memperbaikinya. 

Baca juga: Kesalahan yang sering Dilakukan Pemula Ketika Memakai Komputer

Di bagian kedua ini kami akan merenteng sisa kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang-orang yang memakai komputer, namun tidak tahu bagaimana cara memakainya dengan baik. Kita akan mulai dari yang pertama, yakni memberikan proteksi dengan memasang UPS atau surge protector.

  1. Tidak memasang pelindung catu daya untuk perangkat komputer

UPS pelindung komputerSalah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan para pemilik komputer maupun laptop adalah meniadakan peran penting surge protector. Padahal perangkat pelindung yang satu ini penting guna melindungi laptop atau komputer dari arus pendek listrik yang pastinya bakal merusak perangkat. Karena itu pastikan bahwa Anda memasang surge protector untuk melindungi perangkat komputer.

Dan bila Anda adalah pengguna PC desktop, pastikan bahwa ada sebuah UPS yang terkoneksi dengan komputer. harga sebuah perangkat UPS bisa jadi lebih mahal dibandingkan surge protector, namun perangkat UPS memberikan lebih banyak perlindungan terhadap arus pendek listrik, dan terutama sekali: mampu memberikan daya cadangan untuk komputer ketika listrik mati.

2. Membeli hardware atau peripherals yang tidak sesuai

Perlu diingat bahwa tidak semua hardware kompatibel dengan setiap jenis komputer yang Anda miliki. Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa spesifikasi komputer berbasis iOS berbeda dengan komputer berbasis Windows atau Linux. Karena itu periksalah hardware ketika memutuskan untuk melakukan pembaharuan perangkat. Cek apakah hardware tersebut cocok dengn komputer, sistem operasi, dan mampu memenuhi syarat yang dibebankan oleh sistem.

3. Mengunduh dan Memasang Software Jelek

Tanpa disadari, software yang baru saja Anda unduh dan dipasang ternyata masuk ke dalam kategori software jelek. Ini tentu saja akan merusak sistem komputer secara keseluruhan. Yang lebih parah: bisa jadi yang Anda unduh adalah virus. Karena itu perhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum mengunduh software dari internet:

  • Dari mana Anda mengunduh software?

Ada banyak orang iseng yang mengunduh software populer, memofidikasi file dan menginjeksikan software berbahaya, dan mengunggahnya kembali dengan nama file yang sama. Pastikan bahwa Anda mengunduh sesuatu (apapun) dari situs resmi perusahaan yang merilis software tersebut, atau mengunduh dari saluran yang resmi dan terpercaya.

  • Jangan menginstall Download Manager

Ada banyak situs yang menyarankan Anda untuk menginstall download manager sebelum mempersilakan Anda untuk mengunduh program yang diinginkan. Kebanyakan download manager semacam itu akan menimbulkan masalah serius pada sistem komputer Anda, entah itu yang ditimbulkan dari spyware atau malware. Hindari situs yang kerap menawarkan program download manager untuk ditukarkan sebuah file download yang Anda inginkan.

4. Tidak memperbarui sistem operasi secara berkala

update windowsBaik komputer maupun software selalu berevolusi setiap saat. Dan biasanya software tertentu akan selalu memperoleh pembaharuan ketika ancaman keamanan atau bugs ditemukan oleh pengguna lain. Selalu install pembaharuan program untuk memastikan bahwa segala hal terkait dengan OS dan software berjalan dengan baik dan tanpa masalah.

5. Menyetujui download otomatis

Kebanyakan orang melakukannya tanpa sadar, meski pada dasarnya hal semacam itu tidak perlu dilakukan. Beberapa situs memang secara otomatis memulai download, terutama ketika ada pemberitahuan di layar yang mengatakan bahwa sesuatu perlu diperbarui atau diinstal sebelum situs atau video bisa dilihat. Jangan pernah menyetujui instalasi program dengan cara semacam itu, kecuali Anda tahu benar apa yang Anda cari.

 

pemmz header

Leave a Reply