Tips Menghapus Instalasi Program – Ada beberapa alasan mengapa PC kamu harus tetap bersih. Di antaranya adalah: supaya perangkat PC tetap sehat sepanjang waktu. Di titik ini, sekelompok software atau program yang tidak diinginkan bisa menurunkan kinerja PC dan membuatnya terlihat lambat berjalan.

Yang kami maksud dengan “membandel” di sini adalah program atau aplikasi Windows yang tidak mau disingkirkan kendati opsi uninstall program telah dipilih pengguna. Noda yang membandel tentu saja harus dihilangkan.

Tentu saja selalu ada cara mudah untuk membersihkan PC, dengan cara menguninstall-nya menggunakan program bawaan Windows. Hanya saja ada beberapa aplikasi yang meninggalkan jejak tidak diinginkan, dan terkadang ada aplikasi bandel yang menolak untuk diinstall. Kumpulan aplikasi membandel ini biasanya adalah milik Microsoft, yang memang mustahil untuk disingkirkan sepenuhnya.

Artikel ini akan membantumu dengan sejumlah tips menghapus instalasi program di Windows 10. Kami akan menyajikan tips tentang bagaimana menyingkirkan aplikasi yang tidak diinginkan, mennyingkirkan aplikasi tertentu sepenuhnya tanpa meninggalkan jejak sedikit pun, menyingkirkan jejak aplikasi yang tertinggal, dan bahkan menghapus komponen pre-installed Windows selamanya.

  1. Cara Paling Mudah Menghapus Instalasi Program

Menghapus Instalasi Program windows membandel dengan 10AppsManagerAda beberapa jenis software yang memudahkan kamu dalam membersihkan PC dari aplikasi maupun program yang tidak diinginkan, dan salah satunya adalah 10AppsManager. Software yang satu ini membantu pengguna menyingkirkan aplikasi pre-installed yang tidak bisa disingkirkan dengan mudah.

  1. Cara Konvensional

Pengguna Windows tentu sudah familiar dengan metode biasa untuk menyingkirkan program/software yang tidak diinginkan. Sebuah uninstaller bawaan terdapat di OS tersebut, yang bisa ditemukan dengan mudah di folder Start menu. Lalu ada Control Panel dan opsi remove software yang bisa ditemukan di bagian Program dan Features pada panel tersebut. Pada Windows 10, pengguna bisa melakukan klik kanan pada item tak berguna yang ditemukan di Start menu, dan kemudian memilih opsi Uninstall langsung dari sana.

  1. Menjalankan Safe Mode

Beberapa macam program atau aplikasi berdiam di sistem komputer, dan biasanya akan terus ada di sana, bekerja di balik layar. Program semacam itu menanamkan kunci yang hanya bisa dibuka lewat Safe Mode. Mode yang satu ini membantu pengguna komputer dalam memilih program yang terkunci di dalam sistem.

  1. Menyingkrikan locked files

Menghapus Instalasi Program windows membandel dengan IOBit UnlockerProgram yang terkunci di dalam sistem Windows biasanya tidak bisa dihapus, kecuali masuk ke safe mode. Namun ada cara lain untuk menghapusnya, yakni dengan menggunakan software bernama Unlocker. Pasang software tersebut, dan mulailah mencari file yang ingin dihapus. Begitu file ditemukan, klik-kanan di atasnya, dan temukan Unlocker di menu. Unlocker kemudian akan memberitahukan program apa yang sedang mengakses file tersebut, dan membiarkan pengguna untuk memilih apakah mematikan prosesnya atau mennyingkirkan file yang terkunci itu. Akan tetapi kamu mesti jeli, sebab aksi pemaksaan yang menggunakan unlocker bisa berakibat pada stabilitas sistem komputer secara keseluruhan.

  1. Gunakan Alat untuk Para Ahli

Menghapus Instalasi Program windows membandel dengan Revo UninstallerBeberapa macam program meninggalkan jejak di belakang, walaupun mereka telah disingkirkan menggunakan cara tradisional. Di sinilah dibutuhkan program seperti Revo Uninstaller Free, yang merupakan alat untuk men-uninstall dan juga bisa digunakan untuk membersihkan jejak yang tertinggal. Matikan “hunter mode” pada software begitu kamu selesai memasangnya. Dan software tersebut akan mencari ke seluruh folder dan file yang dicurigai berhubungan dengan software yang tidak ada lagi di dalam sistem komputer.

Beragam alat tambahan juga tersedia melalui software tersebut, mulai dari alat untuk menyingkirkan software langsung atau memaksa penghapusan file. Kamu juga bisa menggunakan Revo Uninstaller untuk mematikan program yang sedang berjalan, atau mematikan software yang berjalan ketika proses booting.

Ok, itu beberapa cara untuk Menghapus Instalasi Program atau Aplikasi Membandel yang seringkali hanya membuat komputer kita tersendat. Jika kamu tidak familiar dengan cara-cara di atas, atau takut untuk mengaplikasikannya sendiri, kamu bisa andalkan jasa Pemmz ZetZet untuk menghadle semua masalah PC kemau termasuk Menghapus Instalasi Program atau Aplikasi Membandel tersebut.

Ok, selamat mencoba. Silakan tambahkan di kolom komentar, jika kamu punya tips serupa ya!.

pemmz header

Leave a Reply