Perubahan besar nampaknya juga terjadi pada jajaran produk laptop gaming GS series dari MSI. Selain menghadirkan performa Geforce GTX 1060 6GB GDDR5 dalam barebone setebal kurang lebih 17mm, penyempurnaan dari sisi handling dan sistem pendingin juga menyertai laptop gaming berbobot tak sampai 2kg ini. Langsung saja, mari kita telusuri “si cantik” MSI GS63VR Stealth Pro dalam artikel review kali ini.

Design & Handling

MSI_GS63VR_Stealth_Pro_ront_side_rightMSI GS series, termasuk MSI GS63VR Stealth Pro, merupakan salah satu produk yang menawarkan dimensi compact, Slim dan ringan. Di pasar laptop gaming lokal, sebenarnya ia belum memiliki lawan yang benar-benar sepadan. Tapi jika melihat gelagatnya, beberapa vendor akan merefresh line-up gaming ultrabook mereka untuk bersaing dengan GS63VR ini. MSI GS63VR mengandalkan bahan logam aluminum alloy untuk hampir 75% lebih bagian tubuhnya. Ini menobatkan ia menjadi salah satu laptop gaming 15-inch dengan bobot paling ringan. Bahan logam ini di buat bertekstur brushed vertikal dan di finishing dengan warna hitam.

Bagian cover LCD, terang berbeda dari GP dan GL series. Teks MSI di buat model grafir, logo pun menggunakan emblem transparan yang akan menyala begitu mendapat backlit dari panel display. Di luar dua poin tadi, bagian cover luar LCD GS63VR ini menurut pemmzchannel terlalu biasa design-nya. Kalau dibanding versi GS60 yang rilis pertama kali, GS63VR ini malah downgrade. Kita yakin, sebenarnya MSI bisa buat menjadi lebih eye-catchy. Masuk kebagian dalam, ada web cam beresolusi HD 720p dengan kemampuan mengambil objek bergerak hingga 30fps.

MSI_GS63VR_Stealth_Pro_exhaust_designHal baru lain yang hadir pada GS63VR adalah lubang exhaust yang dibuat dua kali lipat. 2 lubang tambahan yang ditempatkan di sisi kanan kiri notebook, adalah solusi paling bener untuk membantu udara panas lebih cepat keluar. Di tambah lagi penggunaan 3 buah fan yang lebih meningkatkan daya dorong dengan 41 baling-balingnya.

Jika berhitung angka, Dibanding GS seri terdahulu, GS63VR tampil 10% Lebih Compact. Tapi jika dibandingkan fisik, sepertinya perbedaan dimansi panjang x lebar-nya signifikan sekali. Dan selain bobot yang juga lebih ringan, MSI GS63VR tampil agak berbeda di area bottom cover. Ada semacam tambahan beludru yang kemungkinan besar untuk menambah grip saat di tenteng.

Workstation
MSI_GS63VR_Stealth_Pro_Front_SideSedikit berbeda dari pendahulunya si MSI GS60, Stealth Pro 15.6-inch ini tampil lebih “classic”. Area Keyboard benar-benar di buat lebih rendah dari permukaan workstation, dimana seri GS60, desainnya dibuat “terkesan” one-piece dengan permukaan workstation. Lubang mesh-hole di atas papan keyboard bukanlah area dimana Speaker berada, lubang tersebut merupakan jalan keluar masuk udara untuk membantu proses disipasi panas yangselama ini hanya mengandalkan lubang exhaust di sisi samping dan bagian bawah.

Untuk Speaker, GS63VR sejatinya menggunakan konfigurasi 4+1 yang menjanjikan tata suara yang baik. Tapi mungkin karena dimensi yang terbilang mini, menjadikan sisi sound system bawaan MSI GS63VR Stealth Pro ini kurang nendang. Untungnya, anda bisa manfaatkan real Pre-Amp hardware buatan E.S.S Sabre yang ia tawarkan untuk memaksimalkan segala jenis Headset milik anda. Dan untuk yang satu ini, patut di acungi jempol banget sebab Headset kw yang ikut kita uji cobakan, mampu bekerja jauh lebih maksimal dibanding digunakan pada laptop tanpa E.S.S Sabre.

Display Panel Quality

Unit MSI GS63VR Stealth Pro yang kita review menggunakan panel jenis slim buatan LG Philips LP156WF6 yang menawarakan contrast ratio serta black level yang baik. Untuk nilai RGB maupun sRGB tidak terbilang tinggi. Konskwensinya, ia harus mengaku kalah jika harus berlomba menampilkan gambar yang crispy dengan rentang warna yang lebih luas. Respone time, juga brightness distributionnya sangat baik, termasuk persentase screen bleeding-nya yang minim.

Port dan Konektifitas

MSI_GS63VR_Stealth_Pro_port_and_connectivityHadir sebagai Gaming Ultrabook, MSI GS63VR 6RF tentu memiliki side port yang ukurannya terbatas. Satu hal yang menjadikan sebuah laptop berukuran tipis, seringkali tak mampu menawarkan konektifitas yang beragam. Tapi MSI terlihat mampu memaksimalkan sisi port dan konektifitas pada GS63VR ini. Kecuali D-Sub atau analog Video out yang tak ia tawarkan, MSI GS63VR dibekali port yang terbilang lengkap. Khusus untuk display out, anda bisa pilih ingin menggunakan HDMI 2.0, Mini Display Port atau langsung Thunderbolt 3. Untuk USB, total terdapat 5 port, 3 buah USB 3.0 type A, 1 buah USB 2.0 type A dan 1 buah USB 3.1 type C gen 3.

SD Card Reader juga bisa anda temukan di bagian kiri, bersebelahan dengan gold plated audio port. Yang unik, tombol power di pindahkan ke sisi samping sebab area kanan atau kiri atas yang umumnya ia tempati, di gunakan sebagai area pendingin. Urusan koneksi wireless, anda bisa manfaatkan wifi a/c dan bluetooth 4.1.

Upgrade Option

Untuk poin ini, pemmzchannel sendiri belum bisa memastikan. Sebab nampaknya hampir semua part yang mungkin di replace, ada di bagaian atas tepat di bawah keyboard. Ini membuatnya tidak bisa langsung di akses sekalipun bagian bottom cover sangat mudah di buka. Tapi dari informasi valid di ultrabookreview.com, terdapat 2 slot memory dan sebuah slot M.2 2280 PCIe ready untuk upgrade option. Sebab secara default MSI GS63VR baru di bekali 2x8GB DDR4, kita masih bisa mereplace RAM bawaan dengan konfigurasi 2x16GB. Untuk storage, secara default Stealth Pro yang kita review sudah menggunakan SSD jenis PCIe buatan samsung berkapasitas 256GB. Tapi, kita masih bisa menambah kapasitas ke yang lebih besar hingga 512GB.

Temperatur

Poin ini adalah hal yang sangat penting di ulas mengingat produk ini membawa spesifikasi yang terhitung kelas high-end. Pada posisi idle dengan kegiatan browsing, streaming musik, office, hingga menikmati film HD favorit, temperatur CPU maupun GPU amat sangat bersahabat. CPU berada di angka 37° hingga 39°C dan GPU GTX 1060 ada di angka sekitar 50°C. Melihat hal ini, wajar jika MSI, dan mungkin semua vendor laptop gaming, lebih khawatir akan menurunnya performa GPU karena temperatur berlebih.

Saat mulai menggunakannya untuk bermain game, temperatur mulai merangkak naik ke sekitar 86°C baik CPU maupun GPU. Yang unik, palm rest memang ikut menjadi hangat, tapi hanya yang sebelah kanan saja. Sedangkan palm rest sebelah kiri, dimana aktifitas WASD bertumpu, tetap dingin. Agak disayangkan, GS series tidak dibekali shortcut button untuk mengaktifkan cooler boost. Jadi, jika anda berencana bermain game dalam waktu lama dengan GS63VR ini, sebaiknya sebelum mulai, pindahkan mode kecepatan fan ke cooler boost untuk menjaga temperatur lebih rendah.

Pemmzchannel acungi jempol untuk development bagian pendingin yang dilakukan MSI. Daripada menambah heatsink yang berpeluang menambah bobot laptop, MSI memilih menambah jumlah Fan yang menawarkan lebih banyak baling-baling. Hasil akhir pun cukup memuaskan, bahkan di banding sekian banyak gaming ultrabook saat ini, MSI GS63VR Stealth Pro terbukti paling mampu bertahan lebih lama sebelum akhirnya masuk kondisi bottleneck sebab overheat.

Performance

Geforce GTX1060 versi laptop punya performa yang hampir mirip dengan versi desktop nya. Hanya saja mengkonsumsi daya lebih rendah sebab clockspeed yang di sesuaikan. Bisa di bilang, versi GPU monster gaming kelas pemula. Tapi jangan di anggap enteng, sebab dengan memory bus 192-bit, performanya jauh melampaui GTX 970M, bahkan mampu membungkam Geforce GTX 980M.

Sebab yang kita review masih seri i7 6700HQ Skylake, yang kemungkinan akan langsung di isi ulang oleh seri kaby lake, performa CPU MSI GS63VR ini sudah bisa diprediksi. Silakan simak beberapa review laptop gaming di artikel sebelumnya yang mengulas tentang performa i7 6700HQ.

MSI GS63VR sudah menggunakan Storage jenis PCIe SSD untuk partisi System-nya. Berbekal Samsung SM951 yang pernah kita review sebelumnya di sini, anda tak perlu khawatir proses baca tulis data tersendat dengan kecepatan throughput rata-rata 1500mbps.

Conclusion

Desain produk ini memang belum membuat kita berkata “wow”, begitupun audio system bawaannya. Tapi sisi pendingin yang sudah di dress-up, mendukung penuh sisi handling yang ia tawarkan. Masih seputar poin handling, MSI juga patut di acungi jempol perihal keberhasilannya membuat GS series lebih compact, termasuk di area screen to frame ratio. Tapi nampaknya harus di bayar dengan poin upgrade option yang rendah sebab sulitnya mengakses komponen.

Nah, untuk anda yang sebelumnya selalu ragu dengan “long run capability” sebuah laptop gaming, MSI GS63VR Stealth Pro mencoba memberi jawaban atas kekhawatiran anda itu. MSI GS63VR merupakan gaming ultrabook yang menawarkan keseimbangan handling dan performa paling baik saat ini dalam katalog produk pemmz.com.

 

pemmz easter promo

Leave a Reply